Kiper Terakhir Tanpa Menggunakan Sarung Tangan

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Sportskeeda | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: daily mail | 5 September 2017

SPORTKU.COM

Apakah di era modern saat ini masih ada kiper yang bermain tanpa menggunakan sarung tangan? Ini jawabannya.

Dalam sebuah pertandingan sepak bola sudah lazim kiper menggunakan sarung tangan. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi tangan dari cedera dan membuat tangkapan bola menjadi lebih maksimal.

Meski demikian, tak banyak yang tahu bahwa penggunaan sarung tangan kiper baru digunakan secara massal pada tahun 1970-an. Pemain yang mempopulerkannya adalah Sepp Maier, kiper timnas Jerman Barat yang saat itu diendorse oleh perusahaan sarung tangan Reusch milik pengusahan bernama Gebhard Reusch.

Penggunaan sarung tangan akhirnya benar-benar menjadi populer setelah Maier berhasil membawa Timnas Jerman Barat menjadi juara Piala Dunia 1974 di mana tim lawan saat itu, Belanda, penjaga gawang mereka tidak menggunakan sarung tangan.

Baca juga
Tradisi Semprot Sampanye Di Podium. Ini Sejarahnya!

Walau begitu, pemain pertama yang tercatat menggunakan sarung tangan saat pertandingan sepak bola resmi adalah Amadeo Carrizo, kiper asal Argentina yang menggunakannya pada medio 1940-an. Saat itu, ia hanya menggunakan sarung tangan yang sangat sederhana alias belum tercampur dengan teknologi, yakni dengan hanya terbuat dari bahan wol.

Inggris sendiri sebagai negara yang diklaim sebagai pencipta peraturan sepak bola modern sendiri baru mengenal penggunaan sarung tangan pada akhir 70-an. Padahal, seorang Inggris bernama William Sykes pernah mendaftarkan hak paten atas sarung tangan kiper pada tahun 1885.

Hal tersebut terjadi lantaran dahulu banyak yang mengatakan bahwa penggunaan sarung tangan itu kurang gentlemen. Bahkan, penjaga gawang legendaris asal Inggris seperti Peter Shilton, Gordon Banks, dan Ray Clemence lebih suka menangkap serta menahan bola dengan tangan kosong.

Bila akhirnya memilih menggunakan sarung tangan biasanya hanya terjadi ketika cuaca sedang tidak bersahabat seperti saat bermain di tengah musim dingin atau musim salju.

Meski demikian, FIFA sendiri sampai saat ini dalam Laws of The Game tidak pernah menyebutkan secara jelas dan spesifik terkait aturan penggunaan sarung tangan ini. Itu artinya, penggunaan sarung tangan sebenarnya tidak diwajibkan. Kalaupun tidak memakainya pun tidak apa-apa.

Baca juga
Deklarasi Komunitas GI-JOE

Jadi, seperti judul artikel di atas, siapakah kira-kira kiper terakhir yang tidak menggunakan sarung tangan. Jawabannya adalah Ricardo Alexandre Martins Soares Pereira atau yang dikenal dengan nama Ricardo, kiper andalan Portugal di ajang Piala Eropa 2004 silam.

Sebenarnya Ricardo sendiri nyaris menghabiskan seluruh karirnya dengan menggunakan sarung tangan, namun ketika membela Portugal melawan Inggris di babak perempat final di Piala Eropa 2004 silam, ia melepas sarung tangannya. Kejadian tersebut terjadi di babak adu pinalti di mana sebelumnya kedua tim bermain imbang 1-1.

Ricardo pun baru melepas sarung tangannya ketika pemain andalan Timnas Inggris, Darius Vassell ingin mengekseskusi bola. Entah faktor hoki atau bukan. Nyatanya sang kiper mampu memblok tendangan Vassel.

Setelah memblok, Ricardo yang ditunjuk sebagai eksekutor pinalti bagi Portugal sukses memasukan bola dan menjadi pahlawan bagi Portugal hingga pada akhirnya menjadi finalis di ajang tersebut. Dalam sebuah wawancara ia mengaku bahwa melepas sarung tangan itu untuk memotivasi dirinya.

"Saya merasa harus melakukan sesuatu setelah kemasukan tiga penalti di tengah gawang. Sambil melepas sarung tangan itu yang terpikir olehku pada saat itu dan saya melakukannya untuk mencoba dan memotivasi diri sendiri dan menyingkirkan Vassell,” ujar Ricardo seperti dikutip dari Dailymail.

Setelah Ricardo, belum ada tulisan yang mencatat kiper lain yang tak menggunakan sarung tangan di laga profesional.

Baca juga
Rossi Kecelakaan, Marquez Kirim Pesan

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Jawara Kontes Video DAM

Jawara Kontes Video DAM

HOT ISSUE
Juara Wimbledon Novotna Berpulang

Juara Wimbledon Novotna Berpulang

HOT ISSUE
Indonesia Siapkan Regulasi Motor Listrik

Indonesia Siapkan Regulasi Motor Listrik

HOT ISSUE
Ducati Tertarik Ben Spies

Ducati Tertarik Ben Spies

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company