Sejarah Panjang MotoGP Misano

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 5 September 2017

SPORTKU.COM

Italia menjadi salah satu negara yang mampu menelurkan banyak pebalap dunia. Salah satunya yang kini masih aktif, Rossi dan Dovizioso.

Grand Prix (GP) Sepeda Motor San Marino atau San Marino and Rimini Coast's motorcycle Grand Prix merupakan acara balap motor yang menjadi bagian dari Kejuaraan Dunia. Sebetulnya balapan GP ini berada di Italia, namun karena negara tersebut sudah memiliki seri GP Sepeda Motor Italia, maka kemudian disebut GP San Marino.

Pemilihan nama GP San Marino bukan tanpa sebab, karena lokasi sirkutnya terletak di dekat San Marino, Italia. Balapan pertama dijadwalkan pada tahun 1981, tetapi kemudian dibatalkan. Balapan baru mulai konsisten memakai Sirkuit Misano sejak musim 2007.

Italia termasuk sebagai salah satu negara dengan sejarah panjang dalam penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Balap Motor. Bahkan sejak tahun 1981 silam, Italia sudah menjadi bagian dari Kejuaraan Dunia Balap Motor atau Grand Prix (GP) Motorcycle.

Sirkuit yang digunakan pun bukan hanya satu. Lantaran memiliki lebih dari satu sirkuit berstandar internasional, maka dengan mudah Italia bisa mendatangkan balapan berkelas dunia untuk para penggemar balap motor.

Pada tahun 1981, balapan masih digelar di Sirkuit Imola. Saat itu kelas yang dilombakan masih 50cc, 125cc, 250cc, 350cc, dan 500cc. Namun sirkuit dengan panjang sekitar 4.909meter tersebut tak lantas menjadi satu-satunya trek untuk Kejuaraan Dunia Balap Motor. Sebab pada tahun berikutnya, Sirkuit Imola tak lagi menjadi tuan rumah. Melainkan diganti dengan Sirkuit Mugello.

Sirkuit Imola yang dikenal keganasannya karena merenggut nyawa pebalap F1 Ayrton Senna pada tahun 1994 silam itu, kembali ditunjuk untuk menjadi tuan rumah pada tahun 1983. Di mana tahun 1983, Kelas 350cc tak lagi dilombakan.

Baca Juga
Sejak Kapan Tradisi Semprot Sampanye Dimulai?

Namun lagi-lagi pada tahun 1984, posisinya digeser oleh Sirkuit Mugello. Pada tahun tersebut juga terjadi perubahan kelas yang dilombakan. Di mana Kelas 50cc tak lagi dibalapkan, melainkan digantikan dengan Kelas 80cc. Sementara tiga kelas lainnya 125cc, 250cc, dan 500cc masih tetap menjadi kelas favorit.

Akan tetapi, Sirkuit Imola dan Mugello juga mendapat saingan dari Misano. Sirkuit sepanjang 4.064meter itu pertama kali menjadi tuan rumah balap motor kelas dunia pada tahun 1985. Posisinya sebagai lokasi penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Balap Motor bertahan hingga tahun 1987.

Namun Italia pernah absen dari ajang GP. Tak ada keterangan resmi, meski dari situs Wikipedia, pada tahun 1988 hingga 1990, tak ada daftar pebalap yang menjuarai balapan di Italia. Namun hal ini tak berlangsung lama.

Pada tahun 1991, Italia kembali menjadi tuan rumah dengan ditunjuknya Sirkuit Mugello. Sekaligus menandai era baru GP Italia. Kelas yang dilombakan hanya ada tiga, yakni 125cc, 250cc, dan 500cc. Hingga tahun 1993, Sirkuit Mugello masih tetap menjadi tuan rumah.

Pada tahun 2007, Sirkuit Misano kembali menyelenggarakan GP Italia dan masih bertahan hingga saat ini. Sirkuit yang juga dikenal dengan nama Misano World Circuit Marco Simoncelli tersebut secara konsisten terus menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia MotoGP.

Pada tahun 2007, Kelas 500cc berganti nama menjadi MotoGP. Sementara Moto2 menggantikan Kelas 250cc pada tahun 2010. Disusul Moto3 yang menggantikan Kelas 125cc pada tahun 2012 lalu.

Baca Juga
5 Komponen Terpenting Motor Balap
Pesan Ducati Untuk Rossi

  • facebook share

RELATED NEWS

Yamaha Juara Umum Kejurnas Motoprix

Yamaha Juara Umum Kejurnas Motoprix

MOTOPRIX
Rafid Topan Gantung Helm?

Rafid Topan Gantung Helm?

MOTOPRIX
Highside, Andi Gilang Gagal Finish

Highside, Andi Gilang Gagal Finish

ROAD RACE
Dimas Ekky Finish Tanpa Kuku

Dimas Ekky Finish Tanpa Kuku

ROAD RACE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company