Harapan Dipundak Egy Maulana Vikri

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Youtube | Editor: Dedi Hermawan | 6 September 2017

Harapan Dipundak Egy Maulana Vikri

SPORTKU.COM

Egy Maulana Vikri curi perhatian di laga perdana Timnas Indonesia U-19 di ajang AFF U-18 2017 dengan mencetak dua gol.

Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 berhasil mempersembahkan kemenangan pertama pada pertandingan perdana mereka di grup B Piala AFF U-18 2017 dengan mengalahkan tuan rumah Myanmar dengan skor akhir 2-1 di Stadion Thuwunna, Yangon, Selasa (5/9) sore WIB.

Egy keluar sebagai aktor kemenangan Timnas Indonesia U-19 dengan mencetak dua gol. Padahal sebelumnya, Myanmar sudah unggul dahulu melalui kaki pemain bernama Myat Kaung Khant di menit ke-27.

Pesepakbola jebolan sekolah sepak bola (SSB) Tasbi dan Asam Kumbang ini dapat dikatakan cukup kesulitan mencetak gol berkat rapihnya pertahanan Myanmar.Egy baru bisa mencetak gol pada menit ke-71.

Gol tercipta berawal dari tendangan dari luar kotak pinalti sisi kanan pertahanan Myanmar oleh Rifad Marasabessy yang ditepis oleh penjaga gawang bernama Htet Wai Yan Soe. Bola muntah hasil tepisan sang kiper sukses dimanfaatkan oleh Egy yang berdiri bebas dengan menyundul bola.

Kemudian pemain yang tercatat pernah membela Persab Brebes ini akhirnya mencetak gol kemenangan TImnas Garuda Nusantara dengan mencetak gol indah. Berawal dari solo run di sisi kanan pertahanan Myanmar, dengan tenang Egy sukses melepaskan tembakan di sudut sempit sebelah kiri gawang, bola pun memantul tiang dan masuk kegawang.

Dikutip dari Labbola, sepanjang pertandingan Egy setidaknya telah melakukan 7 tendangan percobaan dan 5 di antaranya sukses mengarah ke gawang. Dari 5 tendangan tersebut dua tembakannya menjadi gol. Dengan demikian, pemain kelahiran Medan tersebut bermain cukup efektif dan tak banyak membuang-buang peluang.


Tak heran bila David Gallego Rodriguez, pelatih Espanyol B beberapa waktu lalu pernah mengatakan gaya permainan Egy mirip dengan Lionel Messi. "Penampilan pemain nomor 10 (Egy) luar biasa, ia striker sayap potensial," ujarnya.

Memang sosok Egy belum setenar pemain seperti Ezra Walian, Marinus, Ilham Udin Armayn, maupun Septian David Maulana. Namun di antara pemain seusianya, ia merupakan striker terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini.

Baca juga
Pedro Wuner Kencani Kawasaki

Ketajamannya pertama kali dikenal publik ketika ia sukses menjadi top skor di ajang Gothia Cup tahun 2016 bersama ASIOP Apacinti U-15 dengan mencetak 28 gol dari 13 pertandingan. Bahkan ia sukses mengantarkan ASIOP menjadi juara umum di turnamen tersebut.

Ajang Gothia Cup sendiri dikenal sebagai turnamen usia dini yang sebelumnya telah melahirkan pemain kelas dunai seperti Andrea Pirlo, Xabi Alonso, Alan Shearer, Julio Baptista, Ze Roberto, Emmanuel Adebayor, hingga Zlatan Ibrahimovic.

Kisah kegemilangan karir sepak bola Egy tak hanya berhenti di Gothia Cup saja, sejak kembali pulang dari Swedia, pemain yang telah membela Timnas Indonesia sejak U-14 ini melanjutkan karir sepak bolanya dengan membela Persab Brebes dalam ajang Piala Soeratin U-17 2016 silam.

Hasilnya, seperti yang kita ketahui bersama, Persab menjadi juara untuk pertama kalinya dalam sejarah klub dalam ajang pembinaan usia dini yang diselenggarakan oleh PSSI tersebut. Tak hanya itu, Egy juga kembali meraih penghargaan sebagai pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak.

Pasalnya pemain yang mengidolai Lionel Messi tersebut sukses mencetak 22 gol dalam 7 laga sepanjang turnamen berlangsung. Bahkan dalam laga final dengan menghadapi Askot Balikpapan dengan skor telak 4-1, pemain kelahiran 7 Juli 2000 lalu ini behasil mencetak satu gol dalam laga tersebut.

Prestasi Egy tak berhenti sampai di sini saja. Ketika ia membela Timnas Indonesia U-19 di Turnamen Toulon 2017 beberapa waktu lalu. Pemain bernomor 10 ini sukes meraih penghargaan Jouer Revelation Trophee alias pemain yang berpengaruh di tim meski Indonesia sendiri gagal lolos dari fase grup.

Penghargaan yang didapat Egy tersebut dapat dikatakan cukup prestise mengingat nama tenar seperti Cristiano Ronaldo dan Zinedine Zidane pernah meraih gelar serupa.

Egy sendiri sebelumnya nyaris memperkuat Timnas Indonesia U-22 di ajang Pra Piala Asia U-23, namun akhirnya ia dicoret oleh Luis Milla.

Dengan prestasi yang ia buat sejauh ini, tentu kita berharap agar Indonesia bisa mengulangi kejayaan di ajang AFF U-18 ini seperti ketika Evan Dimas dkk memenangi gelar ini untuk pertama kalinya pada tahun 2013 silam, semoga.

Baca juga
Juventus Incar Han Kwang Song

  • facebook share

RELATED NEWS

Ducati Tertarik Ben Spies

Ducati Tertarik Ben Spies

HOT ISSUE
FDR Dominasi Podium

FDR Dominasi Podium

HOT ISSUE
Kawasaki Siap Luncurkan Motor Terbaru

Kawasaki Siap Luncurkan Motor Terbaru

HOT ISSUE
YRA Gelar Pertemuan Nasional

YRA Gelar Pertemuan Nasional

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company