Unggulan Teratas Pliskova Usai di perempat Final AS Terbuka

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : AP | 7 September 2017

Unggulan Teratas Usai di AS-Terbuka

SPORTKU.COM

Karolina Pliskova harus memendam impiannya untuk meraih gelar Grand Slam di perempat final AS Terbuka.

Coco Vandeweghe mengakhiri masa pertahanan Karolina Pliskova sebagai petenis nomor satu dunia dan menjadikannya tiga petenis wanita Amerika di semifinal AS Terbuka dengan kemenangan straight set, Rabu (6/9).

Petenis unggulan ke-20 ini menang 7-6 (7-4) 6-3 dan kini berada di delapan besar di Flushing Meadows. Vandeweghe, 25, kemudian akan bertemu dengan rekan senegaranya Madison Keys atau Anastasija Sevastova dari Latvia dalam empat pertandingan terakhir.

Kemenangan Keys akan menciptakan barisan semifinal all-American pertama di AS Terbuka sejak 1981. Juara dua kali Venus Williams dan Sloane Stephens yang tidak diunggulkan sudah lolos dari pertandingan lalu.

"Saya melihat pertandingan Venus semalam. Dia mengatakan yang terbaik adalah bercermin pada Serena. Mereka semua menginspirasi saya untuk menjadi orang Amerika terbaik berikutnya dan mari kita realisasaikan empat petenis AS yang dapat dibanggakan." kata Vadeweghe.

Pliskova, 25, harus mencapai final untuk bertahan pada peringkat satu, namun dengan kekalahan ini berarti dia akan digantikan oleh Garbine Muguruza di klasemen baru pekan depan.

Baca Juga:
Venus Lengkapi Jajaran Petenis AS di Semifinal

'Saya selalu bermimpi berada di panggung utama'

Vandeweghe telah mengatakan sebelumnya bahwa ini akan menjadi pertandingan tenis "serangan pertama" antara dua server terbaik dan pemukul terbesar. Dan kini performa petenis AS terbukti lebih klinis.

Dia memenangkan 56% dari reli panjang di bawah empat pukulan, yang menyumbang sebagian besar karena kedua pemain tersebut tampaknya memliki servis kuat dengan kemenangan cepat. Pliskova terlihat frustrasi berjuang untuk menemukan iramanya sepanjang pertandingan, yang hanya menghasilkan dua ace saat melakukan tiga kesalahan ganda.

Vandeweghe memanfaatkan permainan servis yang buruk dari Pliskova dengan forehand yang gencar untuk menuju istirahat pada  2-1, namun berakhir dengan tiba-tiba di gim kedelapan. Dua kesalahan ganda berturut-turut memicu kemarahan Vandeweghe dan beberapa saat kemudian Pliskova mengayunkan kemenangan forehand ke pojok untuk melepaskan diri.

Ada tanda-tanda bahwa backhand Vandeweghe mulai goyah tapi pukulan forehand memberikannya istirahat pada awal tie-break, dan dia menyajikannya secara klinis dari sana.

Pliskova yang hadir ke pertandingan dengan 31 aces, namun akhirnya petenis Ceko itu hanya akan menambahkan dua lagi saat ia berjuang untuk membukukan kontrolnya.

Namun sang lawan Vandeweghe mendapat peluang yang lebih baik dari tiga kali break berturut-turut di set kedua seperti yang diarahkan oleh sang pelatih Pat Cash yang duduk di tribun. Ia akhirnya menyudahi pertandingan dengan kemenangan dalam waktu satu jam 35 menit.

Kemenangan ini membuat Vandeweghe tak lupa atas dukungan tim yang solid. "Ketika saya memenangkan laga ini sebagai junior pada usia 16, saya selalu bermimpi berada di panggung utama. Ini adalah proses dan inilah saya, saya tidak bisa mengharapkan hal lain kecuali untuk sesuatu yang lebih baik."

Karolina Pliskova tampak frustasi selama pertandingan
us-open-2017-8631388cae25689.jpg

 

 

Baca Juga:
Perjuangan Alot, Stephens Capai Semifinal Pertama AS Terbuka
Merdunya Para Petenis Dunia Bernyanyi

Save

Save

  • facebook share

RELATED NEWS

Piala-Davis: Penantian 16 Tahun Prancis

Piala-Davis: Penantian 16 Tahun Prancis

TENNIS
ATP Finals Cetak Sejarah Baru

ATP Finals Cetak Sejarah Baru

TENNIS
Kalah, Federer Tetap Bahagia

Kalah, Federer Tetap Bahagia

TENNIS
Federer Belum Terkalahkan di London

Federer Belum Terkalahkan di London

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company