Del Potro Hentikan Langkah Federer di AS Terbuka

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : AP | 7 September 2017

Del Potro Hentikan Langkah Federer

SPORTKU.COM

Petenis Argentina Juan Martin del Potro mengejutkan Roger Federer dalam empat set untuk mencapai semifinal AS Terbuka, Rabu (6/9).

Unggulan ke-24 del Potro menang 7-5 3-6 7-6 (10-8) 6-4 untuk mencapai babak empat besar, mendebarkan para pendukungnya yang hadir di New York. Selanjutnya dia akan berhadapan dengan unggulan teratas Rafael Nadal, yang sebelumnya mengalahkan petenis Rusia Andrey Rublev.

Dengan kemenangan Del Potro berarti menggagalkan pertemuan Federer dan Nadal di AS Terbuka untuk pertama kalinya, yang telah dinanti-nanti. Ini adalah keenam kalinya mereka gagal dalam laga panas di semifinal. Prediksi pertemuan mereka di semifinal telah menjadi sorotan utama bagi pecinta tenis maupun media.  

Menyambut semifinal nanti, inilah pertemuan ke-15 kalinya antara Federer dan Del Potro yang baru menuntaskan kemenangan epik lima set atas Dominic Thiem.

Petenis Argentina Del Potro mengalahkan Federer untuk memenangkan satu-satunya gelar Grand Slam di New York sejak terakhir tahun 2009. Delapan tahun kemudian ia kembali dengan kejutan, menaklukkan pemain berusia 36 tahun di Stadion Arthur Ashe.

"Saya pikir saya memainkan pertandingan terbaik saya di turnamen ini. Saya bermain dengan baik, servis saya bagus, saya memukul forehands sekuat yang saya mampu." ujar del Potro. Del Potro menganggap, New York adalah rumah kedua baginya. Dukungan fans setia yang bersemangat membahagiakan dirinya setiap kali bermain di sini. Del Potro berharap dukungan penuh juga terjadi saat melawan Rafael Nadal nanti.

Baca Juga:
Nadal Sapu Bersih Perempat Final AS Terbuka

Forehand Del Potro adalah salah satu senjata terbesar dalam permainannya, tapi backhand-nya yang telah terhambat dalam beberapa tahun terakhir setelah empat kali operasi pergelangan tangan ternyata mampu bertahan dengan luar biasa.

Setelah kedua pemain memecah dua set pertama dengan istirahat, pertandingan beralih pada tie-break ketiga yang mencengkeram dimana Federer melihat empat set lolos begitu saja. Del Potro tidak mau memboroskan energinya, dengan backhand kuat pada kesempatan pertamanya meraih set, semakin membuat riuh penonton di tribun.

Federer semakin putus asa saat bola terjaring di net. Dengan nafas yang terengah-engah ia memberikan break point pada 2-2 di urutan keempat, dimana Del Potro tersentak dengan pengembalian backhand Federer.

Malam Federer berakhir saat dia mengelak dari net atas forehand Del Potro yang tangguh, dan kemudian mengayunkan pukulan voli liar pada baseline saat dirinya terancam untuk melepaskan diri. Malam ini memang pantas dimilki Del Potro setelah empat tahun semifinal Grand Slam terakhirnya. Dia menutup pertandingan dalam dua jam dan 51 menit.

"Saya tidak tahu apa yang menjadi titik baliknya, mungkin saya beruntung. Saya tidak percaya dapat kembali setelah semua luka dan operasi saya." ungkap Del Potro.

Statistik pertandingan terakhir ini tidak buruk bagi Federer. Tapi secara tidak terduga menjadi pertanyaan, mengapa ia membuat kesalahan pada saat-saat penting saat ia menutup laga Grand Slam tahun ini?

Kedua pemain tangguh ini pernah mengalami cedera dan absen panjangus-open-2017-56015bd8c608f0f.jpg 

 

Baca Juga:
Unggulan Teratas Pliskova Usai di perempat Final AS Terbuka
Venus Lengkapi Jajaran Petenis AS di Semifinal

 

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Federer Belum Terkalahkan di London

Federer Belum Terkalahkan di London

TENNIS
Federer Kembali Taklukan Bintang Muda

Federer Kembali Taklukan Bintang Muda

TENNIS
Nadal Dikejutkan Petenis Peringkat 8

Nadal Dikejutkan Petenis Peringkat 8

TENNIS
Nadal Sang Nomor Satu Dunia

Nadal Sang Nomor Satu Dunia

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company