Ketika Pesepakbola Memilih Pensiun

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Corrier | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: telegraph,tribal football | 7 September 2017

Ketika Pesepakbola Memilih Pensiun

SPORTKU.COM

Menjadi seorang atlet, khususnya sepak bola memiliki karir yang singkat. Apa yang akan terjadi setelah mereka pensiun?

Mantan bek Liverpool asal Spanyol, Jose Enrique baru-baru ini memutuskan untuk gantung sepatu di usianya yang ke-31. Cedera lutut yang tak kunjung sembuh menjadi alasan pemain yang musim lalu bermain bagi Real Zaragoza itu untuk pensiun di usia yang masih tergolong belum terlalu tua bagi pesepakbola.

“Datang dengan berat hati pada hari ini untuk mengumumkan masa pensiun saya dari sepakbola profesional. Keputusan ini sangat sulit diambil dan diterima. Saya akan bahagia untuk bermain selama bertahun-tahun di level terbaik jika tubuh saya mengizinkan, tapi semua hal baik harus berakhir dan lebih banyak lagi dalam sepakbola,” tulis Enrique di akun Instagram miliknya.

Hingga tulisan ini dipublikasikan pada Kamis (7/9) belum ada pembicaraan terkait masa depan Enrique. Apakah dirinya akan menjadi pelatih. Atau menjadi pundit di televisi atau beristirahat total agar kondisinya bisa seperti semula.

Ada teori yang mengatakan bahwa seorang atlet—wabilkhusus pesepakbola—akan mati sebanyak dua kali. Kematian pertama adalah ketika ia memutuskan pensiun. Menurut paper berjudul “Conceptual Model of Adaptation to Career Transition” sering kali masa pensiun menyebabkan perubahan dramatis dalam kehidupan pribadi, sosial dan pekerjaan atlet, hal ini pada gilirannya dapat mempengaruhi individu secara kognitif, emosional dan perilaku.

Gabriel Batistuta, penyerang subur asal Argentina menjadi salah satu contoh bagaimana ia begitu menderita ketika pensiun dari sepakbola akibat cedera. Ia mengaku pernah berpikir untuk mengamputasi kakinya lantaran sakit yang dirasakan akibat cedera yang diperolehnya saat aktif menjadi pesepakbola.

"Saya pergi ke dokter ketika sakit di engkel saya sudah tak tertahankan. Itu adalah momen saya memintanya untuk mengamputasi kaki saya," kata Batistuta dinukil dari TyC Sports.

Baca juga
Lima Manajer Liga Primer Inggris di Ujung Tanduk

Sementara dalam paper berjudul “Retirement from sport and the loss of athletic identity” menuliskan bahwa sering kali terjadi perubahan sosial yang disebabkan oleh pensiun dari olahraga dapat menyebabkan reaksi yang menyusahkan.

Lee Hendrie (We all stand together)

francesco-totti-pensiun-corriere--960244c359107f5.JPG

Contoh nyata dengan singgungan di atas adalah Lee Hendrie, mantan pemain Tim Nasional (Timnas) Inggris yang pernah bermain di ajang Liga Primer Indonesia (LPI) bersama Bandung FC. Saat aktif bermain, ia sempat menerima bayaran 30 ribu pound atau sekitar Rp586 juta per pekan ketika bermain untuk Aston Villa di Liga Premier Inggris.

Sayang ketika pensiun, kehidupannya berubah. Di tahun 2012, Hendrie dinyatakan bangkrut oleh pengadilan setelah bisnis propertinya gagal dan membuatnya memiliki catatan hutang sebesar 10 juta poundsterling atau sekitar Rp173 miliar. Bahkan sebelumnya ia tercatat sempat ingin mengakhiri hidupnya sebanyak dua kali.

Pete Smith, mantan pemain Brighton yang sekarang bekerja sebagai direktur dan agen pemain di New Era Global Sports Management ini mengatakan bahwa tak mudah bagi mantan pesepakbola untuk bisa berkarir pasca pensiun lantaran sebelumnya memiliki harta yang serba berkecukupan, namun ketika ia tak lagi bermain, sumber pendapatkan menjadi hilang sedang gaya hidup tetap sama.

"Hanya pemain utama Liga Primer yang bisa benar-benar mengatakan bahwa mereka aman untuk hidup. Ada sekitar 4.000 pemain profesional (di Inggris) namun hanya sebagian kecil dari mereka yang bisa bertahan menjadi jutawan,” ujarnya seperti dikutip dari Telegraph.

Hal ini pun diperkuat dengan rilisan yang dikeluarkan oleh badan amal untuk mantan pesepakbola Inggris, Xpro. Menurut mereka, tiga dari lima pesepakbola di Inggris mengalami kebangkrutan setelah pensiun. Lebih lanjut, masalah lain pun menimpa seperti perceraian dan menderita penyakti osteoarthritis atau penyakit pengapuran sendi yang menyebabkan kesakitan bergerak dan berjalan.

"Database kami memang menunjukkan bahwa tiga dari lima mantan pemain bangkrut hanya dalam waktu lima tahun, Dan satu dari tiga mantan pemain itu bercerai hanya 12 bulan setelah memutuskan pensiun," kata Direktur Xpro, Geoff Scott seperti dilansir Tribal Football.

Scott juga mengungkapkan bahwa kebanyakan kasus kebangkrutan yang dialami mantan pesepakbola adalah kesalahan dalam menginvestasikan uangnya di bidang bisnis.

"Seringkali mereka disarankan oleh orang yang salah. Dan sebelum menyadarinya, aset mereka telah menghilang. Mungkin kenyataan ini terdengar luar biasa bagi para fans, tetapi ini sesuatu yang normal dan kenyataannya ini memang telah terjadi," ujarnya.

Meski demikan, beberapa yang beruntung pun jumlahnya banyak. Biasanya mantan pemain sepakbola memilh untuk berkarir sebagai pelatih sebagai cara agar ia tak berjarak dengan popularitas. Hal tersebut selain menguntungkan dari materi juga membuat terhindar dari masalah seperti Post power syndrome atau kehilangan peran, status, dan identitasnya dalam masyarakat sebagai tanda kurang berhasilnya seseorang menyesuaikan diri usai pensiun.

Jamie Carragher sebagai salah satu contoh mantan pesepakbola yang gagal menghilangkan seperti Post power syndrome dalam dirinya. Untunglah ia kini bekerja sebagai pandit dan sepertinya sangat menikmati pujian dan juga makian akibat ucapannya sebagai komentator seringkali berbau kontroversi.

Bicara soal sindrom, Mega Bintang sepakbola seperti Lionel Messi pun dikabarkan terkena sindrom Asperger, sebuah autism positif yang membuat ia memiliki kecenderungan untuk menjadi yang nomor satu dalam sepak bola.

Adanya sindrom ini ditakutkan jutru ketika Messi pensiun sebagai pemain. Diprediski ia tak bisa menjauh dari sepak bola seumur hidupnya lantaran adanya kecenderungan seperti itu.

Baca juga
Sam Hill Gunakan MTB Enduro

  • facebook share

RELATED NEWS

Jawara Kontes Video DAM

Jawara Kontes Video DAM

HOT ISSUE
Juara Wimbledon Novotna Berpulang

Juara Wimbledon Novotna Berpulang

HOT ISSUE
Indonesia Siapkan Regulasi Motor Listrik

Indonesia Siapkan Regulasi Motor Listrik

HOT ISSUE
Ducati Tertarik Ben Spies

Ducati Tertarik Ben Spies

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company