Fakta Menarik Tentang Sirkuit Cairns

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Mtbworldscairns | 7 September 2017

Fakta Menarik Sirkuit Cairns

SPORTKU.COM

Tahun ini, kawasan Cairns di Australia utara menjadi tempat yang istimewa bagi penggemar sepeda gunung.

Pasalnya, Cairns menjadi tuan rumah penyelenggaraan event bergengsi sepeda gunung, yaitu Kejuaraan Dunia MTB 2017 antarnegara (MTB World Championship).

Cairns terletak di Negara bagian Queensland dan telah lama dikenal sebagai gerbang utama para wisatawan yang ingin menuju salah satu sistem koral terbesar di dunia dan termasuk dalam daftar keajaiban dunia, Great Barrier Reef. Di kawasan ini juga terdapat Tropical North Queensland atau sebuah kawasan hutan tropis.

Cairns juga menjadi salah satu surga bagi penggemar MTB di Australia dan bahkan dunia. Tempat ini mulai dikenal pada tahun 1990-an sebagai lokasi menarik dan menantang untuk bersepeda gunung, khususnya downhill.

Baca juga:
RIDER INDONESIA TEMBUS 5 BESAR DI ETAPE TERAKHIR TOUR DE DMZ

Smithfield Regional Park, di Smithfield adalah salah satu lokasi menarik. Di sini terdapat sejumlah lintasan yang bisa dinikmati oleh penggemar MTB, baik dari genre Cross Country (XC) maupun downhill.

Atherton Forest Mountain Bike Park juga memiliki lintasan sekitar 55km dan terletak 2km dari jalan utama Atherton, di puncak Rifle Range Road. Jalan setapak di sini akan diperluas untuk bisa terhubung dengan jaringan jalan yang ada dan kota-kota penting.

Davies Creek Mountain Bike Park, di sebelah timur Mareeba, memiliki trek sepanjang 21km yang berupa campuran jalan dan satu jalur yang dapat dikendarai secara keseluruhan atau sebagian. Jalan setapaknya terletak di Hutan Negara dan dekat dengan Taman Nasional Davies Creek serta Hutan Negara Bagian Dinben. Kuranda Downhill Trail juga memegang perannya sendiri sebagai salah satu jalur downhill paling terkenal di negara ini.

Untuk diketahui, lintasan Smithfield Regional Park World Downhill adalah area terbatas yang ditetapkan dan dikelola oleh Departemen Rekreasi dan Olah Raga Rekreasi Taman Nasional. Akses ke lintasan tersebut hanya bisa dilakukan bila pengunjung memiliki izin atau dengan pemegang otoritas yang ada atau operator tur komersial yang ditunjuk.

Pada kejuaran dunia MTB tahun ini, Cairns memiliki dua jenis lintasan yang berbeda, yakni untuk XC dan DH.

Lintasan XC memiliki jarak 4,31km, lintasan masih mendatar. Bagian tertinggi lintasan ini terletak di tengah lintasan, sekitar KM 2,25. Namun di kawasan finish, lintasan cenderung datar.

Penyelenggara telah menyiapkan enam lokasi khusus untuk penonton, diantaranya di Vemass, Rodeo Drop and Wallaby, Whiskers O’Flaherty, Crocslide, Herbies Pocket dan dan Mynda.

Untuk nomor DH, Cairns memiliki lintasan sepanjang 1,9km. Lintasan ini dimulai dari ketinggian 339m dan finish di ketinggan 40m. Sedangkan bagi para penonton, setidaknya tersedia empat lokasi yang bisa dituju, yakni Alien Tree dan Rock Garden, Barket’s Bend, Paw Paws dan Wally Run out dan Ronning’s Ramp. 

Seorang rider XC di atas lintasan (Foto: Mtbworldscairns)

fakta-menarik-tentang-sirkuit-513432817830e06.jpg

 

Baca juga:
DEL POTRO HENTIKAN LANGKAH FEDERER DI AS TERBUKA

  • facebook share

RELATED NEWS

10 Trik Keren di Crankworx

10 Trik Keren di Crankworx

FREERIDE & SLOPESTYLE
Persaingan di PGV Induro Laps

Persaingan di PGV Induro Laps

CROSS COUNTRY
XCE dilombakan di Kejuaraan Dunia

XCE dilombakan di Kejuaraan Dunia

CROSS COUNTRY
PGV Ingin Tumbuhkan Komunitas Sepeda

PGV Ingin Tumbuhkan Komunitas Sepeda

CROSS COUNTRY

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company