Sirkuit Misano Menyimpan Cerita Duka Pebalap

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 7 September 2017

SPORTKU.COM

Sirkuit Misano memiliki cerita panjang sebagai salah satu trek favorit para pebalap di kalender MotoGP.

Tahun 2017 akan menjadi balapan MotoGP ke-10 kali secara beruntun di Sirkuit Misano. Di mana balapannya sendiri akan dilaksanakan pada akhir pekan ini, 9-10 September. Namun sayang, Valentino Rossi yang menjadi salah satu pebalap terbaik di Sirkuit Misano justru absen.

Misano World Circuit Marco Simoncelli, sebelumnya disebut Misano World Circuit. Tapi sebelum tahun 2006, sirkuit ini dikenal dengan nama Circuito Internazionale Santa Monica.

Perancangan sirkuit dilakukan pada tahun 1969. Namun baru mulai dibangun dari tahun 1970 hingga 1972. Selesai di tahun 1972, sirkuit ini secara resmi diumumkan keberadaannya. Awalnya sirkuit hanya dibangun dengan panjang 3.488meter dan hanya memiliki pit area terbuka yang kecil.

Dengan kondisi lay out trek yang sama sejak dibangun pertama kali, sirkut ini telah menyelenggarakan San Marino Motorcycle Grand Prix (GP). Balapan bergengsi tersebut digelar selama tiga musim beruntun, dimulai pada tahun 1985 hingga 1987.

Pada tahun 1993 Sirkuit Misano dimodifikasi untuk pertama kalinya. Modifikasi tersebut menambah panjang trek menjadi 4.060meter. Bukan hanya panjang lintasan yang menjadi lebih panjang. Namun Sirkuit Misano juga dilengkapi dengan fasilitas baru seperti garasi atau pit.

Sirkuit Misano juga memiliki catatan kelam. Di mana pada tahun 1993, selama GP Italia berlangsung, juara bertahan di Kelas 500cc Wayne Rainey mengalami kecelakaan. Kejadian yang dialami pebalap Amerika itu membuatnya menderita patah tulang belakang. Kecelakaan tersebut juga mengakhiri karier balap Rainey.

Baca Juga
Tinggalkan Ducati, Redding Gabung Aprilia

Atas insiden tersebut, Sirkuit Misano dilakukan modifikasi ulang secara keseluruhan. Antara tahun 1996 hingga 2001, semua fasilitas diperbaiki lebih lanjut, menambahkan lebih banyak pit dan stand. Pada tahun 2005, akses baru ke sirkuit juga dibangun untuk menghormati pebalap Jepang Via Daijiro Kato yang meninggal di Grand Prix Jepang 2003.

Untuk mengantar kembali Sirkuit Misano menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia, maka trek kembali dimodifikasi pada tahun 2006. Arah sirkuit berubah menjadi searah jarum jam. Dengan panjang sirkuit menjadi 4.180meter dan lebar lintasan diperlebar menjadi 14meter. Berbagai fasilitas ditingkatkan dan semua tindakan pengamanan telah diterapkan.

Setelah dibangun ulang, Sirkuit Misano kembali menjadi tuan rumah MotoGP pada tahun 2007. Dan hingga kini masih terus berlangsung. Casey Stoner dari Ducati menjadi pebalap pertama yang menjadi juara di Misano setelah sirkuit ini dirombak total.

Sirkuit Misano juga menjadi catatan buruk di ajang Moto2. Pada event Moto2 2010, pebalap Jepang Shoya Tomizawa meninggal setelah kecelakaan. Di mana Tomizawa kehilangan kendali atas motor balapnya kemudian tertabrak oleh Scott Redding dan Alex de Angelis. Secara kebetulan kejadian ini terjadi tepat 17 tahun kecelakaan Wayne Rainey yang juga menjadi akhir karier balapnya di Misano.

Pada tanggal 3 November 2011, pemilik sirkuit mengumumkan bahwa mereka akan menambahkan nama Marco Simoncelli, pebalap motor Italia yang meninggal dunia saat mengikuti MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang seminggu sebelumnya. Simoncelli lahir di dekat Cattolica dan sejak kecil tinggal di Coriano. Pada tanggal 8 Juni 2012, nama baru lintasan itu dikonfirmasi di San Marino dimulai dari putaran World Superbike (WSBK). Hingga kini, sirkuit tersebut juga dikenal dengan nama Misano World Circuit Marco Simoncelli.

Baca Juga
Asian Games Bikin Palembang Gagal Gelar MXGP
Lawan Filipina, Timnas Akan Dirotasi

  • facebook share

RELATED NEWS

Hasil Kejurnas Motoprix Surabaya 2017

Hasil Kejurnas Motoprix Surabaya 2017

MOTOPRIX
Dimas Ekky Masuk 10 Besar

Dimas Ekky Masuk 10 Besar

ROAD RACE
Andi Gilang Start ke-14

Andi Gilang Start ke-14

ROAD RACE
Hafizh Syahrin Tetap Milik Petronas

Hafizh Syahrin Tetap Milik Petronas

MOTO2

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company