Perjuangan Froome di Los Machucos

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Cyclingnews | 7 September 2017

Perjuangan Froome di Los Machucos

SPORTKU.COM

Chris Froome (Team SKY) dipaksa bertahan di lereng curam Alto de los Machucos, di etape 17 Vuelta a España.

Froome harus berjuang keras untuk menangani gradien dua digit dari jalur sempit dan dijatuhkan oleh semua pesaingnya di klasemen umum.

Pebalap Austria Stefan Denifl (Aqua Blue Sport) memenangkan etape dengan solo dari istirahatnya untuk tim continental asal Irlandia pada debutnya di ajang Grand Tour.

Denifl memang kelelahan. Tapi dia akhirnya menikmati momennya saat berada di depan. Alberto Contador (Trek-Segafredo) menyerang peloton dari lereng di bawah Alto de los Machucos, untuk mencoba memenangkan etape. Namun ia finish 28detik di belakang Denifl. Di belakangnya, Froome segera menunjukkan tanda-tanda kelelahan dan tidak bisa bersama dengan para pesaingnya.

Pada akhir lomba, Miguel Angel Lopez (Astana) mengalahkan Vincenzo Nibali (Bahrain-Merida), Ilnur Zakarin (Katusha) dan Rafa Majka (Bora-Hansgrohe) untuk meraih tempat ketiga, dengan 1menit 4detik di belakang Denifl.

Baca juga:
WOW, SAM HILL PILIH MTB ENDURO DI KEJUARAAN DUNIA DH 

Froome berjuang untuk tetap dengan rekan setimnya, Mikel Nieve, pada dua kilometer terakhir dan finis di posisi 14, dengan 1menit 46detik. Dia kehilangan 42detik dari Nibali dan Zakarin, dan sedikit kalah dari Kelderman dan lainnya. Kepemimpinannya atas pebalap asal Sicilia turun, menjadi 1menit 16detik, dengan Kelderman pada 2menit 13detik dan Zakarin di 2menit 25detik. Contador tetap di posisi kelima. Namun, ia menutup celah yang ada, menjadi 3menit 34detik. Pebalap lain juga mempersempit waktunya atas Froome.

Pebalap Kanada Michael Woods (Cannondale-Drapac) finish di tempat ketujuh dan bangkit kembali dari posisi kesepuluh klasemen umum. Dia berada 6menit 33detik di belakang Froome.

Froome tampak dalam kendali yang penuh setelah memenangkan time trial di Logroño pada Selasa lalu. Namun tiba-tiba jalannya di Vuelta a Espana terbuka lebar kembali.

"Saya pikir kita selalu tahu, hari ini akan menjadi final yang sangat sulit, dan tentu saja, terutama dengan kondisi cuaca juga. Tapi ada tiga hari balapan yang tersisa dan tim masih dalam posisi bagus. Bagus dan menantikan beberapa hari ke depan," kata Froome dengan nada menantang.

"Ini adalah puncak Vuelta yang khas. Ini hanya sifat dari perlombaan. Ini sama untuk semua orang tentu saja. Saya tidak berpikir, ada orang yang benar-benar menikmati gradien lebih dari 25 persen. Tapi begitulah adanya. Bagi kami semua, tidak ada salahnya kehilangan waktu. Tapi saya masih merasa baik, dan tiga hari lagi, saya yakin bisa menyelesaikan pekerjaan," tambahnya.

Denifl sendiri hampir tidak percaya bahwa dia telah memenangkan etape puncak gunung terberat di Vuelta a Espana tahun ini. Dia pun mendedikasikan kesuksesannya pada pasangan dan anaknya.

"Anda selalu harus percaya untuk menang, dan saat merasakan kaki saya, saya seperti, 'Ya, Tuhan, kaki ini sangat bagus.' Dan saya hanya terus mendorong pendakian itu secara sempurna untuk saya dengan beberapa bagian flat di antaranya untuk pemulihan. Sekarang saya memenangkan sebuah etape di Vuelta. Ini adalah hari terbaik dalam karir bersepeda saya," pungkasnya.

Stefan Denifl (Aqua Blue Sport) juara etape 17 (Foto: Getty Images Sport)

vuelta-2017-592531f4594e2fd.jpg

 

Baca juga:
KETIKA PESEPAKBOLA MEMILIH PENSIUN

  • facebook share

RELATED NEWS

Ewan Targetkan Juara di Kandang Sendiri

Ewan Targetkan Juara di Kandang

RIDER
Kasus Peter Sagan VS UCI

Kasus Peter Sagan VS UCI

RIDER
Rumor Doping Mekanis Cancellara

Rumor Doping Mekanis Cancellara

RIDER
Pebalap Australia Pecahkan Rekor

Pebalap Australia Pecahkan Rekor

RIDER

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company