Austria dan Australia Menangkan Gelar XCO Pertama

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 8 September 2017

Austria dan Australia Raih Juara

SPORTKU.COM

Austria dan Australia merebut gelar juara Cross Country Olympic (XCO) pada Kejuaraan Dunia MTB pada Kamis (7/9), di Cairns, Australia.

Laura Stigger dari Austria memenangkan gelar Junior Putri. Sementara Cameron Wright dari Australia mengambil Junior Putra.

Sirkuit sepanjang 4,3km yang melalui hutan tropis Smithfield Park memiliki tanjakan yang panjang dan turunan yang teknis. Panas dan debu menjadi tantangan tambahan bagi setiap rider. Setiap kategori melakukan start loop (berputar), dengan empat lap untuk race wanita dan lima lap untuk pria.

Baca juga:
PERJUANGAN FROOME DI LOS MACHUCOS

Stigger yang telah menjadi pebalap dominan sepanjang musim di Eropa, memenangkan gelar Eropa dan balapan seri UCI Junior. Lawannya terkuatnya adalah Loana Lecomte dari Prancis, yang kembali bertemu di Kejuaraan Dunia kali ini.

Stigger dan Lecomte berpacu bersama pada paruh pertama balapan sampai Stigger menyerang di lap ketiga, membuka celah kecil, 15 detik, yang dipegangnya di garis finish. Nadia Grod dari Swiss meraih medali perunggu.

"Saya sudah memiliki musim yang hebat sejauh ini," kata Stigger. "Saya sangat menyukai lintasan ini dan hanya mengalami tekanan penuh. Pada awalnya, Loana menekan saya dengan sangat keras dan saya harus berjuang untuk bersamanya," tambahnya.

Sementara itu, Wright yang dominan di Oceania, meninggalkan sedikit keraguan tentang kekuatannya, dengan membuka celah lima detik di start dan terus memperpanjang keunggulannya hingga 43 detik saat ia memulai lap terakhir.

Di belakang Wright, pengejaran dilakukan dengan cepat oleh dua pebalap - Joel Roth dari Swiss, anggota regu Tim Relanding UCI World Champion, dan Holden Jones dari Kanada. Pasangan ini berpacu bersama sampai babak terakhir. Roth akhirnya menyerang dan membuka celah sembilan detik atas Jones dan memenangkan medali perak.

"Saya tak bisa kata-kata. Melakukannya (juara) di “rumah” saya adalah hal terbaik yang pernah saya alami. Ini adalah balapan yang sulit. Tapi akhirnya terbayar pada awalnya," komen Wright.

"Awalnya, saya berencana tetap berada di kelompok depan untuk memulai loop dan menyerang sebelum singletrack. Tapi saya merasa benar-benar baik, jadi langsung melaju. Saya melihat celah dan berpikir 'tetap konsisten dan pergilah dari sana'. Mereka (Roth dan Jones) menangkap saya sedikit di tanjakan dan saya mengembalikan posisinya saat di turunan," pungkas Wright.

Para juara di kelas Women Junior (Foto: UCI)
kejuaraan-dunia-mtb-2017-227417df51019ac.jpg

Baca juga:
LORENZO SIAP WUJUDKAN MIMPI DOVIZIOSO JADI JUARA DUNIA

  • facebook share

RELATED NEWS

10 Trik Keren di Crankworx

10 Trik Keren di Crankworx

FREERIDE & SLOPESTYLE
Persaingan di PGV Induro Laps

Persaingan di PGV Induro Laps

CROSS COUNTRY
XCE dilombakan di Kejuaraan Dunia

XCE dilombakan di Kejuaraan Dunia

CROSS COUNTRY
PGV Ingin Tumbuhkan Komunitas Sepeda

PGV Ingin Tumbuhkan Komunitas Sepeda

CROSS COUNTRY

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company