Maestro Tua Venus Disingkirkan oleh Juniornya di Semifinal AS Terbuka

Text : Maya Soeparwoto | 8 September 2017

Maestro Tua Disingkirkan oleh Juniornya

SPORTKU.COM

Petenis non unggulan Sloane Stephens secara mengejutkan menjatuhkan sang maestro tua, Venus Williams di semifinal, Kamis (7/9).

Setelah set kedua yang dahsyat, Stephens menumbangkan sang senior dengan 6-1 0-6 7-5 untuk mencapai final Grand Slam pertamanya di AS Terbuka. Stephens, 24, peringkat 83 kembali berjibaku dari cedera merupakan petenis wanita keempat non unggulan untuk mencapai final AS Terbuka di era Open.

Final 'all-American' dijamin akan terjadi saat Madison Keys menghadapi Coco Vandeweghe di semifinal kedua. Stephens baru kembali beraksi di Wimbledon dengan peringkat yang telah merosot ke-957, setelah absen 11 bulan karena cedera kaki. Dua bulan kemudian, dia menang 14 kali dalam 16 pertandingan. Kini mencapai final besar pertamanya, Stephens tak menampakkan adanya riwayat gangguan cedera, kecepatan kaki membawa dirinya pada gebrakan fantastis.

Baca Juga:
Del Potro Hentikan Langkah Federer di AS Terbuka


"Saya tidak memiliki kata-kata untuk menggambarkan perasaan saya. Saya tidak tahu bagaimana saya bisa melakukannya.' ujar Stephens dengan terharu. Stephens bertekad dengan kembalinya di arena laga, akan bekerja keras mencapai dua semifinal dan final Grand Slam.

Venus Williams, 37, terhitung absen juara saat kembali ke final AS Terbuka sejak 15 tahun lalu dan juara dua kali itu akan mengakhiri 2017 tanpa menambah gelar besar meski berhasil mencapai dua final dan semifinal.

"Bagi saya, ini tentang bagaimana menempatkan diri pada posisi itu dan itulah yang pencapaian yang saya mampu," kata Williams.

'Saya bertahan kokoh untuk kemenangan'

Williams yang terhitung bermain di semifinal untuk gelar utamanya ke-23 kali, terlihat hadapi Stephen di pertandingan pertama dengan kegugupan. Juara tujuh kali Grand Slam ini, melakukan kesalahan sebanyak 17 kali dengan set pertama berakhir hanya dalam waktu 24 menit. Kini ia dalam posisi berbahaya menghadapi tiga break point pada awal set kedua.

Namun ia mencoba percaya diri dan mulai menyerang servis Stephens, mematahkan sebanyak tiga kali untuk mencapai ke level tanpa menjatuhkan permainan. Setelah 54 menit dengan kualitas permaianan yang tak merata, set ketiga terbukti menjadi penentu yang mencekam.

Williams mencoba pulih sebanyak dua kali dari ketertinggalan dan tampaknya berada di ambang kemenangan pada 5-5, 30-30, mendorong Stephens kembali ke sudut saat ia mendekat ke net. Ini adalah permmainan terbaik dari seorang pemain muda yang menemukan umpan backhand luar biasa, membawa 23.000 penonton bertahan dalam keseruan permainan.

Stephens menang enam poin berturut-turut, termasuk dengan dua tembakan drop shot dan membuatnya sebagai pemenang spektakuler. Kedua petenis wanita ini telah menjatuhkan lima kali servis. Tapi tidak terlihat adanya keraguan dari Stephens saat ia bergerak dengan percaya diri untuk menyesuaikan sikon, sebelum akhirnya Williams membalas.

"Saya tergantung kokoh untuk melawannya. Kami memainkan beberapa poin luar biasa di set ketiga." ujar Stephens di akhir pertandingan.

Menurut Jeff Tarango, analisis dari BBC, ini adalah tempat yang bagus untuk kedua pemain. Mereka membuka sejarah semifinal. Sloane Stephens bermain dengan pertahanan yang meyakinkan dan saat forehandnya terlihat pasif, dia mampu mengatasinya.

Sayang sekali, Venus tidak memiliki jawaban di akhir pertandingan ini. Venus memiliki peluang di awal set ketiga untuk istirahat dan bertahan. Namun tidak banyak yang bisa diberikan, tapi Sloane Stephens memanfaatkan dengan bijak.

Venus Williams melambaikan tangan pada penonton, akhiri perjuangannya di AS Terbuka 2017us-open-2017-9444888cae25689.jpg

 


Baca Juga:

Nadal Sapu Bersih Perempat Final AS Terbuka
Unggulan Teratas Usai di AS-Terbuka

  • facebook share

RELATED NEWS

Federer Belum Terkalahkan di London

Federer Belum Terkalahkan di London

TENNIS
Federer Kembali Taklukan Bintang Muda

Federer Kembali Taklukan Bintang Muda

TENNIS
Nadal Dikejutkan Petenis Peringkat 8

Nadal Dikejutkan Petenis Peringkat 8

TENNIS
Nadal Sang Nomor Satu Dunia

Nadal Sang Nomor Satu Dunia

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company