Lima Akademi Sepakbola Terbaik Dunia

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : 101 Great Goals,sportku | Editor: Andi Wahyudi | 8 September 2017

SPORTKU.COM

Inilah lima akademi sepakbola terbaik dunia yang telah melahirkan banyak pemain bintang dan legenda. Klub mana saja?

Akademi dalam sepakbola merupakan salah satu unsur penting. Pasalnya akademi merupakan wahana bagi calon pesepakbola untuk berlatih guna mengasah kemampuannya dalam mengolah bola sejak usia dini.

Hal inilah yang membuat akademi sepakbola menjadi penting, bahkan dijadikan sebagai bagian dari investasi klub dalam melahirkan pemain berbakat yang diharapkan akan menjadi pemain yang berguna bagi klub.

Bahkan kini klub-klub top dunia tengah berlomba-lomba untuk memperkaya fasilitas dan latihan agar ke depannya, mereka bisa memanen banyak pemain hebat, sehingga tak perlu mengeluarkan biaya besar untuk transfer pemain. Selain itu, klub juga bisa menjual pemain akademi dengan harga mahal ke klub lain.

Berdasarkan hal di atas, inilah daftar lima akademi sepakbola terbaik di dunia:

Sporting Lisbon

Sporting Clube de Portugale (Sporting CP), atau biasa disebut Sporting Lisbon merupakan salah satu klub yang dikenal memiliki akademi sepakbola terbaik di dunia mengingat banyak pemain kelas dunia lahir dari klub ini.

Nama seperti Cristiano Ronaldo, Luis Figo, Luis Nani, dan Ricardo Quaresma merupakan bukti bahwa klub berjulukan Verdes e Brancos alias Si Hijau-Putih ini memang sukses dalam menerapkan kurikulum dan model pelatihan sehingga mampu melahirkan pemain berkualitas.

Bukti sahih kesuksesan pencapaian Sporting adalah pada Piala Eropa tahun 2016 silam di mana Portugal yang sukses menjadi kampuin itu nyatanya 14 pemain yang diturunkan di laga final melawan Tuan Rumah Prancis merupakan jebolan akademi milik mereka.

Real Madrid

Real Madrid memiliki julukan Los Galacticos lantaran terkait kebijakan klub yang sering menghamburkan banyak uang demi mendatangkan pemain terbaik di dunia. Meski demikian, klub asal Ibu Kota Spanyol itu dikenal sebagai klub yang sukses melahirkan banyak pemain berbakat.

La Fabrica (The Factory) atau cantera merupakan nama sebutan untuk akademi Madrid. Pemain seperti Raul Gonzalez, Iker Casillas, Juan Mata, sampai Alvaro Morata merupakan alumnus dari akademi tersebut.

Baca juga
Keys Jumpa Stephens Di Final

Sayangnya, akibat kebijakan transfer Madrid yang lebih senang dengan berinvestasi lewat pemain bintang, banyak mantan pemain akademi yang justru meraih kesuksesan di klub lain. Misalnya Mata yang sukses berkarir di Chelsea dan Manchester United.

Ajax Amsterdam

Ajax memiliki reputasi sebagai pabrikan pemain berbakat di dunia. Menurut catatan lembaga riset sepakbola, CIES Football Observatory pada tahun 2016 silam, total ada sebanyak 67 pemain yang berasal dari akademi klub yang bermarkas di Amsterdam ini menjadi andalan bagi klub lain.

Di bursa transfer musim 2017/2018 kali ini, Ajax mendapatkan dana sebesar 80 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun hasil penjualan pemain lulusan akademi klub. Dapat dikatakan investasi jangka panjang yang dilakukan oleh klub ini sukses.

Indonesia pun dapat dikatakan mendapatkan keuntungan dari hasil jerih payah Ajax dalam mengasah kemampuan bermain. Irfan Bachdim dan Ezra Walian yang kini merupakan andalan Tim Nasional (Timnas) Indonesia merupakan jebolan dari akademi mereka.

Bayern Munchen

Bayern Munchen sendiri tercatat telah membentuk akademi pada tahun 1902, namun mereka mereformasi total akademi mereka pada tahun 1995.

Hasil dari jerih payah yang mereka lakukan tersebut akhirnya berbuah, pemain bintang pun bermunculan seperti Bastian Schweinsteiger, Philipp Lahm, Thomas Müller, Toni Kroos dan Mats Hummels. Bahkan ke semua pemain tersebut sukses mengantarkan Jerman sebagai Juara Piala Dunia 2014 silam.

Baru-baru ini, agar semakin banyak pemain bintang yang lahir dari klub mereka, Manajamen Bayern telah membangun akademi baru dengan fasilitas super lengkap bernama Bayern Campus.

Barcelona

Barcelona memiliki akademi termasyur bernama La Masia. Popularitas akademi klub tersebut dalam mencetak pemain handal adalah konsitensi mereka dalam melahirkan pemain bintang berlimpah. Nama tenar seperti Josep Guardiola, Iniesta, Lionel Messi hingga yang terbaru, Sergi Roberto merupakan produk asli klub.

Puncak prestasi akademi La Masia milik Barcelona adalah ketika tiga pemain jebolan mereka, yakni Messi, Iniesta dan Xavi masuk ke dalam daftar FIFA sebagai pemain terbaik dunia.

Meski demikian, tak banyak lulusan La Masia bisa bertahan lama main di Barcelona. Mikel Arteta dan Pepe Jose Manuel Reina, dan Mauro Icardi yang dibuang oleh justru meraih kesuksesan dalam berkarir di klub lain.

5 Akademi Sepakbola Terbaik Dunia 

5-akademi-sepakbola-terbaik-499084ac3084088.jpg


Baca juga

Golf Indonesia Tumbangkan Malaysia

  • facebook share

RELATED NEWS

Jawara Kontes Video DAM

Jawara Kontes Video DAM

HOT ISSUE
Juara Wimbledon Novotna Berpulang

Juara Wimbledon Novotna Berpulang

HOT ISSUE
Indonesia Siapkan Regulasi Motor Listrik

Indonesia Siapkan Regulasi Motor Listrik

HOT ISSUE
Ducati Tertarik Ben Spies

Ducati Tertarik Ben Spies

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company