Semifinal Nadal Yang Menakjubkan, Menuju Final AS Terbuka

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : AP | 9 September 2017

Nadal Menakjubkan, Menuju Final AS-Terbuka

SPORTKU.COM

Unggulan teratas Rafael Nadal berhasil melewati petenis Argentina Juan Martin del Potro dengan cemerlang, menyambut final AS Terbuka melawan Kevin Anderson.

Petenis Spanyol itu memenangkan sembilan pertandingan berturut-turut menuju kemenangan 4-6 6-0 6-3 6-2 di semifinal kedua, Jumat (8/9). Nadal, 31, akan berupaya meraih gelar ketiga juara AS Terbuka dan Grand Slam ke-4 pada Minggu (10/9).

Sebelumnya di partai semifinal lainnya, petenis Afrika Selatan Kevin Anderson, 31, mengalahkan petenis Spanyol Pablo Carreno Busta 4-6 7-5 6-3 6-4 di Stadion Arthur Ashe. Anderson adalah pemain dengan peringkat terendah untuk mencapai final besar sejak sistem peringkat diperkenalkan pada tahun 1973.

Baca Juga:
Kevin Anderson Capai Final Pertama Grand Slam



Dia menghadapi tantangan besar melawan Nadal, yang memiliki rekor 4-0 pada head-to-head mereka dan kemampuannya semakin kuat usai melawan Del Potro yang lelah.

"Itu sangat berarti. Musim yang menakjubkan, setelah terjadinya cedera dan masalah." ujar Nadal. Nadal mengungkapkan kegembiraannya bisa kembali bertarung di AS Terbuka. Ia sangat menikmati berlaga di lapangan dan di hadapan penonton yang antusias sekaligus memiliki kesempatan untuk memperjuangkan gelar lain yang sangat penting bagi dirinya.

Terakhir kali Nadal kalah dalam semifinal Grand Slam melawan Del Potro di lapangan yang sama delapan tahun lalu dan dia belum pernah bertemu kembali sampai akhirnya pada semifinal ini.

Setelah kalah dalam set pertama yang ketat, petenis Spanyol itu berjuang dengan performa yang kuat, menjatuhkan hanya dengan lima gim. Ia juga mendominasi servis dan mengakhiri pertandingan dengan 25 pemenang forehand. "Saya mengubah beberapa hal taktik setelah set pertama," tambah Nadal.

Nadal menyadari bahwa ia terlena menanggapi backhand Del Potro. Untungnya ia segera sadar, segera mengubah dan memindahkan taktik untuk Del Potro dan menjadi sebuah perlawanan yang tidak dapat diprediksi. Serangkaian strategi Nadal ini akhirnya berhasil dan ia mengaku sangat bahagia.

Del Potro yang didukung luas oleh fans setia Argentina berjuang untuk memenangkan set pertama yang ketat, sebelum akhirnya ia kehabisan tenaga. Unggulan ke-24 ini meraih keunggulan dengan luar biasa pada tahap awal saat Nadal melancarkan backhand yang lemah.

Tapi kemenangan epik lima set saat melawan Dominic Thiem dan empat set menaklukkan Roger Federer di babak sebelumnya membuat Del Potro mengakui bahwa ia merasa lelah. Sikon ini membuat Nadal memanfaatkannya dengan penuh.

Petenis nomor satu dunia itu mulai menemukan jangkauannya di set kedua, mengalihkan titik serangan untuk mengirim forehandnya ke atas dan melepaskan 13 kemenangan atas satu kemenangan Del Potro.

Pada saat Nadal telah menarik keunggulan 3-0, ada sedikit perlawanan untuknya di net. Del Potro tampaknya menyimpan sisa cadangan energinya untuk kembali ke posisi ketiga, namun setelah jatuh 5-2, sebuah serangan terlambat tidaklah cukup.

Nadal menekan dengan pukulan voli pada set poin saat durasi pertandingan berlangsung dua jam, diikuti kepalan tangan khasnya dan seruan "Vamos!". Nadal terus memimpin pertandingan membawa juara 2010 dan 2013 itu untuk istirahat yang ia butuhkan pada set keempat dan seakan tak ada peluang untuk Del Potro.

Menghadapi Kevin Anderson di final nanti, Nadal berkata bahwa akan terjadi pertandingan tangguh. "Dia memiliki servis yang luar biasa dan merupakan contoh baik bagi para petenis muda bagaimana cara dia memulihkan cedera. Saya sudah mengenalnya sejak kami berusia 12 tahun, jadi saya sangat senang akan bertemu dengannya nanti."

Juan Martin del Potro meninggalkan arena dengan kelelahanus-open-2017-7180488cae25689.jpg

 

Baca Juga:
Tuntaskan Vandeweghe, Keys Jumpa Stephens Di Final
Maestro Tua Venus Disingkirkan oleh Juniornya di Semifinal AS Terbuka

 

 

Save

Save

  • facebook share

RELATED NEWS

Piala-Davis: Penantian 16 Tahun Prancis

Piala-Davis: Penantian 16 Tahun Prancis

TENNIS
ATP Finals Cetak Sejarah Baru

ATP Finals Cetak Sejarah Baru

TENNIS
Kalah, Federer Tetap Bahagia

Kalah, Federer Tetap Bahagia

TENNIS
Federer Belum Terkalahkan di London

Federer Belum Terkalahkan di London

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company