Seri 2 Kejurnas Supermoto Jogja 2017 Capai Target

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 9 September 2017

SPORTKU.COM

Seri 2 Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Supermoto 2017 dihelat akhir pekan ini di sirkuit nonpermanen Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta.

Setelah Seri 1 sukses dilaksanakan di Sirkuit Gokart Sentul Bogor, Jawa Barat, kini Kejurnas Supermoto 2017 bertajuk Indonesia Supermoto Championship kembali digelar. Untuk putaran kedua, EW702Sport selaku penggagas event memboyongnya ke kawasan Bantul, Yogyakarta.

Menjadi event anyar di dunia balap Tanah Air, Kejurnas Supermoto yang baru tahun pertama digelar ini terus mendapat sambutan hangat dari para pebalap. Seperti pada gelaran Seri 2 kali ini, di mana jumlah starter melebihi dari yang ditargetkan oleh panitia.

Bahkan penyelenggara mengaku cukup puas dengan pencapaiannya di Seri 2 Kejurnas Supermoto 2017. Menariknya lagi, sekarang banyak pebalap unggulan yang ikut turun. Baik dari kalangan crosser maupun pebalap road race. Berbeda dengan Seri 1 lalu yang masih kurang greget.

“Saya merasa cukup puas di Seri 2 ini. Jumlap pebalap yang ikut jika dibanding dengan Seri 1 lalu, kali ini ada kenaikan yang cukup banyak. Dari target hanya 100 starter, kita dapatkan jumlah 112 starter. Pebalap yang ikut juga banyak top rider, ada Doni Tata, Irwan Ardiansyah, Tomy Salim, Hilman Maksum, Farhan Hendro, Diva Ismayana dan masih banyak lagi," buka Endiyatmo, pimpinan EW702Sport.

Baca Juga
Seri 2 Kejurnas Supermoto 2017 Mendarat di Jogja

Bukan hanya itu yang membuat Endi bisa tersenyum lepas. Selain banyaknya pebalap pro, antusiasme dari kalangan komunitas juga meningkat drastis. Menutur Endi, meningkatnya jumlah peserta bukan hanya karena kualitas event yang terus diperbaiki, akan tetapi juga karena adanya persiapan mereka yang lebih matang.

“Kelas komunitas pesertanya membludak. Yang kelas 175 pro stok ada 26 starter, dan yang kelas 150 ada 20 pebalap.  Line up pebalap di kelas pro juga di atas 10 starter. Ini sudah sesuai dengan yang kita harapkan,” sambung Endi kepada tim SPORTKU.com saat ditemui di lokasi.

Sementara itu, sesuai dengan fokus utama Kejurnas Supermoto, penyelenggara masih fokus dengan pemantapan regulasi. "Konsep kita tahun ini memang masih mencari regulasi yang pas. Ini masih sebagai draft dan tahun depan bakal lebih rapi lagi,” kata Endi.

Mengenai trek sendiri, Seri 2 ini tampil berbeda. Jika di Seri 1 menggunakan sirkuit permanen dengan 80 persen aspal dan 20 persen tanah, maka sirkuit di Seri 2 didominasi aspal 65 persen dan 35 persen tanah.

Kondisi ini tak pelak memberikan tantangan tersendiri bagi para pebalap. Banyak yang mengaku trek dengan karakter tikungan patah-patah ini sulit untuk dijinakan. Butuh strategi dan skill tersendiri untuk melahap setiap tikungan di trek sepanjang 1,1 kilometer.

Baca Juga
Lorenzo Ceritakan Momen Terbaiknya Bersama Ducati
Nadal Menuju Final AS Terbuka 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Hasil Kejurnas Motoprix Wonosari 2017

Hasil Kejurnas Motoprix Wonosari 2017

MOTOPRIX
Marquez-Pedrosa Bersaing Kalahkan Rossi

Marquez-Pedrosa Bersaing Kalahkan Rossi

MOTOGP
Wahyu Aji Gagal Finish

Wahyu Aji Gagal Finish

ARRC
Galang Hendra Asapi Gerry Salim

Galang Hendra Asapi Gerry Salim

ARRC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company