Swiss Hat Trick di Kejuaraan Duni MTB XC

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : UCI | Media Source: UCI | 9 September 2017

Swiss Hat Trick di Cairns

SPORTKU.COM

Swiss membuktikan negara yang dominan di kategori XCO (Cross Country Olympic) dengan menyapu tiga gelar pada Kejuaraan Dunia MTB, di Australia.


Para pebalapa swiss memenangankan 3 kategori di nomor XCO, yaitu elite putra, elite putri dan putri U23. Nino Schurter mempertahankan gelarnya dalam balapan pria Elite, Jolanda Neff meraih gelar juara di Elite putri dan Sina Frei di kelas putri U-23.

Kondisi berdebu kering dan panas menambah kesulitan pengendara yang dihadapi di sirkuit 4,3 kilometer melalui hutan hujan di Smithfield Park.

Penyelenggara sempat menyiram bagian terburuk dalam lintasan dan pada dua balapan pertama, debu lebih mudah diatur. Namun saat race elite putra debu kembali tebal.

Baca juga:
SEPATU SEPEDA PALING BERKILAU DI MUSIM DEPAN

Frei, juara Eropa, mengambil kendali pada putaran awal balapan U-23 putri, dengan pesaingnya Kate Courtney (Amerika Serikat) yang kembali berlomba setelah kecelakaan. Frei bergabung dengan Anna Tauber (Belanda) pada putaran pertama sampai pesaingnya dari Belanda itu mengalami masalah mekanis. Courtney bergerak naik di lintasan. Tapi Frei melaju lebih cepat, dan merebut gelar dengan selisih 49detik. Alessandra Keller meraih medali perunggu untuk Swiss.

Perlombaan Elite Putri, Neff dan Annie Last (Inggris) mengatur kecepatan dengan berada di depan. Pasangan tersebut menjatuhkan rider lain pada akhir putaran pertama dan melaju bersama sampai putaran keempat, saat Neff menyerang, dengan cepat membuka celah 22 detik.

Pada putaran kelima kelima, celah itu tetap bertahan hingga dua menit dan Neff bisa meraih ke gelar Elite pertamanya. Last harus puas dengan medali perak dan Pauline Ferrand Prevot (Prancis), Juara Dunia 2015, meraih perunggu.

"Saya hanya ingin menang sangat banyak," aku Neff. "Tiga tahun terakhir, saya tidak bisa memenangkan World Champs, sudah tiga tahun sejak saya menang terakhir (di kelas U23). Datang ke balapan ini, untuk pertama kalinya, saya tahu, saya fit. Saya hanya ingin meraih setiap kesempatan yang bisa saya dapatkan. Saya baru saja terdorong dari awal sampai akhir, saya serasa di atas bulan, saya sangat bahagia.," tambah Neff.

Datang ke race Elite Putra, Schurter adalah favorit yang luar biasa setelah mendominasi ajang Piala Dunia sepanjang musim ini - membuat rekor dengan memenangkan semua enam putaran. Perlombaan dengan cepat menjadi pertarungan antara Schurter dan juara Olimpiade 2012 Jaroslav Kulhavy (Rep. Ceko).

Henerique Avancini (Brazil) dan Thomas Litscher (Swiss) bergabung dengan Schurter dan Kulhavy di lap ketiga. Avancini turun satu putaran kemudian, meninggalkan Kulhavy melawan dua pebalap Swiss. Namun, setelah pendakian terakhir di lap terakhir, saat Schurter menyerang dan Kulhavy melakukan kesalahan di sebuah sudut, pebalap Swiss itu akhirnya bisa lolos dan bertahan untuk menang dengan gap tujuh detik. Kulhavy kemudian “menjatuhkan” Litscher di kilometer terakhir dan meraih medali perak.

"Ini benar-benar sulit," kata Schurter, "Jaroslav sangat hebat hari ini. Saya beruntung, Thomas selalu bersama kami dan saya dapat meninggalkannya sebagai pimpinan, dan untungnya Jaroslav tidak berada di sana pada saat selesai. Tanjakan terakhir benar-benar kerja keras dan saya senang kami adalah tim yang kuat. Dari musim lalu, saya sangat terpukul dan sekarang, tahun ini lebih baik lagi. Saya tidak percaya semuanya berjalan dengan baik saat ini. Saya berada di puncak karir saya dan saya sangat menikmatinya," jelas Schurter.

"Ya, ini adalah tahun yang luar biasa, saya telah memenangkan tujuh (enam Piala Dunia dan gelar juara dunia) dan juga Cape Epic. Tahun ini semuanya berjalan bersamaan, mungkin dengan tim yang menakjubkan disekitar saya." pungkas Nino.


Nino Schurter juara XCO kelas Elite Putra (UCI)

kejuaraan-dunia-mtb-xc-78948777c1e7fe9.jpg

 

 

Baca juga:
MATERAZZI NYARIS PINDAH KE MILAN

  • facebook share

RELATED NEWS

10 Trik Keren di Crankworx

10 Trik Keren di Crankworx

FREERIDE & SLOPESTYLE
Persaingan di PGV Induro Laps

Persaingan di PGV Induro Laps

CROSS COUNTRY
XCE dilombakan di Kejuaraan Dunia

XCE dilombakan di Kejuaraan Dunia

CROSS COUNTRY
PGV Ingin Tumbuhkan Komunitas Sepeda

PGV Ingin Tumbuhkan Komunitas Sepeda

CROSS COUNTRY

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company