Farhan Hendro: Sirkuit Kejurnas Supermoto Jogja Lebih Menguras Tenaga

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 9 September 2017

SPORTKU.COM

Farhan Hendro harus bekerja keras untuk menembus baris terdepan di Seri 2 Kejurnas Supermoto 2017 akhir pekan ini, 9-10 September.

Pebalap asal Kota Depok ini berhasil tampil apik di Seri 1 pada balapan yang digelar di Sirkuit Gokart Sentul Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Kala itu Farhan mampu menorehkan dua kemenangan sekaligus di Kelas Kejurnas Kelas SM 250 Pro. Aksinya pun terbayarkan setelah berjibaku selama beberapa lap dan menjaga konsistensnya.

Akan tetapi, perjalanan Farhan di Seri 2 kali ini terasa begitu berat. Di babak kualifikasi, Sabtu (9/9), Farhan masih terseok dan hanya bisa menembus posisi ke-4. Pebalap AHRS Kawasaki Greentech Idemitsu FH162 itu hanya kemas waktu 1menit 03.242detik. Memulai balapan dari barus kedua memang membutuhkan strategi tersendiri.

Di sesi kuaifikasi ini Farhan kalah cepat dari pebalap tuan rumah Irwan Ardiansyah dari Ardian MX Team yang meninggalkannya 0.092detik. Menyusul di grid ketiga adalah Doni Tata Pradita yang juga merupakan pebalap dari Jogja.

Sementara itu, di kualifikasi Kelas Kejurnas SM Open Pro (450), Farhan yang baru saja pulang dari ajang FIM Asia Supermoto di Thailand ini juga hanya mampu bertengger di peringkat 4. Diva Ismayana, pebalap Bali MX Djagung Speed Corsa VMX Pertamax Turbo Racing Team yang meninggalkannya 0.175detik dan berada di posisi pole. Hilman Maksum yang juga menjadi pesaing beratnya di ajang Kejurnas Motocross musim ini berada di grid kedua. Kembali di grid ke-3 adalah Doni Tata.

Baca Juga
Diva Ismayana Pole Position di Kelas Open Pro Kejurnas Supermoto Jogja

Penampilan Farhan di Seri 2 Kejurnas Supermoto yang dipentaskan di kawasan Stadion Sultan Agung Bantul, Yogyakarta ini memang banyak mendpat tekanan dari para pebalap lain. Terlebih lagi di putaran kedua kali ini lebih banyak pebalap papan atas yang ikut memperebutkan podium juara. Namun juga hal ini justru menjadi tantangan tersendiri baginya.

"Kualifikasi kali ini cukup menantang. Saya hanya bisa finish keempat di dua kelas yang saya ikuti. Karena bagi saya, kualifikasi itu seperti latihan. Di Seri 2 ini banyak top rider justru semakin seru," cerita Farhan saat ditemui tim SPORTKU.com di paddock.

Mengenai treknya sendiri, Farhan mengaku penyajian dari EW702Sport yang menjadi penyelenggara event dinilainya lebih banyak memberikan keuntungan kepada para pebalap road race. Trek sepanjang 1,1 kilometer, lebih didominasi oleh trek aspal yang mencapai sekitar 35 persen.

"Trek tanahnya menurut saya aneh, seperti bagian berem yang seperti tanah galian. Selain itu juga hanya ada satu jalur. Kalau tipikal trek secara keseluruhan harus bisa menjaga rpm. Dan mereka pebalap road race lebih diuntungkan di trek aspal karena karakternya patah-patah. Sirkuit ini juga lebih menguras fisik dan menuntut kita untuk tidak buat salah," tutup Farhan.

Baca Juga
Hasil Kualifikasi Kejurnas Supermoto Jogja 2017
Cara Unik Klub Sepakbola Perkenalkan Pemainnya

  • facebook share

RELATED NEWS

Hasil Kejurnas Motoprix Wonosari 2017

Hasil Kejurnas Motoprix Wonosari 2017

MOTOPRIX
Marquez-Pedrosa Bersaing Kalahkan Rossi

Marquez-Pedrosa Bersaing Kalahkan Rossi

MOTOGP
Wahyu Aji Gagal Finish

Wahyu Aji Gagal Finish

ARRC
Galang Hendra Asapi Gerry Salim

Galang Hendra Asapi Gerry Salim

ARRC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company