Amerika Miliki Juara Baru Grand Slam, Sloane Stephens

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : AP | 10 September 2017

Amerika Tampilkan Juara Baru, Sloane-Stephens

SPORTKU.COM

Amerika Serikat menampilkan juara baru Grand Slam, Sloane Stephens yang tampil cemerlang di final AS Terbuka 2017.

Sloane Stephens petenis non unggulan menuntaskan kembalinya yang spektakuler dari cedera dengan mengalahkan rekan senegaranya Madison Keys untuk memenangkang final di Flushing Meadows, Sabtu (9/9).

Stephens yang bertengger di peringkat 83, mengalahkan unggulan ke-15 Madison Keys dengan 6-3 6-0. Petenis berusia 24 tahun itu berada di peringkat rendah yaitu 957 pada enam minggu yang lalu, setelah kembali dari 11 bulan absen karena cedera kaki di Wimbledon. Dia menjadi wanita kelima yang diunggulkan untuk memenangkan gelar besar di era Terbuka.

Kedua petenis wanita itu membuat debut Grand Slam akhir mereka, dan peringkat gabungan mereka 99 adalah yang terendah untuk final AS Terbuka sejak sistem ranking dimulai. Mereka adalah teman dekat sejak kecil. Maka tak heran mereka berbagi pelukan panjang setelah Keys melepaskan forehand pada match point ketiga dan Stephens kemudian menuju kerumunan penonton untuk memeluk ibunya.

Madison Keys, 22, telah bermain luar biasa untuk memenangkan semifinalnya melawan Coco Vandeweghe. Membuat 24 kemenangan, hanya sembilan kesalahan dan bergerak ke puncak aces dengan penampilan kekuatan yang terkontrol.

Baca Juga:
Tuntaskan Vandeweghe, Keys Jumpa Stephens Di Final

Stephens mengalami bentrokan yang jauh lebih tegang saat melawan Venus Williams. Dengan kemampuan bertahan atletiknya yang luar biasa saat kakinya berada dalam sepatu pelindung yang dikenakan sejak bulan Mei. Itu adalah konsistensi permaianan tenangnya yang akhirnya menjadi pertandingan final menegangkan bagi Keys.

Baca Juga:
Maestro Tua Venus Disingkirkan oleh Juniornya di Semifinal AS Terbuka

Selama 61 menit, Keys menghasilkan 30 kesalahan sendiri atas enam kesalahan yang dilakukan Stephens.

Setelah empat pertandingan pertama berjalan dengan cepat dengan pukulan servis, Keys tersungkur saat sebuah forehand yang terlempar panjang dan kesalahan yang sama menyudahi set pertama setelah setengah jam.

Keys menawarkan kesempatan lain di awal kedua dengan pukulan voli backhand yang menyedihkan dan Stephens meraih kesempatannya dengan sebuah backhand jitu yang diikuti oleh pukulan forehand menyilang di lapangan.

Final berjalan semakin baik saat kesalahan ganda Keys mencetak poin hingga jatuh pada 4-0. Bahkan saat dia akhirnya mendapatkan break point, tiga di antaranya pada 0-40 setelah 47 menit, Stephens seakan tak tergoyahkan. Pukulan voli forehand yang percaya diri, membuat Stephens pantas meraih match point.

Ada sedikit hambatan terakhir dari Keys tapi dia bisa menemukan permainan net pada match point, sebagaimana Stephens mencetak delapan pertandingan berturut-turut untuk merebut gelar utama pertamanya.

"Perjalanan ini luar biasa dan saya tidak akan mengubahnya untuk sejarah dunia. Madison adalah salah satu teman terbaik saya dalam tur. Saya tidak ingin bermain dengan orang lain, saya mengatakan kepadanya bahwa saya berharap ini bisa menjadi hasil imbang." ujar Sloane Stephens.

Sedangkan Keys berkata: "Sloane benar-benar salah satu orang favorit saya dan bermain melawan dia adalah istimewa. Saya jelas tidak menampilan terbaik saya dan Sloane sangat mendukung. Jika saya akan kehilangan hal baik pada hari ini, saya senang itu bisa terjadi padanya."

Sloane Stephens menjadi petenis Wanita Amerika pertama dari luar keluarga Williams yang memenangkan gelar tunggal besar sejak Jennifer Capriati di Australian Open 2002. Kini Stephens mengantogi hadiah uang sebesar £ 2.84m.

Pelukan hangat dua sahabat Sloane Stephens dan Madison Keys usai final AS Terbukaus-open-2017-6238546b1c29a81.jpg

 

 

Baca Juga:
Kevin Anderson Capai Final Pertama Grand Slam
Nadal Menakjubkan, Menuju Final AS-Terbuka

  • facebook share

RELATED NEWS

Menanti Federer dan Nadal Bersanding

Menanti Federer dan Nadal Bersanding

TENNIS
Dari Ranking 957 Menjadi Bintang

Dari Ranking 957 Menjadi Bintang

TENNIS
Nadal Raih Gelar Ketiga AS-Terbuka

Nadal Raih Gelar Ketiga AS-Terbuka

TENNIS
Nadal Menakjubkan, Menuju Final AS-Terbuka

Nadal Menakjubkan, Menuju Final AS-Terbuka

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company