Ade Elvira Masih Terkendala Suspensi di Kejurnas Supermoto Jogja

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 10 September 2017

SPORTKU.COM

Pebalap road race Ade Elvira kembali tampil di Kejurnas Supermoto 2017 pada akhir pekan ini, 9-10 September.

Penampilan Ade Elvira di Seri 1 Kejurnas Supermoto 2017 yang dihelat di Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat belum lama ini memang cukup mengejutkan. Dirinya mampu bersaing sengit dengan crosser Farhan Hendro saat balapan di Kelas SM 250 Open. Namun setelah berjibaku beberapa lap, Ade Elvira harus puas finish ke-2.

Kini pebalap asal Jakarta tersebut bersiap untuk kembali menyajikan persaingan sengitnya lagi. Akan tetapi rasanya sulit jika melihat hasil kualifikasi yang dia torehkan kali ini. Di mana pada penampilannya di sirkuit nonpermanen Stadion Sultan Agung Bantul, Yogyakarta ini, Ade Elvira masih menemui kendala dengan kuda besinya.

Ade Elvira turun di empat kelas sekaligus, yaitu Kelas Kejurnas SM Open Pro yang kualifikasinya hanya sanggup bertengger di peringkat ke-13 atau posisi buncit. Lalu di Kelas Kejurnas SM Open Pro, Ade Elvira juga hanya finish ke-12 dari 14 pebalap. Beruntung, posisinya di Kelas Kejurnas Prostock 175 Pro Speed bisa lebih baik dengan finish ke-6. Sedangkan di kelas non Kejurnas SM Superstock Open ke-3.

Memang sulit bagi Ade untuk bisa bersaing di peringkat papan atas. Bahkan Ade Elvira pun mengaku kans juara untuknya kali ini hanya berpeluang di kelas non Kejurnas SM Superstock Open. Hasil buruk di babak kualifikasi menurutnya karena belum menemukan settingan suspensi yang pas dengan karakter sirkuit.

Baca Juga
Kejurnas Supermoto Jogja Capai Target. Diikuti Top Rider

"Di kualifikasi saya belum nemuin settingan suspensi belakang yang pas dengan karakter sirkuit. Jadi kesempatan saya tinggal di sesi pemanasan," ungkap Ade Elvira yang turun dengan Dream Garage Racing Jakarta.

Kendala yang ditemui Ade Elvira juga bukan hanya pada motor balapnya. Kondisi trek sepanjang 1,1 kilometer dirasa tak memberikan keuntungan baginya. Karakter tikungan patah-patah dan kurangnya tikungan rolling speed menjadi salah satu hal yang membuatnya kurang bisa tampil maksimal.

"Treknya oke, tapi masih banyak tikungan patah-patah. Jadi para pebalap yang biasa turun di ajang road race gak bisa nge-roll. Kans buat juara masih ada kesempatan di Kelas Kejurnas Prostock 175 Pro Speed dan kelas non Kejurnas SM Superstock Open. Kalau untuk Kelas SM 250 Pro dan SM Open Pro kans juara berat karena start dari belakang. Tapi semua akan saya coba maksimalin," janji Ade Elvira.

Ade Elvira menambahkan jika kondisi sirkuit yang ada kali ini dirasanya lebih banyak memberikan keuntungan untuk para pebalap motocross. "Menurut saya trek di sini lebih menguntungkan buat pebalap motocross. Seperti di trek lumba-lumba, saya sudah coba ngegas tapi masih kalah sama pebalap motocross," tutup Ade Elvira.

Baca Juga
Hasil Lengkap Kualifikasi Kejurnas Supermoto Jogja
Amerika Tampilkan Juara Baru, Sloane Stephens

  • facebook share

RELATED NEWS

Hasil Kejurnas Motoprix Wonosari 2017

Hasil Kejurnas Motoprix Wonosari 2017

MOTOPRIX
Marquez-Pedrosa Bersaing Kalahkan Rossi

Marquez-Pedrosa Bersaing Kalahkan Rossi

MOTOGP
Wahyu Aji Gagal Finish

Wahyu Aji Gagal Finish

ARRC
Galang Hendra Asapi Gerry Salim

Galang Hendra Asapi Gerry Salim

ARRC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company