Zaki, Penantang Baru di Kejurnas Supermoto 2017

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 10 September 2017

SPORTKU.COM

Hadirnya para pebalap baru di Seri 2 Kejurnas Supermoto 2017 akhir pekan ini, 9-10 September memberikan warna tersendiri.

Menarik dicermati berlangsungnya Seri 2 Kejurnas Supermoto atau yang memiliki nama resmi Indonesia Supermoto Championship. Berbeda dengan Seri 1 lalu yang hanya diikuti 70 pebalap. Namun di Seri 2 ini, Endiyatmo selaku pimpinan EW702Sport sebagai penyelenggara event berhasil menjaring lebih dari 100 starter.

Merata, hadirnya pebalap bukan hanya didominasi dari kalangan crosser maupun road racer. Para pebalap unggulan dari dua genre tersebut tak mau meninggalkan momen persaingan di Kejurnas Supermoto Jogja. Sengitnya persaingan pun sudah berlangsung sejak sesi kualifikasi untuk mendapatkan catatan waktu terbaik masing-masing.

Salah satu rider baru di Kejurnas Supermoto 2017 adalah M. Zaki. Pebalap yang sudah malang melintang di dunia balap road race ini mengaku tertarik untuk bisa menunjukkan skill balapnya di ajang supermoto. Zaki yang membawa bendera Putra Madura Lapola Kuncung MX32 Racing Team ini langsung tampil di empat kelas sekaligus.

Meski tercatat sebagai pendatang baru, namun aksinya justru tak kalah gesit dari para pesaingnya. Di sesi kualifikasi, pebalap asal Jawa Timur ini mampu mendominasi permainan. Di mana dirinya mampu mencatat waktu terbaik di Kelas SM Superstock Open dan Kelas Kejurnas Prostock 175 Pro Speed. Sedangkan di Kelas Kejurnas SM Open Pro (450) hanya bisa menduduki posisi ke-7 dan di Kelas Kejurnas SM 250 Open Pro hanya mampu finish ke-8.

"Seri 1 saya memang gak bisa ikutan karena waktu itu motor belum siap. Supermoto merupakan balapan genre baru, menurut saya hampir sama dengan road race dan saya pun gak banyak ubah gaya balap. Tapi buat saya yang menjadi PR adalah di trek offroadnya," buka Zaki saat berbincang dengan SPORTKU.com.

Baca Juga
Doni Tata Panaskan Kejurnas Supermoto Jogja

Meski begitu, sedikit pengalamannya ketika mencicipi balap grasstrack cukup menjadi modal baginya. Di kala waktu kosong, pebalap dengan penuh keramahan ini mengaku juga sering turun di ajang Kejurda (Kejuaraan Daerah) Graastrack di wilayahnya. "Grasstrack hanya buat ngisi waktu kosong saja. Fokusnya tetap di road race," sambungnya.

Untuk treknya sendiri, sirkuit nonpermanen Stadion Sultan Agung Bantul, Yogyakarta masih dirasa kurang menantang bagi Zaki. "Sirkuit kali ini kurang begitu siap kayaknya. Seperti tikungan camber masih bisa kita curangin karena gak harus nglewatin racing line. Seperti di tikungan ke-9, kita bisa langsung lurus tanpa harus ngikutin jalur patennya karena pembatas kurang tinggi," beber Zaki.

Bukan hanya itu yang menjadi perhatian Zaki. Lay out trek yang memiliki panjang 1,1 kilometer dengan karakter tikungan patah-patah ini juga kurang menantang. Dari pengamatannya, Zaki mengatakan jika tikungan yang disajikan panitia justru membuat para pebalap lebih mudah untuk melahapnya.

Akan tetapi, Zaki mengaku masih mempunyai sedikit kelemahan. Terutama di trek tanahnya. "Kelemahan saya memang di trek tanahnya. Kayak saat mau masuk berem, ngeremnya belum dapat feeling yang pas. Karena feeling pengereman di aspal dan tanah beda banget," singkat Zaki yang juga turun di Kejurnas IRS.

"Persaingan bukan sama pebalap road race, jadi persaingan justru sama pebalap motocross-nya. Tapi kalau pebalap motocross sepertinya mudah buat lewatin trek ini karena seperti saya bilang tadi, ini trek kurang menantang," pungkas Zaki yang tetap akan turun di Seri 3 Kejurnas Supermoto pada bulan Oktober mendatang jika tak bentrok dengan jadwal balap road race.

Baca Juga
Pedro Wuner Semakin Tertantang di Kejurnas Supermoto Jogja
Hamsik di Ambang Rekor Baru

  • facebook share

RELATED NEWS

Hasil Kejurnas Motoprix Surabaya 2017

Hasil Kejurnas Motoprix Surabaya 2017

MOTOPRIX
Dimas Ekky Masuk 10 Besar

Dimas Ekky Masuk 10 Besar

ROAD RACE
Andi Gilang Start ke-14

Andi Gilang Start ke-14

ROAD RACE
Hafizh Syahrin Tetap Milik Petronas

Hafizh Syahrin Tetap Milik Petronas

MOTO2

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company