Berapa Besar Biaya Membangun Mobil Slalom?

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 11 September 2017

Berapa Biaya Bangun Mobil Slalom?

SPORTKU.COM

Rasa ingin tahu mengenai berapa biaya yang dikeluarkan untuk membangun mobil slalom selalu mengundang rasa penasaran. Kira-kira berapa ya?

Salah satu kelas yang menjadi daya tarik dari kejuaraan Kejurnas Slalom adalah adanya kelas standar atau yang lebih dikenal dengan kelas A. Seperti putaran keempat yang berlangsung di GOR Satria, Purwokerto, akhir pekan kemarin, (9/9). Berdasarkan data yang dirilis oleh panitia, tercatat setidaknya ada 71 starter yang mengikuti Kejurnas kemarin.

Meski masuk dalam kategori standar, namun rupanya pemilik kendaraan juga harus melakukan beberapa modifikasi minor. Ini dikarenakan salah satu poin penting untuk bisa ikut dalam peta persaingan di panggung slalom, mobil yang digunakan wajib mengaplikasikan double caliper. Mengapa hal tersebut penting? Sebab adu ketangkasan menari diantara kun ini membutuhkan daya cengkeram yang lebih komeptitif.

Baca juga:
KEMENANGAN SEMPURNA ADRIANZA YUNIAL DI KEJURNAS SLALOM PURWOKERTO 2017

Lalu, kira-kira dengan modifikasi yang akan dilakukan tadi, berapa biaya yang harus dikeluarkan sebagai modal awal membangun mobil slalom? Dalam kesempatan bincang-bincangnya, Wie wie Rianto, mekanik Toyota Team Indonesia (TTI) di ajang slalom, menjelaskan mengenai kisaran dana yang harus disiapkan untuk meracik mobil slalom standar.

"Untuk biaya yang harus dipersiapkan, mungkin kisaran Rp50 juta," ucap Wie wie di sela-sela perhelatan GT Radial Auto Gymkhana Kejurnas Slalom putaran keempat di Purwokerto (9/9) kemarin. Mekanik yang telah merasakan asam garamnya balap nasional ini menjabarkan beberapa part yang harus dieliminasi agar mobil standar tersebut bisa berkompetisi dengan baik.

"Namanya kelas standar hanya mesinnya saja yang standar, atau tidak diutak-atik. Tapi untuk sektor kaki-kaki, tetap dilakukan modifikasi," tambahnya. "Salah satu yang harus dimodifikasi adalah rem. Slalom menggunakan double caliper, dimana satu untuk rem biasa dan satu lagi diperuntukan untuk rem tangan," sambung Wie wie.

Baca juga:
PERMAINAN DOMINAN, NADAL RAIH GELAR KETIGA AS TERBUKA

Mekanik yang juga turut meracik beberapa mobil pebalap nasional ini juga menyebutkan bahwa suspensi bisa turut diganti dengan menggunakan yang lebih kompetitif. Hal ini guna menunjang performa kaki-kaki dimana bagian tersebut menjadi sektor utama dari balapan slalom. Sementara itu, estimasi awal dalam melakukan modifikasi rem, anggaran yang harus dipersiapkan adalah kurang lebih Rp10 juta. Sedangkan untuk suspensi, dana yang harus dipersiapkan adalah kurang lebih sekitar Rp20 jutaan.

Selain rem dan suspensi, untuk menunjang performa mobil, penggantian ban pun juga turut diperhatikan. Meskipun ini merupakan optional, akan tetapi untuk memberikan hasil yang kompetitif, ban juga harus lebih disesuaikan lagi.

Wie wie Rianto, mekanik Toyota Team Indonesia (TTI)

kejurnas-slalom-gymkhana-purwokerto-2017-940699126f3a612.jpg

  • facebook share

RELATED NEWS

Memahami Fungsi Utama Camber Ban

Memahami Fungsi Utama Camber Ban

DID U KNOW
Kapan Tradisi Semprot Sampanye Dimulai?

Kapan Tradisi Semprot Sampanye Dimulai?

DID U KNOW
Nih, Ciri Knalpot Racing Terbaik

Nih, Ciri Knalpot Racing Terbaik

DID U KNOW
Infografis Perubahan Regulasi MotoGP

Infografis Perubahan Regulasi MotoGP

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company