Trik Jitu Zaki Pecundangi Lawan di Kejurnas Supermoto Jogja

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 12 September 2017

Trik Jitu Zaki Pecundangi Lawan

SPORTKU.COM

Hadir sebagai pebalap baru di Kejurnas Supermoto 2017, namun penampilan M. Zaki tak terbendung.

Pebalap asal Jawa Timur yang turun untuk pertama kalinya di Seri 2 Kejurnas Supermoto 2017 justru tampil memukau. Balapan di tiga kelas utama, Zaki berhasil menangi Kelas Kejurnas SM Prostock 175 Pro Speed. Tampil sebagai jawara, Zaki meninggalkan Nico Andri dan Deden Gantar di posisi kedua dan ketiga. Sedangkan Ade Elvira dan Farid Ali masing-masing di podium keempat dan kelima.

Dalam penampilannya di sirkuit nonpermanen Stadion Sultan Agung Bantul, Jogyakarta akhir pekan kemarin itu, Zaki juga mengaku cukup sengit persaingannya. Tak mudah baginya untuk bisa konsisten berada di posisi terdepan. Terlebih lagi, Zaki memiliki kelemahan di sektor trek tanahnya. Tak pelak dia memaksimalkan aksinya di trek aspal.

Usai lakukan sesi kualifikasi, Zaki mengatakan jika kelemahan dia ada di sektor pengereman pada sirkuit tanahnya. Menurutnya, cara pengereman di trek tanah dan aspal memiliki perbedaan signifikan. Hingga dia sulit mendapatkan feeling yang pas. Namun kelemahan itu akhirnya bisa dia antisipasi.

Baca Juga
Hasil Kejurnas Supermoto Jogja 2017, Jawara Sentul Pada Loyo

Sepanjang balapan, Zaki terus melancarkan strateginya. Selepas start dia berusaha untuk bisa segera meninggalkan para pesaingnya. Lap demi lap, Zaki terus menjauh ke depan dan membuat jarak yang cukup aman. Hingga akhirnya balapan yang digelar selama 15menit plus 2 lap berhasil dia menangkan.

"Waktu balapan, saya hanya berfikir bagaimana caranya saat lepas start langsung bisa kabur ke depan. Dan pada saat masuk ke trek tanah, saya tidak terlalu banyak melakukan pengereman. Saat harus melewati jumpingan, saya asal lewat saja. Dan saat masuki trek tanah saya memaksimalkan performa," cerita Zaki.

Pebalap yang berangkat dengan bendera Putra Madura Lapola Kuncung MX32 Racing Team itu mengaku setiap lap melakukan hal yang sama. Zaki juga mencoba untuk tidak melakukan kesalahan. Terlebih lagi saat masuki trek tanah yang memang bisa mengancam posisinya.

"Untuk di Kelas Kejurnas SM Prostock 175 Pro Speed, Race 1 saya finish ke-2 karena pada saat lepas start strategi saya tidak berjalan mulus. Untuk Race 2 baru saya bisa finish terdepan," pungkas Zaki.

Sementara itu, selain ikut di Kelas Kejurnas SM Prostock 175 Pro Speed, Zaki juga balapan di Kelas SM Superstock Open, Kelas Kejurnas SM Open Pro (450) dan di Kelas Kejurnas SM 250 Open Pro.

Baca Juga
Yamaha Akhirnya Umumkan Pengganti Rossi
Kim Senang dengan Posisi Barunya

  • facebook share

RELATED NEWS

Rossi Memaksa Balapan di Aragon

Rossi Memaksa Balapan di Aragon

MOTOGP
Yamaha Akai Jaya Berjaya

Yamaha Akai Jaya Berjaya

MOTOPRIX
Hebat! Ali Adrian Masuk 3 Besar

Hebat! Ali Adrian Masuk 3

SUPERBIKE
Indonesia Kebagian MotoGP di 2019?

Indonesia Kebagian MotoGP di 2019?

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company