Lawan Brunei, Nasib Indonesia Dipertaruhkan

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Pssi Official | Editor: Andi Wahyudi | 13 September 2017

Lawan Brunei, Nasib Indonesia Dipertaruhkan

SPORTKU.COM

Timnas Indonesia U-19 bertekad tampil habis-habisan melawan Brunei Darusalam di Laga Pamungkas untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-18 2017.

Anak asuh Indra Sjafri diwajibkan menang melawan Brunei di laga pamungkas yang akan bergulir di Stadion Thuwunna, Rabu (13/8) sore WIB. Kekalahan 3-0 atas Vietnam beberapa waktu lalu membuat posisi Indonesia berada di peringkat ketiga di klasemen sementara. Indonesia wajib menang dengan skor besar untuk mengkudeta tuan rumah Myanmar yang berada di peringkat kedua.

Sebenarnya, baik Indonesia maupun Myanmar memiliki poin yang sama, yakni sama-sama mengumpulkan 6 poin hasil dua kali menang dan sekali kalah. Namun dalam jumlah gol, The White Angels unggul 6 gol dari tim Garuda Nusantara.

Hal ini membuat Indonesia wajib menang besar atas Brunei dengan mencetak lebih dari 6 gol. Meski demikian, hal itu tetap sulit mengingat Myanmar selaku tuan rumah di ajang turnamen yang mempertemukan negara se-Asia Tenggara ini akan tampil habis-habisan melawan Vietnam yang sudah dipastikan lolos.

Dapat dikatakan, lolos tidaknya Indonesia di Piala AFF U-18 kali ini akan tergantung bagaimana Vietnam menyikapi pertandingan melawan Myanmar. Bila mereka—paling tidak—mampu membuat pertandingan berakhir imbang dengan skor berapun, maka Indonesia yang lolos, dengan syarat harus menang melawan Brunei dengan skor berapapun.

Baca juga
Inilah Daftar 23 Pemain Timnas U-16 di Ajang Kualifikasi Piala AFC U-16

Di atas kertas, Brunei bukanlah lawan yang berat. Menilik kiprah mereka sejauh ini yang telah kemasukan 17 gol dalam 3 pertandingan. Mereka pun tercatat  hanya sekali menang, yakni ketika jumpa tim juru kunci Filipina. Bahkan di laga terakhir, mereka kemasukan 7 gol melawan Myanmar.

Indonesia yang mengalahkan Myanmar di laga perdana tentu memiliki memilik peluang untuk bisa mencetak gol lebih banyak dari yang diraih oleh Myanmar. Untuk itulah, Egy Maulana Vikri dkk harus bisa mencetak gol sejak menit-menit pertama pertandingan sebagai upaya untuk mengejar defisit gol.

Meski begitu, Timnas U-19 wajib waspada dengan jadwal. Pasalnya jadwal pertandingan laga pamungkas ini tak dilakukan serentak. Timnas Garuda Nusantara yang melawan Brunei akan tampil lebih dahulu, sementara laga Myanmar dan Vietnam yang diselenggarakan di stadion yang sama akan bergulir setelahnya.

Hal ini membuat pertandingan antara Myanmar dan Vietnam rentan saling main mata. Meski demikian, penyerang andalan Timnas U-19, Egy mengaku tak khawatir. Ia justu terpacu untuk tampil habis-habisan agar Indonesia lolos ke semifinal dan mengulangi kejayaan Timnas Indonesia U-19 pada tahun 2013 silam.

"Kita lawan Brunei dalam laga selanjutnya dan wajib menang demi bisa lolos ke semifinal," ujarnya seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

Hal senada juga diungkapkan oleh Gelandang Timnas Indonesia U-19, Muhammad Iqbal. Ia mengatakan bahwa ia akan bermain bakal bermain semaksimal mungkin demi torehan kemenangan atas Brunei.

"Kami harus tampil habis-habisan melawan Brunei Darussalam. Kami wajib bermain disiplin dan berlaga tanpa beban. Kami akui saat melawan Vietnam kita bermain kurang maksimal. Namun kami yakin bisa lolos ke semifinal. Pelatih juga sudah memberitahu kami apa yang harus dilakukan ketika nanti berhadapan dengan Brunei," katanya.

Baca juga
Ini Rekor Baru yang Dicetak oleh Calvin Wibowo

  • facebook share

RELATED NEWS

Good Bye Indra Sjafri

Good Bye Indra Sjafri

FOOTBALL
Upaya City Lanjutkan Trend Positif

Upaya City Lanjutkan Trend Positif

FOOTBALL
Format Baru Piala Dunia

Format Baru Piala Dunia

FOOTBALL
Catatan Unik Peter Crouch

Catatan Unik Peter Crouch

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company