Freixenet , Anggur Bersoda MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : MCN | Editor: Dedi Hermawan | 13 September 2017

SPORTKU.COM

Selebrasi dilakukan para pebalap usai menangi sebuah balapan. Seperti halnya para pebalap MotoGP yang juga melakukan selebrasi di podium kemenangan.

Selebrasi akan dilakukan mereka sebagai salah satu bentuk dari ungkapan kegembiraan atau emosional yang positif. Selain mengungkapkan sebuah perasaan, hal ini juga bertujuan untuk pamer ke khalayak umum akan apa yang telah dicapai. Berbicara mengenai selebrasi pebalap MotoGP, maka mengingatkan dengan produk minuman.

Yups, gelaran MotoGP memiliki ikon minuman yang akan menemani aksi para pebalap saat merayakan kemenangan di podium juara. Biasanya, perayaan kemenangan akan diakhiri dengan semprot sampanye. Di mana semprot sampanye menjadi klimaks dari para pebalap setelah berjibaku dalam mencapai garis finish terdepan.

Perayaan semprot sampanye sendiri sudah dimulai sejak tahun 1967 silam oleh Daniel Sexton Gurney, seorang pebalap mobil professional asal Amerika Serikat. Sejak saat itu, tradisi semprot sampanye hingga kini masih terus dilakukan. Begitu juga di ajang balap bergengsi MotoGP yang masih rutin merayakan kemenangan dengan semprot sampanye.

Sampanye yang ada di balapan MotoGP sendiri didistribusikan oleh perusahaan bir Freixenet. Perusahaan asal Spanyol itu telah menjalin kerjasama dengan Dorna Sports, penuyelanggara MotoGP sejak tahun 2003 silam. Kehadiran Freixenet menjadi momen yang mengesankan pada semua perayaan di podium juara.

Lalu apa itu Freixenet? Freixenet merupakan pembuat Cava di Spanyol, terletak di sebelah barat Barcelona di Catalonia. Cava itu sendiri adalah anggur bersoda. Perusahaan Freixenet sendiri sudah lahir sejak puluhan tahun silam. Bahkan keberadaannya sudah ada jauh sebelum tradisi semprot sampanye populer seperti sekarang.

Perjalanan Freixenet dimulai setelah bersatunya dua keluarga asal Spanyol dengan sejarah panjang dalam pembuatan anggur. Ferrers, pemilik La Freixeneda, sebuah perkebunan pertanian di abad ke-12 di Sant Quinti de Mediona di Alt Penedes, dan para pembuat anggur Salas yang sudah ada sejak tahun 1830 dan pendiri Casa Sala, eksportir anggur ke Amerika Latin, di Sant Sadurni d'Anoia.

Baca Juga
Sejak Kapan Tradisi Semprot Sampanye Dimulai?

Menjelang akhir abad ke-19, Dolores Sala Vive, cucu pendiri Casa Sala, menikahi Pedro Ferrer Bosch dari La Freixeneda. Pada era ini menandai hilangnya koloni Spanyol dan produksi anggur secara bertahap yang terus berkurang akibat wabah phylloxera yang telah merusak anggur-anggur merah di seluruh Eropa.

Terinspirasi oleh keberhasilan Champagne, Codorniu dan lainnya mendorong pemilik kebun anggur untuk menanam kembali dengan varietas anggur putih seperti Macabeu, Parellada dan Xarel untuk digunakan sebagai produksi anggur yang berkilau. Dan anggur ini masih menjadi buah anggur utama Cava sampai hari ini. Meskipun beberapa produsen bereksperimen dengan penggunaan anggur-anggur Champagne dari Chardonnay dan Pinot noir.

Setelah terjadi pernikahan antara Dolores Sala Vive dengan Pedro Ferrer Bosch, mereka akhirnya bergabung dengan ayah Dolores untuk mengalihkan fokus bisnis keluarga Sala ke anggur bersoda yang dibuat dengan metode tradisional. Nama itu berasal dari La Freixenada, sebuah perkebunan penghasil anggur keluarga yang terletak di kawasan Alt Penedss sejak abad ke-13.

Pada tahun 1941, perusahaan anggur bersoda Freixenet baru meluncurkan produk utamanya, Carta Nevada. Nama Freixenet pun terus merajai pasar. Hingga di tahun 1974, perusahaan ini meraih kesuksesan di panggung internasional dengan merek cava lainnya, Cordon Negro yang hingga saat ini masih ada di pasar.

Terus bertahannya Freixenet hingga sekarang juga tak lepas dari berbagai strategi pemasarannya. Freixenet memanfaatkan para selebriti terkenal di dunia untuk menjadibintang iklan. Selebriti papan atas yang pernah tampil bersama Freixenet termasuk Liza Minnelli (1977), Raquel Welch (1985), Paul Newman (1989), Antonio Banderas dan Sharon Stone (1992), Kim Basinger (1993), Penelope Cruz (1994 dan 2001) , Alejandro Sanz (1998), Pierce Brosnan (2004), Demi Moore (2005) dan Shakira (2010).

Namun kini Freixenet mengubah arah periklanannya dan menjadi salah satu perusahaan pertama yang mengeksplorasi pemasaran dengan memilih artis Catalan Diana Lado untuk menjadi duta merek resmi pertama mereka. Ini adalah format strategi pemasaran yang juga diikuti perusahaan lain.

Freixenet yang sudah dijual di lebih dari 130 negara di dunia juga menjadi sponsor utama beberapa tim sepakbola kenamaan yang bersaing di liga utama Spanyol dan juga di kompetisi Eropa. Di dunia otomotif sendiri, Freixenet merupakan official cava dari ajang MotoGP sejak tahun 2003.

Baca Juga
Arti dan Fungsi Bendera Merah Saat Balap
Amankah Oli Racing Untuk Motor Harian?

  • facebook share

RELATED NEWS

Rossi Memaksa Balapan di Aragon

Rossi Memaksa Balapan di Aragon

MOTOGP
Yamaha Akai Jaya Berjaya

Yamaha Akai Jaya Berjaya

MOTOPRIX
Hebat! Ali Adrian Masuk 3 Besar

Hebat! Ali Adrian Masuk 3

SUPERBIKE
Indonesia Kebagian MotoGP di 2019?

Indonesia Kebagian MotoGP di 2019?

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company