Alumni Liga Santri Loloskan Timnas Indonesia U-19 ke Semifinal

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Nu Official | Editor: Andi Wahyudi | 14 September 2017

SPORTKU.COM

Nama Muhammad Rafli Nursalim muncul sebagai aktor protagonis kemenangan Timnas Indonesia U-19 8 gol tanpa balas dari Brunei, Rabu (13/9).

Rafli yang diplot menjadi striker tunggal sukses mencetak tiga gol alias hattrick dalam pertandingan yang diselenggarakan di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar.

Sebelum laga dimulai, skuat asuhan Indra Sjafri sendiri dituntut untuk bisa menang besar, paling tidak mampu mencetak 7 gol tanpa balas. Hal ini untuk memangkas jumlah perbedaan gol Indonesia dengan Myanmar dan Vietnam.

Termotivasi dari hal tersebut, Rafli sukses mencetak gol dalam waktu yang sangat singkat, bahkan pertandingan belum berjalan satu menit, ia sukses mencetak gol, tepatnya di detik ke-43.

Skema gol sendiri berawal dari kesalahan pemain belakang Brunei dalam mengantisipasi bola. Kemudian Rafli melakukan tendangan dan sempat terjatuh. Namun ia yang dikepung dengan tiga pemain plus satu kiper sukses memasukan bola lewat sontekan kaki.

Rafli kemudian mencetak gol keduanya di menit ke-42 dengan dengan memanfaatkan umpan dari sisi kanan. Tanpa ampun pemain bernomor punggung 9 itu menceploskan bola melalui sundulan kepalanya itu.

Baca juga
Jebolan Liga Santri Masuk Timnas

Rafli akhirnya mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak di pertandingan ini dengan mencetak gol pada perpanjangan waktu 45+2. Menerima umpan dari Asnawa, Rafli yang sempat mengecoh bek lawan akhirnya mencetak gol lewat tendangan kaki kiri.


Sementara itu lima gol Indonesia lainnya di cetak oleh Egy Maulana Vikri (2 gol), Witan Sulaiman (2 gol), dan Hanis Saghara Putra (1 gol).

Dengan demikian, Rafli sendiri saat ini telah mencetak 4 gol sejauh ini. Hal ini membuat dirinya masuk dalam daftar tiga besar top skor sementara. Di atasnya ada nama Egy (6 gol) dan Win Naing Tun (7 gol).

Satu gol Rafli lainnya dicetak saat saat Indonesia menang 9-0 atas Filipina, ia mencetak gol lewat titik pinalti setelah dirinya dilanggar oleh kiper Quincy Julian Kammeraad.

Bagi sebagian pecinta sepakbola Indonesia, nama Rafli memang masih asing. Maklum ia baru dipanggil saat Timnas Indonesia U-19 berlaga di ajang AFF U-18 2017 kali ini. Sebelumnya ia pun tak dipanggil oleh Indra Sjafri dalam Turnamen Toulon 2017 beberapa waktu lalu.

Setelah diusut, Rafli sendiri merupakan pemain jebolan Liga Santri Nusantara (LSN) 2016 lalu. Membela Pondok Pesantren Al-As’ariyah asal Banten, ia sukses mencatatkan namanya sebagai top skor dengan raihan 15 gol.

Sayang, Pondok Pesantren Al-As’ariyah Banten yang ia bela gagal masuk final lantaran kalah dengan Tim Wali Songo di babak semifinal. Meski demikian, Al-As’ariyah Banten finish sebagai peringkat ketiga di LSN.

Baca juga
Kontingen ASEAN Para Games Indonesia Tiba di Malaysia

  • facebook share

RELATED NEWS

Spesialnya Hattrick Pertama Zaza

Spesialnya Hattrick Pertama Zaza

FOOTBALL
Kapolri Bangga Bhayangkara di Puncak

Kapolri Bangga Bhayangkara di Puncak

FOOTBALL
Aguero Di ambang Rekor Baru

Aguero Di ambang Rekor Baru

FOOTBALL
Resmi, Rooney Dihukum Dua Tahun

Resmi, Rooney Dihukum Dua Tahun

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company