5 Merek Helm MotoGP, Ada dari Indonesia

Text : Suhartono | Photo / Video : Dok.Sportku.com | Editor: Dedi Hermawan | 14 September 2017

SPORTKU.COM

MotoGP merupakan tontonan dengan paket terlengkap untuk para pecinta balap di berbagai belahan dunia. Beragam produk pun berlomba ikut tenar.

Sebagai salah satu balapan yang mampu menyita juataan penonton dalam setiap akhir pekan, maka tak heran jika MotoGP juga layak dijadikan ajang promosi untuk sebuah produk tertentu. Salah satu yang kepincut ingin tenar lewat gelaran milik Dorna Sport ini adalah para pabrikan helm.

Banyak merek helm kenamaan yang terlibat di balapan MotoGP. Maka MotoGP tidak hanya menampilkan pertarungan sengit para pebalap dengan masing-masing motornya, melainkan juga “pertarungan” merek helm yang digunakannya. Tak heran pula jika masing-masing produsen helm juga akhirnya berlomba-lomba menyajika desain terbaik untuk pebalap yang disponsorinya.

5 merek helm ngetop di ajang MotoGP versi SPORTKU
1. AGV
Nama AGV sudah lekat dengan balapan MotoGP. Beberapa pebalap di ajang MotoGP juga tampil menggunakan helm asal Italia ini, ada Andrea Iannone, Pol Espargaro, Jack Miller dan juga Valentino Rossi. Bahkan untuk Rossi, AGV sering kali merilis helm dengan desain terbaru yang selalu menyita perhatian publik. Dalam mendesain helm untuk Rossi, AGV bekerjasama dengan Aldo Drudi dan Drudi Performance.

AGV (Amisano Gino Valenza) sendiri merupakan perusahaan helm sepeda motor Italia. Didirikan oleh Gino Amisano antara tahun 1920-2009. Awalnya dimulai pada tahun 1946 dengan membuat jok kulit dan sadel sepeda motor. Setahun kemudian, pada tahun 1947, perusahaan tersebut mulai membuat helm sepeda motor pertamanya. Pada bulan Juli 2007, perusahaan diakuisisi oleh Dainese.

Selain lekat dengan Rossi, AGV juga sangat identik dengan juara dunia Giacomo Agostini. Keduanya telah menggunakan helm AGV sepanjang karir mereka. Pada tahun 2008, Rossi menjadi presiden kehormatan perusahaan tersebut. AGV juga pernah menjadi helm juara dunia Formula One seperti Niki Lauda, Emerson Fittipaldi dan Nelson Piquet.

2. Shoei
Pabrikan helm asal Jepang ini juga tak kalah tenar dari AGV. Di ajang MotoGP, Shoei menjadi official helmet untuk pebalap Marc Marquez dan Bradley Smith. Namun berbeda dengan AGV, Shoei sangat jarang merilis helm anyar di setiap kesempatan akshir pekan MotoGP. Meski begitu, Shoei juga menjadi salah satu helm yang diminati oleh banyak kalangan bikers di dunia.

Shoei diproduksi oleh perusahaan Jepang yang sudah memproduksi helm sepeda motor sejak tahun 1958 silam. Namun sebenarnya produksinya sudah dimulai sejak tahun 1954 dengan berdirinya Kamata Polyester Co., yang produk helmnya terutama untuk digunakan di industri konstruksi.

Pendiri Shoei, Eitaro Kamata akhirnya mulai melirik serius bisnis helm untuk bikers. Dan mulai memproduksi helm untuk sektor balap motor pada tahun 1960. Pabriknya di Tokyo mulai memproduksi helm sepeda motor yang sudah lolos uji Japanese Industrial Standard (JIS).

Pada tahun 1965, Honda Motor Co mengadopsi helm Shoei sebagai helm 'asli' mereka untuk meningkatkan popularitas dan ketersediaannya di pasar. Kemudian didirikan Shoei Safety Helmet Corp. pada tahun 1968, tak lama setelah pembangunan pabrik di Ibaraki. Pabrik Iwate yang ada saat ini sudah dibangun pada tahun 1989.

Meski sukses, Shoei tetap merupakan perusahaan yang relatif kecil, dengan tenaga kerja di bawah 500 orang di seluruh dunia.

Baca Juga
Menguak Freixenet, Anggur Bersoda MotoGP

3. Arai
Jepang memang patut diacungi jempol. Selain menjadi pabrikan yang mendominasi merek motor di grid, dua produsen helm ternama dari Negeri Matahari Terbit ini juga berhasil masuk ke ajang MotoGP. Pebalap MotoGP ternama Dani Pedrosa adalah salah satu rider yang hingga kini masih setia menggunakan helm Arai. Selain Pedrosa, Arai juga pernah dipakai oleh mendiang Nicky Hayden.

Arai adalah perusahaan asal Jepang yang merancang dan memproduksi helm sepeda motor dan helm lainnya untuk motorsport. Pabriknya sudah dibentuk pada tahun 1926 oleh Hirotake Arai sebagai pembuat topi. Saat ini, Michio "Mitch" Arai menjalankan perusahaan dan anak laki-lakinya, Akihito juga terlibat dalam bisnis keluarga "Arai".

4. Shark
Merek helm ini memang belum sepopuler AGV dan Shoe mapun Arai. Nama Shark mulai melejit di ajang MotoGP sejak digunakan oleh Jorge Lorenzo pada musim 2016 lalu. Sementara itu, pebalap asal Spanyol ini sebelumnya menggunakan helm HJC dari Korea.

Shark berkantor pusat di Marseilles, Perancis dengan memiliki lebih dari 600 karyawan. Helm ini juga sudah didistribusikan di lebih dari 5.000 outlet penjualan di seluruh dunia. Memiliki pengalaman lebih dari 25 tahun, Shark telah menjadi salah satu pembuat helm terkemuka di dunia.

Didirikan oleh mantan pebalap profesional, Shark merancang helm yang menjamin tingkat kinerja dan keamanan tinggi dan melebihi standar keselamatan yang diterapkan.

5. KYT
Indonesia patut bangga. Pasalnya, helm produksi anak bangsa KYT juga menjadi andalan pebalap di ajang MotoGP. PT Tara Kusuma Indah (TKI) selaku produsen KYT ikutan eksis di MotoGP. Di level MotoGP, helm KYT dipakai oleh Aleix Espargaro dari Aprilia Racing Team Gresini. Sementara itu, KYT juga menggaet Xavier Simeon dan Simone Corsi di Moto2 serta Andrea Locatelli di Moto3.

Dimulai dari tahun 1980-an, melihat pentingnya keselamatan dalam berkendara khususnya kendaraan bermotor, PT TKI mulai mempelopori produksi helm sepeda motor di Indonesia. Hingga kini mereka terus berusaha memproduksi helm dengan kualitas produk dan proses yang mengedepankan keamanan dan didukung dengan kualitas bahan dasar terbaik.

PT TKI memiliki pabrik yang berlokasi di Kawasan Industri Lippo Cikarang dan memiliki sekitar 750 karyawan. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi yang mencapai lebih dari 2 juta helm per tahun.

Baca Juga
Adu Gengsi Pebalap Road Race dan Motocross di Kejurnas Supermoto
Tips Geber Moge Superbike atau Supersport (Video)

  • facebook share

RELATED NEWS

Lima Momen Ikonik Arsene Wenger

Lima Momen Ikonik Arsene Wenger

TOP 5
Lima Pemain Wajib Dibeli Barcelona

Lima Pemain Wajib Dibeli Barcelona

TOP 5
5 Pemain Hancur di Chelsea

5 Pemain Hancur di Chelsea

TOP 5
5 Pebalap Motor 'Keturunan' Bapak

5 Pebalap Motor 'Keturunan' Bapak

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company