Kilas Balik Kejadian Menarik di GP Singapura

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 15 September 2017

SPORTKU.COM

Setelah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Formula 1, Singapura, banyak menghadirkan momen menarik. Apa saja momen yang terjadi di Singapura?

Dari sekian banyak momen yang terjadi dalam penyelenggaraan Grand Prix Singapura, berikut ini ada beberapa kejadian yang sayang untuk dilewatkan. Setidaknya Formula 1 telah mencatat sebanyak 5 momen terbaik yang berhasil dirangkum dalam sebuah video berdurasi singkat berikut.

1. Kecelakaan Piquet membawa kemenangan untuk Fernando Alonso (2008)
Di tahun 2008, pertarungan Formula 1 di Singapura berlangsung begitu sengit. Bahkan, beberapa insiden pun tidak bisa terelakan oleh para pebalap. Sepanjang balapan berlangsung, terjadi sebuah kecelakaan yang menyebabkan Nelson Piquet harus mengakhiri balapannya. Namun, buah dari kecelakaan tersebut justru memberikan sebuah kesempatan yang berakhir kemenangan bagi pebalap Renault, Fernando Alonso. Nelson Piquet harus tersungkur karena menabrak tembok pembatas, sedangkan Alonso, berhasil melenggang dengan aman menuju podium pertama.

2. Insiden Felipe Massa di Paddock (2008)
Dari beberapa kejadian yang sayang untuk dilewatkan, kejadian yang menimpa Felipe Massa di pit lane mungkin tidak akan terlupakan. Saat masuk pit lane untuk mengganti ban dan mengisi bahan bakar, kru Ferrari terlihat kesulitan dalam melepaskan selang pengisi bahan bakar. Karena diburu waktu, dan merasa semua sudah beres, Felipe Massa pun memacu mobilnya dengan normal. Padahal, tanpa diketahui, selang pengisi bahan bakar masih berada di ujung tangki bahan bakar. Selang tersebut pun terlepas dari pusatnya, dan menempel di mobil Felipe Massa. Akibatnya, sebelum keluar pit lane, steward memberhentikan mobil Massa dan kru Ferrari harus berlari untuk melepas selang tersebut.

3. Terbakarnya mobil Kovalainen (2010)
Kejadian berikutnya yang tidak kalah memilukan adalah yang dialami oleh Heiki Kovalainen. Saat balapan menyisakan satu lap terakhir, pebalap yang saat itu bergabung dengan Lotus Corsworth, harus rela menepikan mobilnya akibat terbakar di bagian belakang. Belum jelas apa yang menjadi penyebab keluarnya api dari mobil tersebut. Karena kejadian tersebut, Kovalainen pun dipaksa turun keluar mobil dan harus memadamkan kobaran api seorang diri di lintasan.

4. Aksi Salip Felipe Massa vs Bruno Senna (2012)
Karakter lintasan sirkuit jalan raya memang memacu adrenalin yang begitu kuat. Dengan kondisi tersebut, memaksa pebalap harus bermanuver dengan baik. Dalam kejadian yang terjadi di tahun 2012, Felipe Massa berhasil melampaui Bruno Senna. Dalam meluncurkan aksinya, Felipe Massa sempat mengalami terpelintir, namun karena reaksi cepat, Felipe Massa berhasil mengimbangi laju mobilnya dan berhasil masuk rombongan sepuluh besar.

5. Mark Webber Menebeng Mobil Fernando Alonso (2013)
Di samping insiden memilukan, dalam balapan Formula 1 Singapura juga ada kejadian unik. Mark Webber tertangkap kamera sedang menumpang mobil Fernando Alonso. Kejadian ini akibat terbakarnya mobil Webber di bagian belakang. Karena posisi insiden jauh dari paddock, akhirnya Mark Webber pun menumpang mobil Fernando Alonso untuk menuju paddock. Uniknya, posisi kaki Webber yang menumpang harus disesuaikan dengan satu kaki di kokpit dan satu kaki di luar.

  • facebook share

RELATED NEWS

Lima Gol Terbaik Zlatan Ibrahimovic

Lima Gol Terbaik Zlatan Ibrahimovic

TOP 5
Lima Klub Indonesia Berubah Nama

Lima Klub Indonesia Berubah Nama

TOP 5
Lima Tim yang Harusnya Lolos

Lima Tim yang Harusnya Lolos

TOP 5
5 Pebalap Indonesia di Moto2

5 Pebalap Indonesia di Moto2

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company