Semarang dan Pangkal Pinang Jadi Tuan Rumah MXGP Indonesia 2018

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 15 September 2017

SPORTKU.COM

Kejuaraan Dunia Motocross bertajuk Motocross Grand Prix (MXGP) kembali akan digelar di Indonesia pada tahun 2018 mendatang.

Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) memang gagal menjadi tuan rumah ajang balap garuk tanah paling bergengsi di dunia. Sebelumnya, penyelenggara MXGP, Youthstream memang sudah merilis jadwal untuk musim 2018. Di mana Palembang masuk dalam rangkaian tuan rumah MXGP 2018 pada 8 Juli mendatang.

Akan tetapi jadwal tersebut harus mandeg di tengah jalan. Ya, Palembang gagal menjadi tuan rumah MXGP 2018. Gagalnya Palembang menjadi penyelenggara MXGP 2018 memang karena terbentur masalah lokasi. Sebab, Jakabaring yang sedianya akan digunakan sebagai lokasi digelarnya MXGP harus clear dari segala aktivitas guna menyambut ajang Asian Games 2018.

Dalam hal ini, Gubernur Sumsel Alex Noerdin juga sudah menyampaikan pernyataan resminya kepada A. Judiarto dari Lightning Production selaku promotor lokal MXGP yang ditunjuk langsung oleh Youthstream. Surat disampaikan Riduan Tumenggung selaku utusan khusus Gubernur Sumsel di Jakarta, Kamis (7/9) lalu.

Namun Indonesia tak perlu berkecil hati. Judiarto menyampaikan jika Indonesia malah diberi kesempatan dua kali menggelar MXGP 2018. Palembang yang sudah resmi dicoret oleh Youthstream pun sudah menemukan lokasi pengganti. Kabarnya, Pangkal Pinang, Bangka Belitung kembali akan menggelar MXGP.

Baca Juga
Palembang Gagal Gelar MXGP 2018

Judiarto kepada SPORTKU.com mengatakan jika Pangkal Pinang yang pada bulan Maret lalu menyelenggarakan MXGP juga sudah resmi masuk daftar tuan rumah MXGP 2018. Pangkal Pinang sendiri akan menggelarnya pada tanggal 30 Juni 2018 hingga 1 Juli 2018. "Yang di Pangkal Pinang kemungkinan akan menggunakan lokasi baru," singkat Judiarto.

Sementara itu, satu seri lainnya akan digelar di Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 7-8 Juli. Semarang bakal menggantikan Qatar yang musim ini juga dicoret oleh Youthstream. Hal tersebut karena adanya embargo yang dikenakan pada Qatar. Embargo terhadap Qatar yang dilakukan oleh Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, Mesir, Yaman dan Maladewa juga berimbas pada dunia motorsport.

Jadwal MXGP Indonesia 2018 yang digelar secara berurutan juga memberikan kesempatan tersendiri bagi pihak penyelenggara untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Tanah Air. Judiarto mengatakan setidaknya bakal ada sekitar 2 ribu wisatawan asing yang nantinya akan berkunjung ke Indonesia selama 14 hari.

"Dari jadwal dua seri yang berurutan tersebut, kira-kira kunjungan wisatawan mancanegara akan mencapai sekitar 2 ribu. Pemilihan Kota Semarang sebagai tuan rumah MXGP sendiri karena Jawa Tengah merupakan tujuan wisata dan pusat olahraga juga ada di sana. Dan Wali Kota Hendi tahu bagaimana memanfaatkan peluang dengan effect domino yang akan didapat dengan adanya gelaran MXGP di Semarang," pungkas Judiarto.

Baca Juga
Mario dan Adenanta Turun di Balap Internasional
Sejarah Awal Promotor Olahraga Genta Auto & Sport (Video)

  • facebook share

RELATED NEWS

Honda Bidik Dakar 2018

Honda Bidik Dakar 2018

RALLY DAKAR BIKE
Honda Double Podium di Maroko

Honda Double Podium di Maroko

MOTOCROSS
Antonio Cairoli Dihujani Kritikan

Antonio Cairoli Dihujani Kritikan

MXGP
Cairoli Juara Dunia MXGP 2017

Cairoli Juara Dunia MXGP 2017

MXGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company