Kisah Lima Pemilik Nomor 7 MU di Era Liga Primer Inggris

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : 101 Great Goals | Editor: Dedi Hermawan | 16 September 2017

SPORTKU.COM

Siapa saja lima pemain yang pernah menggunakan nomor punggung 7 keramat di Manchester United (MU) di era Liga Premier Inggris.

Setiap klub biasanya memiliki nomor punggung yang dipercaya memiliki unsur magis serta dianggap keramat. Atas dasar itulah, sering kali nomor punggung itu disematkan oleh pemain yang memiliki kemampuan paling baik di klub tersebut.

Di kesebelasan MU, nomor punggung 7 menjadi nomor punggung yang paling “suci’ dan dianggap sebagai penanda bahwa pemain yang menggunakan nomor itu merupakan pemain yang memiliki kontribusi besar bagi tim.

Berikut ini adalah lima pemain yang menggunakan nomor punggung 7 di era Liga Premier Inggris:

Angel Di Maria

Nama Di Maria sempat membuat publik Old Trafford terkejut lantaran ia didatangkan oleh klub dengan mahar sebesar 59,7 juta poundsterling atau sekitar Rp989 miliar. Hal ini pun pernah tercatat sebagai pembelian termahal bagi MU, bahkan bagi rekor transfer Liga Primer Inggris pada musim panas 2014 lalu.
Dengan status seperti itu, iya pun mewariskan nomor punggung 7 dan diharapkan mampu tampil dominan dan mendulang prestasi.

Sayang, meski didatangkan dengan harga tinggi dari Real Madrid. Pemain asal Argentina itu gagal tunjukan kualitasnya. Bahkan penggemar MU seringkali meneriaki bahkan sampai membuat chant bernada kasar “Di Maria is full of s###”.

Hal ini membuatnya ia hanya bermain semusim di MU dan pindah ke Paris Saint-Germain (PSG), keputusan yang dianggap sebagai pilihan jitu. Pasalnya bersama klub peserta Ligue 1, ia kembali menemukan penampilan terbaiknya.

Memphis Depay

Kepergian Di Maria membuka jalan bagi Depay untuk berkarir bersama MU. Ia dianggap mampu mewariskan nomor punggung 7. Pasalnya, pemain asal Belanda ini memiliki reputasi mentereng dengan sanggup mencetak 28 gol di usianya yang saat itu baru 21 tahun.

Lagi-lagi, nomor punggung 7 yang semula dianggap berkah berubah menjadi bencana. Satu musim bermain bagi Si Setan Merah, Depay gagal tunjukan kemampuan terbaiknya dengan hanya mencetak 7 gold alam satu musim. Hal yang dianggap sebagai penurunan kualitas.

Akhirnya, setelah di musim lalu dipinjamkan ke Lyon. Pada bursa transfer musim panas ini Depay pun dijual.

Baca juga
Timnas U-19 Hanya Kurang Beruntung

David Beckham

Mewarisi nomor punggung 7 yang sebelumnya digunakan oleh pemain hebat seperti George Best dan Bryan Robson membuat tekanan bagi pemakainya untuk tampil bagus dan konsisten menjadi hal yang kurang baik.

Namun semua bisa dilewati oleh Beckham. Sebagai pemain jebolan akademi klub yang termasuk dalam Class 92—yang dianggap sebagai generasi terbaik dalam melahirkan pemain berbakat didikan klub—ia mampu mengemban tugas sebagai pemain nomor 7 dengan baik.

Bersama MU, Beckham sukses kumpulkan 13 trofi, termasuk gelar Liga Champions yang diraihnya di musim 1998/1999. Sayang, setelah 9 musim bermain reguler dengan total 394 penampilan bagi klub, ia memutuskan pindah usai bertengkar dengan manajer MU saat itu, Sir Alex Ferguson.

Eric Cantona

Sebelum kehadiran Beckham yang dianggap sukses menjaga trah nomor pungung 7, nama Cantona sudah harum terlebih dahulu. Pria asal Prancis itu bahkan menjadi pemain paling di anak emaskan oleh Ferguson.

Bermain sejak tahun 1992 hingga pensiun pada 1997, Cantona sukses mengondol 9 trofi. Meski tak sebantyak Beckham. Namun Cantona dianggap pemain penting dan dianggap simbol kebangkitan MU di awal era Liga Primer Inggris.

Cristiano Ronaldo

Dengan segala hormat, meski Ronaldo tak lagi berseragam MU sejak tahun 2009 lalu, namun pemain asal Portugal inilah yang dianggap sebagai pemain terikonik yang menggunakan nomor 7 selama bermain di klub yang berdiri pada tahun 1878 tersebut.

Hal ini didasari dengan kemampuan individunya yang sukses memenangkan gelar Ballon d’Or pertama kalinya ketika ia bermain di MU. Hal ini menyamai sukses Geroge Best yang meraih gelar serupa ketika berseragam dominan warna merah tersebut.

Selama enam tahun bermain di MU, ia sukses memenangkan tiga Liga Premier Inggris, satu Piala FA, dan satu Piala Liga Champions, dan satu Piala Dunia Antar Klub.

Tak heran, meski Cantona dianggap Ferguson sebagai pemain yang ia anak emaskan, namun untuk permain terbaik jatuh kepada mantan pemain Sporting Lisbon tersebut.

Baca juga
Data Pribadi Rossi Dicuri Orang

  • facebook share

RELATED NEWS

Lima Momen Ikonik Arsene Wenger

Lima Momen Ikonik Arsene Wenger

TOP 5
Lima Pemain Wajib Dibeli Barcelona

Lima Pemain Wajib Dibeli Barcelona

TOP 5
5 Pemain Hancur di Chelsea

5 Pemain Hancur di Chelsea

TOP 5
5 Pebalap Motor 'Keturunan' Bapak

5 Pebalap Motor 'Keturunan' Bapak

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company