Lima Pemain Hasil Tukar Guling Bayern Munchen-Borrusia Dortmund

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Sportskeeda,world Versus | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Sportskeeda | 18 September 2017

Tukar Guling Bayern-Dortmund

SPORTKU.COM

Siapa saja lima pemain fenomal yang pernah memperkuat Bayern Munchen dan Borrusia Dortmund di Bundesliga? Inilah daftarnya.

Bayern Munchen dan Borrusia Dortmund merupakan dua tim besar asal Jerman yang sukses mendominasi Bundesliga dalam 50 tahun terakhir di mana Bayern mampu kumpulkan 29 gelar sedangkan Dormund menyusul dengan 9 gelar.

Meski demikian, persaingan antara Bayern dengan Dortmund sendiri bukanlah sebuah derby, namun apabila keduanya bertemu dalam sebuah pertandingan akan menjadi hal yang selalu menarik. Pasalnya kedua tim dalam beberapa musim terakhir selalu bersaing di puncak papan klasemen Bundesliga.

Meski dianggap persaingan keduanya ketat, nyatanya tak membuat hubungan kedua klub menjadi merenggang. Mereka justru sering melakukan aktivitas “tukar guling” pemain di setiap bursa transfer dibuka.

Siapa saja lima pemain yang dimaksud, berikut daftarnya:

Robert Lewandowski

Robert Lewandowski (Sportskeeda)

lima-pemain-tukar-guling-568104613fc9fa8.jpg

Penyerang asal Polandia ini dikenal sebagai striker berbahaya di Bundesliga. Sejak pertama kali menginjakan kaki di tanah Jerman pada tahun 2010 dengan membela Dortmund di mana ia sukses merebut hati penggemar klub tersebut lewat gol perdananya dalam laga kemenangan di pertandingan Derby melawan Schalke dengan skor 3-1. Saat itu, Lewa—panggilan akreab Lewandowski—belum menjadi striker utama.

Namun cederanya Lucas Barrios membuat Lewandowski sukses menjadi penyerang haus gol dimana dalam tiga musim berturut-turut selalu bisa mencetak di atas 30 gol setiap musimnya. Ia pun sukses memberikan dua gelar liga kepada Dortmund secara beruntun.

Sayang, ia akhirnya memilih pergi ke Bayern setelah menolak perpanjangan kontrak pada Januari 2014. Dengan sisa kontrak lima bulan lagi, ia pun di transfer klub asal Munchen itu dengan status bebas transfer lantaran terkait aturan Bosman Transfer.

Mats Hummels

Mats Hummels (Sportskeeda)

lima-pemain-tukar-guling-23962a2a872443a.jpg

Hummels sejatinya merupakan milik Munchen. Pasalnya sang pemain telah membela klub tersebut sejak usia 11 tahun. Ia pun sempat menjalani debut di tim senior pada tahun 2006/20017 silam, namun statusnya lebih banyak berada di bangku cadangan.

Kesal tak mendapatkan jatah bermain yang cukup, ia pun pindah ke Dormund pada bursa transfer musim dingin Januari 2008 lalu. Di klub berjuluk Die Borussen, Hummels menaikan reputasinya dari pemain cadangan menjadi salah satu pemain belakang tertangguh di dunia.

Sejak tampil reguler pada musim 2009/2010, Hummels sukses mengantarkan Dortmund menjuarai lima gelar, termasuk dua gelar Bundesliga yang diraihnya dalam dua musim secara beruntun.

Uniknya, gelar Bundesliga yang didapat pada musim 2010/2011 yang diraih oleh Dortmund menjadikan tim mereka sebagai tim yang paling sedikit kebobolan dengan hanya kemasukan 22 gol di mana sosok Hummels menjadi kunci dari rapatnya pertahanan klub yang berkandang di Signal Iduna Park.

Namun, pada musim 2016/2017, Hummels resmi berpisah dengan Dortmund dan memulai petualangan baru bersama mantan klubnya, Bayern.

Mario Gotze

Mario Gotze (Sportskeeda)

lima-pemain-tukar-guling-20775c3381c200d.jpg

Kebalikan dari Hummels, Gotze merupakan pemain binaan Dortmund yang akhirnya pindah ke Bayern. Ia sukses debut bersama kesebelasan Dortmund pada tahun 2009 di usianya yang masih sangat muda, yakni 17 tahun.

Meski masih belia, pemain yang beroperasi di sektro sayap ini sukses menjadi faktor dominan kesuksesan Dortmund menjuarai Bundesliga dua musim berturut-turut pada tahun 2010/2011 dan 2011/2012.

Berkat penampilannya yang fenomenal, pemain yang sempat memiliki julukan Lionel Messi dari Jerman ini pun dibeli oleh Bayern dengan harga 37 juta euro pada 2013 silam. Meski sukses meraih banyak titel di klub tersebut, namun penampilan Gfotze dianggap menurun, terlebih ia sering mendapatkan cedera.

Hal ini yang menjadikan dirinya kembali bermain bagi Dortmund di musim 2016/2017 kali ini dan comebacknya sejauh ini dapat dikatakan cukup baik.

Baca juga
Cuplikan Formula 1 Singapura 2017

Torsten Frings

Torsten Frings (Sportskeeda)

lima-pemain-tukar-guling-96328e4dc84fbd0.jpg

Frings yang merupakan salah satu gelandang terbaik asal Jerman ini dalam karirnya tercatat pernah membela Dortmund dan Bayern. Tampil apik bersama Werder Bremen, Dormund pun tertarik mendatangkan sang pemain pada tahun 2002 silam dengan biaya transfer cukup besar waktu itu, yakni 10 juta euro.

Bermain dua musim di Dortmund, Frings sukses mengawal lini tengah klub bersama Tomas Rosicky. Sayang tak ada gelar yang ia dapat saat berseragam kuning hitam khas klub tersebut.

Akhirnya Frings pun memutuskan pindah ke Bayern di mana ia akhirnya sukses memenangkan gelar Liga pertama sepanjang karirnya pada musim 2004/2005. Meski demikian, pemain yang kini bekerja sebagai pelatih di Darmstadt 98 ini akhirnya kembali ke klub Bremen, klub yang membuat namanya populer.

Thomas Helmer

Thomas Helmer (Sportskeeda)

lima-pemain-tukar-guling-4399953a83c2e85.jpg

Kisah transfer Helmer dari Dortmund ke Bayern terbilang unik. Dortmund sebagai pemilik merasa tak ingin pemainnya itu dijual kepada tim Bayern. Akhirnya manajemen klub justru “membuang” sang pemain ke tim Prancis, Olympique Lyon.

Namun, Helmer hanya bertahan di lyon selama tiga bulan dan Manajemen Dortmund akhirnya memilih menjualnya kepada Bayern dengan mahar sebesar 7,5 juta euro sekaligus menjadikan rekor pembelian termahal bagi Bayern kala itu.

Bersama Bayern, Helmer sukses tampil sebanyak 191 pertandingan dan meraih banyak kesuksesan, salah satunya adalah gelar Liga Europa musim 1995/1996 silam.

Baca juga
Ini Pujian Bos Torro Rosso kepada Sean

  • facebook share

RELATED NEWS

Lima Klub Indonesia Berubah Nama

Lima Klub Indonesia Berubah Nama

TOP 5
Lima Tim yang Harusnya Lolos

Lima Tim yang Harusnya Lolos

TOP 5
5 Pebalap Indonesia di Moto2

5 Pebalap Indonesia di Moto2

TOP 5
Lima Pelatih Tenar yang Menganggur

Lima Pelatih Tenar yang Menganggur

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company