Indonesia Puncaki Klasemen Sementara ASEAN Para Games 2017

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Sportku | Editor: Dedi Hermawan | 19 September 2017

Indonesia Puncaki Klasemen Sementara

SPORTKU.COM

Indonesia sukses menggeser dominasi tuan rumah Malaysia dalam perolehan medali. Sudah 22 medali emas diraih kontigen Indonesia di hari kedua.

Secara total, kontingen Merah-Putih berhasil mendulang total 42 medali, dengan rincian 22 medali emas,9 perak dan 11 perunggu. Hasil ini menjadikan Indonesia berada dipuncak klasemen sementara. Sedangkan, Malaysia sendiri berada di urutan kedua dengan raihan 18 emas, 16 perak dan delapan perunggu.

Setelah pagi harinya mendulang 11 emas dari cabang olahraga renang, sore harinya giliran atletik yang silih berganti menyumbangkan medali emas. Sebanyak sembilan medali emas dihasilkan dari cabang olahraga ini, kemudian cabang angkat berat berkontribusi sebanyak dua medali emas melalui Nur Jannah Kamsyah yang tampil di nomor 41Kg, dan Ni Nengah dinomor 45 Kg.

CdM kontingen Indonesia, dr. Bayu Rahadian mengaku bangga dengan perjuangan para atlet Indonesia yang mampu membalikkan keadaan dalam hal perolehan medali atas Malaysia, di mana pada hari pertama perhelatan, tuan rumah mampu menyapu bersih tujuh medali emas dari cabang olahraga sepeda, sedangkan Indonesia hanya kedapatan dua medali perunggu.

"Alhamdulillah agak ringan sedikit jalannya," ucap CdM kontingen Indonesia dr Bayu Rahadian dengan senyum sumringah di posko kontingen, Senin (18/9) sebagaimana dikutip dalam siaran pers.

"Luar biasa para atlet. Dari pagi kita sudah dibuka dengan medali emas hingga sore hari dengan total 22 medali emas, sehingga kita tak terpengaruh dengan kehebatan tuan rumah saat meraup tujuh emas dari balap sepeda," tambahnya.

Baca juga
Lokakarya NBA di 6 Kota

Mengomentari raihan para atlet, Bayu mengatakan jika telah terjadinya pergeseran, namun pergeseran itu berdampak positif bagi Indonesia.

"Moment ini harus dipertahankan, karena semangat itu yang lebih utama. Kondisi sesuai dengan terget bahkan dari beberapa target yang tadi agak sedikit bergeser, alhamdulillah bergeser keatas. Insya Allah besok agak bergeser lagi keatas," pungkasnya.

Sementara itu Presiden National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Seny Marbun mengaku gembira dengan raihan para atlet. Menurutnya semangat para atlte Indonesia sangat tinggi.

"Ini awal yang bagus dan akan memotivasi atlet lainnya untuk mendulang prestasi. Kondisi ini makin mempersolid kekuatan Indonesia untuk meraih 107 medali emas sekaligus memastikan merebut juara umum," kata Marbun.

Disisi lain, peringkat ketiga ada Vietnam dengan 8 emas, 8 perak, dan lima perunggu. Thailand menyusul di urutan keempat dengan 7 emas, 12 perak, dan 13 perunggu.

Myanmar melengkapi lima besar klasemen sementara perolehan medali ASEAN Para Games 2017 Kuala Lumpur, dengan perolehan dua emas, satu perak, dan tiga perunggu. Singapura menyabet satu emas, empat perak, dan enam perunggu. Negara lainnya seperi Laos, Kamboa, Filipina, Timor Leste dan Brunei belum mendapat medali emas.

Baca juga
Laura Sukses Sembahkan Emas Pertama bagi Indonesia

  • facebook share

RELATED NEWS

Jokowi Resmikan Empat Venue

Jokowi Resmikan Empat Venue

ACTUAL
M. Fadli Ikuti Lomba Lari

M. Fadli Ikuti Lomba Lari

ACTUAL
Ring Tinju Tertinggi di Dunia

Ring Tinju Tertinggi di Dunia

ACTUAL
Politeknik Olahraga Indonesia di Palembang

Politeknik Olahraga Indonesia di Palembang

ACTUAL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company