Manfaat Penerapan Augmented Reality bagi Industri Sepakbola

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Movicom | Editor: Andi Wahyudi | 19 September 2017

SPORTKU.COM

Inilah keuntungan yang akan didapatkan pelaku industri sepakbola dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR).

Saat ini, segala upaya dilakukan oleh tim sepakbola untuk mencari cara baru untuk bisa terhubung atau lebih dekat dengan penggemarnya. Sebelumnya, mereka menyajikan segala info tentang klub mereka melalui sosial media, website, video, email, hingga siaran streaming agar para penggemar, terutama penggemar yang berada di belahan bumi yang berbeda merasa tak berjarak.

Namun, meski demikian, cara-cara tersebut dianggap sudah kuno dan telah mencapai titik maksimal. Sehingga tim sepakbola yang kini didominasi oleh orientasi industri yang menginginkan pendapatan lebih besar tentu mencari cara agar bisa menambah pemasukan bagi klub.

Sebenarnya, dengan perkembangan teknologi saat ini, penerapan Augmented Reality (AR) dapat dikatakan sebagai solusi baru bagi tim sepakbola untuk memperluas jaringan mereka sekaligus menambah pundi-pundi kantong mereka.

AR sendiri dalam pengertiannya merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekadar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Penggunaan AR dianggap sebagai langkah jitu. Pasalnya, teknologi yang dapat dikatakan baru ini akan menyajikan sesuatu yang unik dan berbeda dengan sebelumnya mengingat teknologi AT ini dapat menyisipkan informasi tertentu ke dalam dunia maya dan menampilkannya di dunia nyata dengan bantuan perlengkapan khusus, seperti webcam, computer, smartphone, kaca mata khusus, hingga yang paling sederhana dengan media kertas yang sebelumnya diberi barcode khusus.

Berikut lima contoh penerapan AR yang dapat digunakan dalam sepakbola:

Penerapan AR untuk Promosi

Penerapan teknologi realitas tertambah ini pernah diterapkan oleh Adidas pada tahun 2011 dengan mengenalkan produk terbaru mereka, yakni jersey utama Tim Nasional Skotlandia di sebuah kawasan belanja di Glasgow.

Promosinya cukup unik lantaran orang yang ingin melihat jersey baru timnas kebanggaan mereka harus terlebih dahulu berdiri di satu titik, kemudian akan ada tampilan punggawa Timnas Skotlandia yang tengah memamerkan kostum tanding mereka meski pemain Skotlandia tak berada di situ, namun semacam terjadi interkasi yang sangat unik dan menarik.

Baca juga
Indonesia Puncaki Klasemen Sementara ASEAN Para Games 2017

Penerapan AR di Tempat Terbuka

Klub peserta Liga Inggris, Southampton FC menjadi klub pertama yang tercatat memanfaatkan teknologi AR untuk kampanye pemasaran klub. Mereka menggunakan media banner yang terpasang di Kota Southampton yang dapat discan untuk mengakses informasi situs klub, marchendise klub, sampai pembelian tiket.

Selain itu, beberapa fitur unik seperti menempatkan foto mereka sendiri yang seolah-olah sedang bersama pemain Southampton dimana mereka bisa langsung membagikan foto mereka melalui email, Facebook, dan Twitter.

Penerapan AR di Logo Klub untuk Informasi

Salah satu peserta Major League Soccer (MLS), The San Jose Earthquakes telah melalukan gebrakan pada tahun 2012 lalu dengan menjadikan logo klub mereka sebagai sumber informasi. Teknologi AR, logo klub bisa menampikan informasi klub dalam tampilan video.

Jadi setiap orang yang memiliki jersey The San Jose Earthquakes di belahan dunia manapun bisa menikmati teknologi ini.

Penerapan AR Koran Interaktif

The Sunday Times merupakan salah satu koran di Inggris yang kini menerapkan teknologi AR. Hasilnya konten dalam koran tersebut menjadi lebih variatif dan di sisi komersil, penjualan koran tersebut pun meningkat.

Langkah tersebut diikuti oleh tim kasta rendah Inggris, Frickley Athletic. Mereka menggunakan majalah klub sebagai media untuk menampilkan tayangan highlights tim. Hasilnya, tim tersebut kini cukup terkenal kendati bukanlah tim besar.

Penerapan AR untuk Memasarkan Produk Non Sepakbola

Sepakbola saat ini menjadi industri lantaran banyaknya produk yang digandeng seagai sponsor meski produk tersebut bukanlah produk yang berhubungan dengan sepakbola.

Salah satu produk non sepakbola yang memiliki konsern dengan sepakbola adalah produk minuman bir asal Jerman bernama Budweiser. Agar produknya bisa banyak terjual, mereka menerapkan teknologi AR pada kaleng.

Budweiser yang sempat menjadi sponsor penyelenggaraan Piala FA pada tahun 2012 lalu itu lewat teknologi AR menjadikan kaleng minuman menjadi piala FA dengan menggunakan media AR.

Melihat contoh-contoh di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan AR di sepakbola sangat bagus dalam penerapan starategi untuk membangkitkan minat suporter agar lebih dekat dengan tim sepakbola yang ia gemari. Di masa depan, teknologi ini mungkin akan berkembang lebih hebat lagi.

Baca juga
Aguero Diambang Rekor Gol Baru

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Sean Gelael Dapat Penghargaan IMI

Sean Gelael Dapat Penghargaan IMI

HOT ISSUE
Daftar Pemenang IMI Award 2017

Daftar Pemenang IMI Award 2017

HOT ISSUE
Bengkel Bos Kasih Oli Gratis

Bengkel Bos Kasih Oli Gratis

HOT ISSUE
Evalube Eksis di Pameran Manufacturing

Evalube Eksis di Pameran Manufacturing

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company