Berawal dari Gokart, Ildo Akhirnya Pilih Slalom

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi,Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 19 September 2017

SPORTKU.COM

Ketertarikan seorang Ildo dengan dunia balap memang sudah terjadi selama beberapa tahun. Hingga akhirnya merasa tertarik dengan dunia slalom.

Banyak pebalap Tanah Air yang tidak setia pada satu cabang balap saja, kebanyakan mereka melakoni dua atau lebih cabang balap secara bersamaan. Meski kadang tidak ada kaitannya antara satu dengan yang lainnya, seperti balap touring dan sprint rally, ini merupakan cabang balap yang berbeda dari penggunaan mobil serta lintasan yang dilaluinya. Kendati demikian, meskipun berbeda genre, namun pebalap Indonesia terbilang multi talenta dengan kemampuan yang ada.

Baca juga
Saat Crosser Nasional Uji Royal Enfield Classic 500

Salah satu pebalap muda yang juga mencicipi lebih dari satu cabang balap, Ildo, mulai menceritakannya seperti apa awal karir balapnya hingga bisa bergabung di bawah naungan Nos Fajar Trans Slalom Team (NFT Slalom Team). Di awal karirnya, pria yang gemar menggonta-ganti warna rambutnya ini terjun di ajang gokart. Saat itu, Ildo, melakoni balap gokart selama dua tahun, yakni dari 2006 hingga 2007 dan kemudian pindah ke drag race hingga selanjutnya bergelut di rally tarmac.

"Pertama kali ikut balap itu di gokart tahun 2006-2007. Dari gokart saya pindah mulai mencicipi balap lain seperti drag race, dan juga ikut di kejurda rally tarmac," cerita Ildo. Jika ditelisik, antara cabang balap yang pernah ditekuninya, sangat berbeda. Gokart, merupakan balap single seater yang menggunakan mobil khusus, sedangkan drag race dan rally tarmac, juga menggunakan dan spesifikasi mobil yang berbeda. Untuk itu, pebalap yang tahun ini ikut dalam Kejurnas Slalom 2017, menceritakan seperti apa adaptasi yang ia lakukan.

Baca juga
Cerai dari McLaren, Honda beralih ke Toro Rosso

"Kalau adaptasi dari gokart ke sprint tarmac atau time attack, hampir sama karena masih menggunakan sirkuit aspal. Jadi mungkin cara bawanya masih sama dengan basic di gokart. Kalau drag race sendiri, ya seperti yang kita tahu hanya memacu kendaraan di lintasan lurus dengan kecepatan tinggi. Karena saya sudah main di beberapa olahraga tadi, sehingga tidak sulit untuk beradaptasi," tambah Ildo.

Namun, naluri muda yang terus berapi-api akhirnya menjerumuskan Ildo ke dunia slalom. Menurut pria yang juga seorang penyanyi ini, slalom memiliki tingkat ketangkasan yang lebih rumit dibandingkan beberapa cabang balap lainnya. Terlebih untuk slalom, penggunaan rem tangan dan pengoperan transmisi menjadi fokus utama dalam balapan ini.

"Begitu masuk slalom, saya banyak belajar tentang hal baru. Karena slalom itu susah-susah gampang, soalnya ada main rem tangan, transmisi gigi harus cepat di oper, dan kesulitannya yang paling berbeda itu memakai rem tangan dan tikungan yang sangat patah-patah, sehingga awalnya agak sulit tetapi tahun demi tahun dan masuk tahun ketiga saya mulai beradaptasi dengan baik," beber Ildo.

Setelah resmi berseragam NFT Slalom Team, Ildo, tidak hanya bisa mempelajari teknik bagaimana menaklukan soal slalom, melainkan juga bisa mempelajari bagaimana sikap dalam bekerjasama di dalam tim. Seperti apa cerita menarik Ildo selanjutnya? Simak penuturannya hanya di SPORTKU!

Baca juga
IRC Siapkan Ban Balap Radial

  • facebook share

RELATED NEWS

Populasi Model Mercedes-Benz di ISSOM

Populasi Model Mercedes-Benz di ISSOM

TOURING
Penyesuaian Valentino Ratulangi Berbuah Podium

Penyesuaian Valentino Ratulangi Berbuah Podium

GYMKHANA
Alasan Anjasara Eksis di Kejurda

Alasan Anjasara Eksis di Kejurda

GYMKHANA
Apresiasi IMI Jabar untuk Kejurda

Apresiasi IMI Jabar untuk Kejurda

GYMKHANA

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company