Akankah Tahun Ini Milik PSG?

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Squawka | Editor: Andi Wahyudi | 20 September 2017

SPORTKU.COM

Dengan biaya transfer berlimpah dan penampilan memukau di awal musim, akankah Paris Saint-Germain (PSG) sukses di musim ini?

Dunia dikejutkan dengan aktivitas transfer PSG di bursa transfer musim panas kali ini dengan mendatangkan Neymar seharga 222 juta euro atau sekitar Rp3,5 triliun dari kesebelasan Barcelona. Hal ini menjadikan pemain asal Brasil itu menjadi pemain termahal di dunia sepanjang sejarah.

Tak sampai disitu, Klub asal Paris itu juga sukses mendatangkan Kylian Mbappe dari klub rival sekaligus pesaing mereka musim lalu, AS Monaco dengan status pinjaman. Meski demikian, PSG diwajibkan membayar uang transfer sebesar 180 juta euro atau sekitar Rp3,1 triliun.

Bila ditotal, maka musim ini PSG telah mengeluarkan biaya lebih dari 400 juta euro untuk musim ini. sebuah angka yang fantastis hanya untuk mendatangkan dua pemain mengingat di sisi lain, AC Milan yang mengeluarkan biaya sebesar 200 juta euro sanggup mendatangkan 11 pemain baru.

Meski begitu, nampaknya Manajemen PSG tak salah menginvestasikan biaya besar dengan hanya merekrut dua pemain baru itu. Nyatanya, baik Neymar maupun Mbappe mampu tampil gemilang di awal-awal laga yang dijalani klub berjuluk Les Parisiens itu. Bergabung bersama Edinson Cavani, ketiganya membentuk poros MNC dan menjadi trio maut yang menakutkan bagi pertahanan lawan.

Neymar dan Mbappe pun mampu cepat beradaptasi dan langsung berkontribusi. Neymar sejauh ini sudah mencetak 4 gol dan 4 assist dalam 4 pertandingan di Ligue 1, sementara Mbappe sukses menyarangkan satu gol dari dua laga yang ia jalani bagi PSG. Bila ditotal dengan gol milik Cavani, maka 14 gol tercipta.

Tajamnya lini depan PSG membuat posisi klub tersebut sukses bertengger di posisi pertama di Ligue 1. Dari 6 laga yang mereka jalani, klub yang bermarkas Stadion Parc des Princes sukses meraih poin sempurna tanpa satu pun kekalahan.

Tak hanya itu, PSG tercatat tercatat sebagai tim paling produktif lantaran telah mengoleksi 21 gol dan sekaligus tim yang paling sulit dibobol lantaran baru kemasukan 3 gol sejauh ini.

Di Liga Champions, PSG menunjukan tekad untuk bisa memenangkan trofi tersebut di musim ini setelah musim lalu langkah mereka terhenti di babak 16 besar. Pada laga pembuka musim ini, Les Rouge-et-Bleu sukses mengalahkan Celtic dengan skor akhir cukup mencolok, yakni 5-0.

Baca juga
Singapura Tuan Rumah Voli Pantai Asia Tenggara

Meski demikian, PSG diprediksi belum akan bisa memenangkan gelar Liga Champions musim ini. meskti tampil baik sebagaimana mereka tunjukan sejauh ini di awal musim.

Mantan pemain Real Madrid dan AS Monaco, Raul Morientes mengaku bahwa klub asal Paris itu levelnya masih di bawah Madrid yang notabene pemenang ajang Liga Champions dalam dua musim berturut-turut.

“PSG sekarang menjadi salah satu tim yang difavoritkan untuk menjuarai Liga Champiosn, meski demikian, untuk menyamai level Real Madrid saat ini, anda tak hanya membeli pemain bagus, tetapi juga bagaimana pemain bisa bermain sebagai tim,” ujar Morientes seperti dikutip Marca.

Hal ini mungkin didasari oleh belum terjalinnya kerjasama dalam skuat PSG. Ketidakkompakan justru terlihat dalam laga melawan Olympique Lyon dalam lanjutan Ligue 1 pada Minggu (17/9), dimana Neymar dan Cavani bertengkar dalam merebutkan tendangan pinalti dalam laga yang berakhir 2-1 kemenangan bagi PSG.

Dikabarkan kedua pemain yang tergabung dalam trio MNC itu nyaris baku hantam di ruang ganti tim PSG sebelum akhirnya dipisahkan oleh Thiago Silva. Dampak dari perkelahian ini, Neymar dikabarkan meminta Nasser Al Khelaifi selaku pemilik klub untuk menjual Cavani.

Situasi ini pun diibaratkan bagai makan buah simalakama atau suatu situasi kondisi yang serba salah. Cavani bagaimana pun merupakan pemain senior di PSG dimana ia berjasa dalam membuat nama klub menjadi ditakuti dalam beberapa tahun terakhir. Sementara Neymar—yang juga dikontrak menjadi duta Piala Dunia Qatar—yang kini menjadi anak emas di klub tentu akan terus mengedepankan egonya.

Memang perselisihan antara kelihatannya sepele, namun masalah ini mungkin menjadi bencana bagi PSG yang menginginkan untuk memenangkan semua gelar di musim ini. Paling tidak perlu adanya ketegasan sekaligus solusi yang cepat untuk mencegah permusuhan tetap berlanjut.

Baca juga
Dua Pesaing Kuat Dumolin

  • facebook share

RELATED NEWS

Sean Gelael Dapat Penghargaan IMI

Sean Gelael Dapat Penghargaan IMI

HOT ISSUE
Daftar Pemenang IMI Award 2017

Daftar Pemenang IMI Award 2017

HOT ISSUE
Bengkel Bos Kasih Oli Gratis

Bengkel Bos Kasih Oli Gratis

HOT ISSUE
Evalube Eksis di Pameran Manufacturing

Evalube Eksis di Pameran Manufacturing

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company