MotoGP Indonesia 2019 Sangat Realistis

Text : Suhartono | Editor: Dedi Hermawan | 20 September 2017

SPORTKU.COM

Dorna Sports memastikan Thailand untuk menjadi salah satu tuan rumah MotoGP 2018. Peluang Indonesia bagaimana?

Pelambang memang gagal menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Motocross bertajuk Motocross Grand Prix (MXGP). Namun jangan patah hati. Sebab, Palembang yang berlokasi di Sumatarea Selatan masih terbuka peluangnya untuk menyelenggarakan ajang balap yang lebih bergengsi lagi yakni MotoGP. Realistisnya, Palembang bisa jadi tuan rumah MotoGP pada tahun 2019 mendatang.

Sebelumnya, Indonesia memang menargetkan menjadi salah satu negara penyelenggara MotoGP pada tahun 2018. Namun harapan itu terpaksa kandas karena slot yang ada sudah dimiliki oleh Thailand. Bahkan Thailand juga ditunjuk menjadi salah satu lokasi tes pramusim MotoGP 2018 pada bulan Februari nanti. Di mana sirkuit ini menggantikan Phillip Island, Australia yang selama ini digunakan.

Namun begitu, Palembang masih terbuka kesempatannya untuk masuk kalender MotoGP. Perancang sirkuit Hermann Tilke percaya bahwan Jakabaring Sport Center, Palembang akan siap menjadi tuan rumah MotoGP Indonesia pada tahun 2019 mendatang. Sebelumnya juga muncul rencana untuk memodifikasi ulang Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat yang menjadi tuan rumah MotoGP pada tahun 1996-1997 silam.

Baca Juga
Gerry Salim Berpeluang Kunci Juara Umum ARRC 2017 di India

Akan tetapi rencana mega proyek tersebut macet dan kini fokus telah beralih ke pembuatan sirkuit baru di Palembang yang akan mendapat keuntungan dari pembangunan infrastruktur terkait penyelenggaraan Asian Games 2018. CEO Dorna Carmelo Ezpeleta sendiri memang menginginginkan MotoGP kembali ke Indonesia yang merupakan salah satu pasar utama MotoGP.

Tilke yang diminta untuk merancang dan membangun sirkuit di Palembang mengatakan jika Indonesia secara realistis bisa saja menggelar MotoGP pada tahun 2019. "Entah itu benar-benar terjadi pada 2019 atau 2020, saya tidak bisa mengatakannya. Tapi dari pihak kita, 2019 realistis," katanya dikutip dari Speedweek.

Setelah keluarnya China sebagai penyelenggara MotoGP pada tahun 2008, Jepang dan Malaysia kini merupakan satu-satunya tuan rumah di Asia. Sedangkan masuknya Thailand membuat balapan motoGP 2019 akan menjadi 19 seri. Dengan kemungkinan musim 2019 nanti balapan diperbanyak menjadi 20 seri.

Baca Juga
Yamaha Akai Jaya Juara Umum di Dua Kelas Utama Kejurnas Motoprix 2017
Tuan Rumah Kejuaraan Volley Pantai Asia Tenggara

  • facebook share

RELATED NEWS

Bonek Bikin Meriah HDC Surabaya

Bonek Bikin Meriah HDC Surabaya

ROAD RACE
Parade Jatuh Kejurnas IRS 2017

Parade Jatuh Kejurnas IRS 2017

INDOSPEED
Gerry Salim Jadi Guru Balap

Gerry Salim Jadi Guru Balap

ROAD RACE
Hasil Kualifikasi HDC Surabaya

Hasil Kualifikasi HDC Surabaya

ROAD RACE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company