Pesepakbola Pertama Pengguna Kaca Mata di Piala Dunia

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Youtube,Corriere Della Sera | Editor: Dedi Hermawan | 22 September 2017

Pesepakbola Pertama Pengguna Kaca Mata

SPORTKU.COM

Siapa pesepakbola pertama yang menggunakan kaca mata dalam pertandingan Piala Dunia. Ternyata berasal dari Indonesia, siapa dia?

Di era 90-an, pesepakbola Edgar Davids menjadi salah satu pemain paling ikonik. Selain karena kemampuan individualnya sebagai gelandang bertahan yang dikenal memiliki visi bermain yang luar biasa, ia juga dikenal lantaran menggunakan kaca mata saat bertanding.

Pertama kali ini menggunakan kaca mata adalah saat ia bermain di Juventus. Saat itu, ia terpaksa menggunakannya lantaran ia menderita glukoma atau gangguan penglihatan yang ditandai dengan terjadinya kerusakan pada saraf optik yang biasanya diakibatkan oleh adanya tekanan di dalam mata.

Meski demikian, gangguan penglihatan yang ia alami tak membuat pemain yang mendapatkan julukan Pitbull oleh pelatih Tim nasional (Timnas) Belanda saat itu, Luis Louis van Gaal itu bermain buruk, justru penampilannya semakin baik.

Dapat dikatakan hanya cederalah yang membuat karirnya sempat tersendat di pengujung karir sepakbolanya. Tak heran, Davids pun abadi dalam ingatan legenda sepakbola dunia, Pele yang memasukan namanya dalam daftar 100 pesepakbola terbaik sepanjang masa.

Edgars Davids (youtube)
pesepakbola-kaca-mata-580051c8aa40a39.jpg

Meski demikian, Davids bukanlah pemain pertama yang menggunakan kaca mata ketika ia berlaga dalam sebuah pertandingan. Di Eropa sendiri, ada nama Annibale Frossi, legenda Inter Milan di era 30-an.

Baca juga
Satu Dekade Swift Club Indonesia

Bermain bersama Inter, Frossi dengan kaca mata tebalnya menjadi pemain yang sukses mengantarkan klub menjuarai Serie A sebanyak dua kali dan sebuah gelar Coppa Italia.

“Kacamata saya membawa keberuntungan, dan mungkin karena kacamata itulah saya jadi populer,” ungkap Frossi seperti dikutip dari laman resmi Inter Milan.

Karir sepakbola Frossi sendiri sebenarnya bukanlah karir yang diidamkan oleh orang tuanya. Lahir di keluarga kaya, ia di sekolahkan untuk menjadi dokter seperti ayahnya, Dr Cesare Giuseppe Frossi. Namun kecintaanya kepada sepakbola membuat ia akhirnya menjadi pemain profesional. Saat pensiun, ia sempat melatih Inter dan juga sibuk menulis di koran sebagai kolumnis.

Annibale Frossi (Corriere della Sera)
pesepakbola-kaca-mata-824379b7746e8f8.jpg

Kisah Frossi sendiri ternyata ada yang menyamai, yakni oleh pesepakbola asal Hindia Belanda (kini Indonesia), Achmad Nawir. Sebagai seorang dokter, ia menggunakan kaca mata saat bemain sepakbola.

Yang membuat nawir popular adalah ia tercatat sebagai pesepakbola pertama yang menggunakan kaca mata dalam pertandingan Piala Dunia, tepatnya saat Piala Dunia 1938 yang diselenggarakan di Prancis.

Nawir sendiri tercatat sebagai kapten dalam laga melawan Timnas Hongaria, meski akhirnya langsung kalah 0-6, namun pemain yang bermain di kesebelasan Houdt Braaf Stand (HBS) Soerabaja itu menjadi kapten pertama sekaligus terakhir lantaran hingga kini Indonesia tak lagi mampu menembus ajang piala dunia.

Baca juga
Massimiliano Allegri: Kemenangan Penting bagi Juventus

  • facebook share

RELATED NEWS

Sean Gelael Dapat Penghargaan IMI

Sean Gelael Dapat Penghargaan IMI

HOT ISSUE
Daftar Pemenang IMI Award 2017

Daftar Pemenang IMI Award 2017

HOT ISSUE
Bengkel Bos Kasih Oli Gratis

Bengkel Bos Kasih Oli Gratis

HOT ISSUE
Evalube Eksis di Pameran Manufacturing

Evalube Eksis di Pameran Manufacturing

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company