Menanti Federer dan Nadal Bersanding di Piala Laver

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : Laver Cup | 22 September 2017

Menanti Federer dan Nadal Bersanding

SPORTKU.COM

Nadal dan Federer berduel sudah biasa. Tapi bagaimana kalau mereka bersanding sebagai pemain ganda?

Acara laga tenis Laver Cup atau Piala Laver akan digelar di lapangan keras O2 Arena, Praha, Ceko 22 - 24 Sepetember 2017. Kemeriahan dan keseruan event ini telah dinanti dan akan dipadati para penggemar tenis dunia. Membludaknya antusiasme penonton terbukti hingga tiket pun ludes terjual.

Kompetisi tenis yang terbilang baru ini akan digelar setiap tahun kecuali saat ada Olimpiade Musim Panas. Acara ini berwal terinspirasi oleh golf Ryder Cup. Turnamen tenis ini dikhususkan untuk kelas pria antara dua tim yaitu Tim Eropa dan Tim Dunia, yang terdiri dari para pemain non Eropa. Turnamen akan berlangsung dua minggu setelah AS Terbuka, dengan lokasi berputar.

Turnamen ini dinamai Laver Cup, untuk menghormati legenda tenis Australia Rod Laver, salah satu petenis terbesar dalam sejarah tenis dunia. Rod Laver, yang kini berusia 79 melakukan perjalanan ke Praha dari kediamannya di Carlsbad, California. Dia adalah satu-satunya pemain tunggal pria yang menyelesaikan dua Grand Slam, memenangkan keempat turnamen besar di tahun yang sama yaitu pada tahun 1962 dan 1969. Dia berada di atas panggung pada hari Rabu bersama tim di Old Town Square yang penuh sesak untuk sebuah upacara penyambutan.

Legenda Rod Laver melambaikan tangan saat upacara pembukaan di Praha, Ceko, Rabu (20/9)laver-cup-2017-19548eabe0635b2.jpg

Roger Federer's management company, TEAM8, Brazilian businessman and former Davis Cup player Jorge Paulo Lemann, dan Tennis Australia adalah mereka yang bermitra hingga terciptanya Piala Laver.

Kompetisi ini akan mengadu enam pemain top Eropa melawan enam rekan mereka dari seluruh dunia. Akan ada 12 pertandingan yang dimainkan selama tiga hari (sembilan single dan tiga ganda), dengan jumlah poin diberikan untuk kemenangan setiap hari. Setiap pemain akan berlaga satu atau dua kali untuk nomor tunggal, dengan setidaknya empat dari enam pemain tersebut mengambil bagian dalam nomor ganda. Semua pertandingan akan dimainkan sebagai best-of-three, dengan tiebreaker 10 poin jika bermain ke set ketiga.

Rival sejati tenis dunia, legenda Björn Borg dari Swedia (Eropa) dan John McEnroe dari Amerika Serikat (tim Dunia) keduanya akan menjadi kapten untuk tiga edisi pertama. Wisatawan dan penggemar tenis yang telah berkumpul di kota sarat sejarah Praha ini tak sabar untuk menyaksikan acara anyar yang dibintangi petenis nomor satu dunia Rafael Nadal, No.2 Roger Federer, Alexander Zverev, Dominic Thiem, Marin Cilic, Tomas Berdych, Nick Kyrgios, John Isner, Sam Querrey, Jack Sock, Denis Shapovalov dan Frances Tiafoe.

"Senang bertemu dengan kalian lagi. Untuk melihat semua pemain di atas panggung di kota yang indah ini. Saya tidak sabar untuk menghabiskan waktu seminggu bersama para petenis hebat dan mudah-mudahan bermain sangat baik di akhir pekan." ujar Roger Federer

Ditambahkan oleh Kapten Tim Eropa, Bjorn Borg: "Saya merasa terhormat menjadi kapten Tim Eropa. Saya tahu ini akan menjadi kompetisi yang hebat, satu hal yang pasti, kita di sini untuk menang. "

Jika selama ini Federer dan Nadal selalu dinanti sebagai duel sejati, namun pada kali ini mereka akan bersanding sebagai pasangan ganda. Bjorn Borg pun akhirnya menyebut pasangan 'Fedal" akan ditunggu-tunggu.

Federer, yang meraih medali emas Olimpiade di nomor ganda di tahun 2008, belum pernah memainkan nomor ganda putra sejak tahun 2015. Sedangkan Nadal meraih medali emas Olimpiade tahun lalu bersama Marc López namun baru memainkan satu turnamen ganda musim ini.

"Di sisi lapangan mana Anda biasanya bermain?" Nadal bertanya kepada Federer, mencoba untuk mencari tahu posisi lapangan untuk mereka nanti.

Federer mengatakan bahwa dia lebih sering bermain di lapangan deuce tapi ia menambahkan, "Bagi saya, Rafa yang memutuskan sisi mana yang ingin dia mainkan."

Ketika para wartawan bertanya pada Nadal tentang kerjasamanya nanti bersama Federer, dengan tawa lepas penuh kelakar ia menjawab "Saya akan membuat Federer menunggu. Bila Anda membuat seseorang menunggu, mereka akan lebih menghargainya, jadi karena itulah dia sangat senang."

Sedangkan Federer menimpali dengan seyum "Saya hanya berharap kita akan menang. Kita tidak menunggu terlalu lama, karena kita sudah terlalu tua sekarang."

Tim Eropa siap hadapi Tim Dunia di Piala Laver 2017

laver-cup-2017-69185017a0727fb.jpg

 

 

 

Baca Juga:
Satdion Arthur Ashe, Monumen Keberagaman dan Toleransi
Merdunya Para Petenis Dunia Bernyanyi

 

 

 



 

Save

Save

  • facebook share

RELATED NEWS

Singkirkan Nadal, Federer Sabet Shanghai-Masters

Singkirkan Nadal, Federer Sabet Shanghai-Masters

TENNIS
Nadal Raih Gelar Keenam

Nadal Raih Gelar Keenam

TENNIS
Federer Pahlawan Kemenangan Tim Eropa

Federer Pahlawan Kemenangan Tim Eropa

TENNIS
Duet Federer-Nadal Sukseskan Tim Eropa

Duet Federer-Nadal Sukseskan Tim Eropa

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company