Pebalap Indonesia Jadi Bahan Tertawaan di Luar Negeri

Text : Suhartono | Photo / Video : Sportku.com | Editor: Andi Wahyudi | 22 September 2017

SPORTKU.COM

Ali Adrian Rusmiputro menjadi salah satu pebalap Indonesia yang konsisten tampil di ajang balap internasional.

Pebalap asal DKI Jakarta kelahiran 29 September 1993 silam itu sekarang menjadi satu-satunya wakil Indonesia di ajang World Supersport (WSSP) 300. WSSP yang menjadi bagian dari Kejuaraan Dunia World Superbike (WSBK) bukan hanya satu-satunya balapan yang diikuti Adrian. Namun sudah banyak event balap internasional di kawasan Eropa yang dia ikuti.

Membicarakan Ali Adrian, kini tak lepas dari sosok penting David Garcia. Dia adalah pemilik Sirkuit Almeria di Spanyol yang menjadi managernya bersama Pertamina Almeria Racing Team. Di bawah pengawasan langsung David Garcia, Adrian dipoles kemampuan balapannya. Demi menempa ilmu dan meningkatkan skill balapnya, Adrian pun rela meninggalkan keluarga tercintanya untuk menetap di Eropa.

Di mata seorang David Garcia, Adrian adalah sosok pekerja keras. David Garcia melihat ada potensi tinggi yang dimiliki oleh Adiran sebagai seorang pebalap. David Garcia sempat salah sangka saat pertama kali bertemu Adrian yang dikiranya pebalap asal Malaysia. Kesan pertama David Garcia terhadap Adrian ternyata membuatnya tertarik untuk menjadikannya pebalap dunia.

"Saya melihat dia latihan di lintasan. Ternyata kencang juga, lebih kencang dari yang saya duga. Lalu saya coba kasih dia masukan dan dia bisa melakukannya dengan tepat. Langsung saya bilang, saya mau kamu!" cerita David Garcia menceritakan kisahnya saat bertemu pertama kali dengan Adrian.

Baca Juga
Fakta! Rekor Stoner Bisa Ungguli Rossi

David Garcia juga melihat belum ada pebalap Indonesia yang terkenal di dunia. Bahkan saat dia mencari sponsor untuk Adrian di Spanyol pun tak ada yang mau. Justru tanggapan sinis yang dia dapatkan saat itu. Tak bisa mencari sponsor di Spanyol, David Garcia pun menggantungkan nasibnya ke Indonesia hingga akhirnya terjalin kerjasama dengan Pertamina.

"Saya tidak tahu banyak pebalap asal Asia, saya hanya tahu dari cerita. Pebalap Indonesia atau Asia, begitu juara di negaranya biasanya ingin langsung masuk ke Moto2. Begitu di Moto2 mereka bingung, ada di posisi belakang. Akhirnya setelah satu tahun mereka pulang ke negaranya. Pebalap Asia, kecuali dari Jepang jadi bahan tertawaan di kalangan balap motor," beber David.

Hal itu juga dialami oleh David Garcia saat dirinya mengambil keputusan untuk menggaet Adian. "Orang-orang Spanyol menertawakan saat saya ingin membantu Adian. Kenapa membantu pebalap Indonesia? Mereka gak bagus, lebih baik bantu pebalap Spanyol. Saya bilang tidak, saya ingin bantu pebalap Indonesia yang satu ini," katanya.

"Tidak begitu berbeda (pebalap Asia dan Eropa), yang berbeda adalah dasarnya. Pebalap Eropa, ketika masih muda sudah punya banyak sponsor. Setiap perusahaan punya pebalap untuk didukung, setidaknya di Spanyol seperti itu. Tapi lihat hasilnya, Marc Marquez, Pedrosa, Maverick Vinales, tiga pebalap Spanyol ada di tiga besar MotoGP. Mengapa demikian? Karena mereka mendapat banyak bantuan sejak muda hingga ke MotoGP," tutup David Garcia.

Baca Juga
Kesan David Garcia Pertama Kali Ketemu Ali Adrian (Video)
Pesepakbola Pertama Pakai Kacamata di Piala Dunia

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Sean Gelael Dapat Penghargaan IMI

Sean Gelael Dapat Penghargaan IMI

HOT ISSUE
Daftar Pemenang IMI Award 2017

Daftar Pemenang IMI Award 2017

HOT ISSUE
Bengkel Bos Kasih Oli Gratis

Bengkel Bos Kasih Oli Gratis

HOT ISSUE
Evalube Eksis di Pameran Manufacturing

Evalube Eksis di Pameran Manufacturing

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company