Modifikasi Makassar Masih Didominasi Motor Matik

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 25 September 2017

SPORTKU.COM

Kota Makassar, Sulawesi Selatan menjadi lokasi ke-6 digelarnya kontes modifikasi Suryanation Motorland pada akhir pekan lalu.

Ratusan motor modifikasi memadati pelataran parkir Mall Phinisi Point, Makassar, Sulawesi Selatan. Tercatat sebanyak 155 builder dari berbagai aliran mengikutsertakan karya terbaik mereka di ajang kontes modifikasi Suryanation. Garapan dari genre matik masih terlihat mendominasi.

Antusias pecinta custom culture di Makassar juga sangat tnggi. Hal ini bisa terlihat dari peserta kontes yang terpilih. Mereka sudah mempersiapkan motor-motornya dengan konsep kustom yang menarik, dengan tngkat kreatvitas yang luar biasa dari segi teknik dan kerajinan tangan.

"Kalau di Makassar kali ini paling banyak matik dan scrambler. Kalau aliran cafe racer trendnya semakin menurun, karena motornya egois nggak bisa boncengan. Kalau scrambler kan bisa buat boncengan, dan faktor lainnya karena struktur jalan kita lihat scrambler juga mulai menurun," ungkap Tommy Dwi Djatmiko.

Baca Juga
Pedrosa Kesal dengan Ulah Rossi di Aragon

Memang, dari sekian banyak kelas yang dilombakan di Suryanation Makassar 2017, peserta paling banyak terdapat di kelas matik dan scrambler. Di mana pada dua kelas tersebut masing-masing berhasil menjaring sebanyak 37 kontestan.

"Terbanyak peserta matic custom, mungkin karena di sini banyak komunitas motor matik. Peserta di kelas scrambler juga banyak," sambung Mastom dari rumah modifikasi Mastom Custom Jakarta.

Ada beberapa hal yang menjadi catatan menarik para juri. Mastom yang mewakili para juri lainnya seperti Lulut Wahyudi asal Jogja dari Retro Classic Cycles dan Bimo Hendrawan dari Bimo Custombike mengatakan jika para modifikator di Kota Makassar masih sangat lemah di konsep. Padahal konsep merupakan hal penting dalam menciptakan karya modifikasi.

"Karena kita ada penilaian juri masing-masing. Tapi ada debat juri untuk menentukan posisi (Best of The Best). Jika detailnya bagus, kelasnya sama, ada berbagai macam pertimbangan teknis, saftey dan kalau masih imbang, maka kita tanyakan mana pengantar karyanya. Konsep menjadi penilaian terakhir, makannya si pengantar karya harus benar-benar niat banget," tutup Mastom.

Baca Juga
Suzuki Rilis 5 Warna Teraru All New Satria F150
Strategi Mulus Haridarma Menuju Podium Kemenangan

  • facebook share

RELATED NEWS

JCC 2017 ‘Tebus Dosa Emisi’

JCC 2017 ‘Tebus Dosa Emisi’

MODIFICATION
Grand Final Kontes Modifikasi Honda

Grand Final Kontes Modifikasi Honda

MODIFICATION
Kontes Modifikasi Ala SMA Al-Azhar

Kontes Modifikasi Ala SMA Al-Azhar

MODIFICATION
Trike Kustom Hadiah Pengunjung Kustomfest

Trike Kustom Hadiah Pengunjung Kustomfest

MODIFICATION

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company