5 Profesi Lain Pengadil Lapangan

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Youtube,as English,twitter,reddit,metropolitan,eurosport Asia | Editor: Andi Wahyudi | 26 September 2017

5 Profesi Lain Pengadil Lapangan

SPORTKU.COM

Ternyata pekerjaan sebagai wasit bukanlah pekerjaan utama. Berikut ini profesi asli para pengadil lapangan. 

Menjadi wasit merupakan salah satu mata pencaharian bagi sebagian orang. Bertugas sebagai pengadil lapangan, wasit dituntut untuk melakukan tindakan yang objektif dalam menentukan keputusan yang bisa diterima oleh kedua tim yang sedang bertanding.

Lantaran tugas tersebut, pekerjaan menjadi wasit menjadi sebuah profesi yang dapat dikatakan cukup menguntungkan. Sebagai contoh, dikutip dari situs resmi PSSI, bayaran wasit di Indonesia rata-rata Rp5 juta per pertandingan. Sebuah jumlah yang cukup besar mengingat pekerjaan mereka tak sampai dua jam. Tentunya di Eropa yang kualitas wasitnya lebih baik bisa mendapatkan bayaran yang lebih tinggi.

Meski menggiurkan, nyatanya banyak wasit yang hanya menjadikan pekerjaan sebagai pengadil lapangan adalah pekerjaan sambilan lantaran mereka sebelumnya sudah memiliki pekerjaan tetap. Berikut lima pekerjaan asli dari seorang wasit:

Nicola Rizzoli

Nicola Rizzoli (Twitter)

5-profesi-lain-pengadil-662534638a35511.jpg

Italia tak hanya melahirkan seniman sepakbola berbakat, tetapi juga wasit yang hebat. Salah satunya adalah Nicola Rizzoli. Wasit yang sudah dipercaya memimpin laga di Serie A pada tahun 2010 lalu itu dianggap sebagai salah satu wasit terbaik di dunia.

Nama Rizzoli bahkan dimasukan ke dalam daftar 5 wasit terbaik di abad 21 oleh Soccer 360. Wasit yang kini sudah menyatakan pensiun pada Juli 2017 lalu itu sehari-hari bekerja sebagai arsitek.

Pierluigi Collina

Pierluigi Collina (Eurosport Asia)

5-profesi-lain-pengadil-7959982e8a981ad.jpg

Jika ditanya siapa pesepakbola terbaik sepanjang masa, maka akan banyak jawaban berbeda. Namun bila ditanya siapa wasit terbaik sepanjang masa, tentu semua akan serentak mengucapkan nama Pierluigi Collina.

Wasit asal Italia itu tercatat mendapatkan gelar wasit terbaik dunia versi IFFHS selama 6 tahun berturut-turut terhitung sejak 1998 hingga 2003. Sayang, di tahun 2005 lalu, ia mengundurkan diri dari dunia yang telah membesarkan namanya. Sebagai lulusan sarjana ekonomi, sehari-hari waist berkepala plontos itu bekerja sebagai penasihat keuangan.

Bibiana Steinhaus

Bibiana Steinhaus (As English)

5-profesi-lain-pengadil-14269f3f5247bff.jpg

Nama Bibiana Steinhaus menjadi buah bibir beberapa waktu lalu lantaran namanya tercatat sebagai wanita pertama yang memimpin pertandingan di Bundesliga yang notabene merupakan liga tertinggi di Jerman.

Wanita 38 tahun itu sendiri diketahui pekerjaan sehari-harinya adalah seorang polisi. Meski demikian, tak membuat dirinya terlihat keberatan untuk menjalani dua peran sekaligus.

Baca juga
Guardiola: Manchester City Bukan Barcelona

Cuneyt Cakir

Cuneyt Cakir (Reddit)

5-profesi-lain-pengadil-84014d2d31198fb.jpg

Cuneyt Cakir saat ini dapat dikatakan sebagai wasit terbaik asal Turki. Pasalnya, ia sudah dipercaya untuk memimpin pertandingan utama yang ada dalam agenda FIFA, sebut saja Euro 2012, Piala Dunia 2014, sampai Final Liga Champions pada tahun 2015 silam.

Ketika di lapangan, Cakir terlihat sebagai wasit berdarah dingin yang tak mau banyak beragumen dengan pemain atas kebijakannya. Uniknya, meski dikenal pendiam, nyatanya wasit yang memulai karir pada tahun 2001 ini ternyata memiliki pekerjaan utama sebagai agen asuransi.

Howard Webb

Howard Webb (Sport Ilustrated)

5-profesi-lain-pengadil-975226f6201b148.jpg

Bagi penikmat kompetisi Liga Primer Inggris, tentu sering melihat Howard Webb. Pasalnya, wasit berkepala plontos ini seringkali ditugaskan untuk memimpin laga-laga yang dianggap orang merupakan pertandingan bigmatch.

Wasit yang kini sudah pensiun itu ternyata tercatat sebagai polisi di wilayah South Yorkshire dimana namanya tercatat sebagai kesatuan di tempat tersebut sejak tahun 1993. Ia sendiri sempat vakum selama lima tahun menjadi polisi, namun pada tahun 2013 Webb kembali bertugas sebagai polisi.

Baca juga
Demas Agil Siapkan Amunisi Baru

  • facebook share

RELATED NEWS

Lima Gol Terbaik Zlatan Ibrahimovic

Lima Gol Terbaik Zlatan Ibrahimovic

TOP 5
Lima Klub Indonesia Berubah Nama

Lima Klub Indonesia Berubah Nama

TOP 5
Lima Tim yang Harusnya Lolos

Lima Tim yang Harusnya Lolos

TOP 5
5 Pebalap Indonesia di Moto2

5 Pebalap Indonesia di Moto2

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company