Uji Ketangkasan All New Chevrolet Colorado 2017

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 28 September 2017

Menikmati All New Chevrolet Colorado

SPORTKU.COM

Diluncurkan Apri lalu, PT General Motors memberikan kesempatan untuk media dalam mencicipi kendaraan baru mereka di lintasan semi offroad.

All New Chevrolet Colorado resmi mendarat di pasar otomotif Indonesia sejak April 2017 lalu. Membawa beberapa fitur baru yang diunggulkan, menjadi alasan bagi PT General Motors untuk mengajak beberapa rekan media guna merasakan langsung kenikmatan berkendara All New Chevrolet Colorado di lintasan semi offroad.

Panorama bukit kawasan Desa Pelangi, Sentul, Bogor, Jawa Barat, menjadi teman singkat dalam mencumbu mobil yang memiliki sistem penggerak empat roda. Meskipun diselimuti udara sejuk khas Puncak, namun tidak menyulutkan rasa penasaran saya untuk merasakan sensasi All New Chevrolet Colorado.

Kali ini, PT General Motors telah menyiapkan sebuah lintasan yang harus saya taklukan. Jalan berbatu serta tanah liat yang siap melumat permukaan pattern ban, akan menjadi tantangan yang harus saya lewati. Bermodalkan wejangan dari instruktur mengenai fitur kendaraan dan karakter lintasan, akhirnya saya diberi kesempatan untuk menguji ketangguhan sistem penggerak empat roda yang dimiliki All New Chevrolet Colorado.

Baca juga:
TIM DRIFTING PERTAMAX SIAP TEMPUR

Dalam pengetesan pertama saya menggunakan All New Chevrolet Colorado LT, saya dihadapkan dengan jalan menurun penuh bebatuan. Medan ini disuguhkan untuk menguji crawling, sehingga saya diwajibkan untuk melepas gas dan kopling mobil namun dengan persneling di posisi satu.

Berbekal fitur penggerak 4L (low), mobil pun tetap melaju namun dengan akselerasi yang sangat terbatas. Jika dirasa akselerasi mobil terlalu pelan, instruktur pun menyarankan saya untuk menaikan persneling ke posisi dua. Di sinilah fitur penggerak empat roda yang dibenamkan pada All New Chevrolet Colorado bekerja dengan baik. Meskipun dihadapkan dengan jalan bebatuan yang menurun, namun mobil tetap berada dalam laju yang aman dan tidak menggelosor ke bawah.

Beruntung cuaca saat itu sehabis hujan, sehingga membuat pengujian pun semakin lebih terasa. Dengan kondisi tersebut, lagi-lagi, fitur penggerak empat roda yang diasupkan menjadi andalan saya untuk menaklukan rintangan. Kontur tanah yang tidak biasa memang memaksa saya untuk terus mengkoreksi arah mobil, hal ini disebabkan karena permukaan tanah yang begitu lembut. Usai melewati rintangan tanah, instruktur mengarahkan saya untuk bisa melibas jalan menanjak yang penuh bebatuan.

Pengujian di segmen ketiga ini juga turut memberikan adrenalin yang kuat. Untuk lebih memaksimalkan pengetesan, jalan yang menanjak tersebut difungsikan juga sebagai media untuk merasakan maksimalnya sistem penggerak empat roda. Dalam kondisi tersebut, untuk kedua kalinya instruktur saya, Robby Prakoso, kembali menyarankan saya untuk melepas gas dan kopling. Namun, posisi persneling harus berada di posisi kedua. Inilah sebuah keunggulan yang dibawa oleh All New Chevrolet Colorado, kondisi jalan menanjak bebatuan mobil ini tetap bisa menanjak dengan perkasa.

Baca juga:
MOURINHO: ROMELU LUKAKU LUAR BIASA

Dalam sesi pengetesan, saya turut mencoba varian matik yang dibawa. Dari dua kali pengetesan, baik manual maupun matik, tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Hanya saja perbedaan tersebut berada pada akselerasi yang ditimbulkan. Jika menggunakan transmisi manual, maka kita bisa lebih mengatur buka tutup gas. Sementara pada varian matik, kemudahan yang kita dapatkan karena terbantu dengan fitur Hill Descent Control (HDC) dan Electronic Stability Control (ESC). Oiya, sebelum menutup artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara pengoperasian fitur 4x2 dan 4x4 yang ada pada All New Chevrolet Colorado ini.

Bagi pemilik All New Chevrolet Colorado versi manual, anda harus terlebih dahulu menginjak pedal kopling dalam-dalam dan memutar konsol penggerak ke arah paling kanan. Setelah itu, Anda harus memperhatikan dashboard atau multi information display (MID) ketika instrumen empat roda sudah menyala berwarna orange, berarti fitur tersebut telah aktif. Jika dijalan aspal normal, Anda bisa mengoperasikannya dalam keadaan berjalan hingga kecepatan maksimal 120 kpj, namun untuk merubahnya dari 4L ke 4x2, Anda harus berada dalam kecepatan kurang dari 20 kpj.

Lalu untuk varian matik, dalam pengoperasiannya, Anda cukup memposisikan persneling ke posisi netral, lalu tunggu sebenar dan putar konsol pengatur penggerak ke posisi paling kanan. Informasi pengatifan fitur tersebut juga akan tampil di monitor MID. Sebagai informasi tambahan, kedua varian yang dilepas ke pasar ini dibanderol dengan harga Rp 410 juta (varian LT MT) dan Rp 523 juta (High Country AT).

  • facebook share

RELATED NEWS

Sensasi New Honda Jazz

Sensasi New Honda Jazz

TEST DRIVE
Highlights New Honda CR-V

Highlights New Honda CR-V

TEST DRIVE
Aksi Lincah New Honda CR-V

Aksi Lincah New Honda CR-V

TEST DRIVE
New Honda CR-V Berlimpah Fitur

New Honda CR-V Berlimpah Fitur

TEST DRIVE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company