Nih, Perbedaan Balap Motocross dan Grasstrack

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 29 September 2017

SPORTKU.COM

Indonesia dikenal sebagai negara dengan kultur beragam. Bukan hanya mengenai budayanya, tapi soal balapan juga banyak ragamnya.

Banyak jenis balapan di Indonesia yang memiliki jumlah penggemar tak sedikit, baik dari sirkuit aspal maupun tanah. Akan tetapi jika membicarakan balap tanah, pastinya akan melirik ke dua jenis berikut yakni motocross dan grasstrack. Secara kasat mata kedua genre balap tersebut memang terlihat sama.

Namun jika dipantengin secara mendalam ternyata motocross dan grasstrack memiliki banyak perbedaan. Yang paling menjadi perbedaan mendasar antara keduanya adalah dari motor balap yang digunakan. Berikut ulasan mengenai perbedaan antara balap motocross dan grasstrack versi SPORTKU.com.

1. Motocross
Ajang balap motocross biasanya menggunakan motor jenis special engine (SE), ini adalah motor offroad dengan spesifikasi hanya dipakai di lintasan balap bukan untuk di luar sirkuit. Semua bagian pada motor didesain dengan sangat simpel, bahkan fitur-fitur yang tak lagi diperlukan harus dilepas. Maka jangan heran jika mendekati motor balap motocross tak lagi ditemukan indikator kecepatan, rpm, lampu depan hingga lampu rem dan sein.

Spesifikasi motor balap motocross juga memiliki suspensi yang didesain dengan travel panjang untuk keperluan jumping. Selain itu, ukuran ring ban juga besar. Hal ini bertujuan untuk sisi keamanan saat motor harus melibas trek yang penuh obstacle dan unpredictable. Biasanya ban depan berukuran 21inci dan belakang 19inci.

"Mesin pada motor balap motocross juga didesain mengutamakan akselerasi untuk putaran bawah bukan untuk putaran atas atau nafas panjang," jelas Ari Anggoro, crosser senior yang sudah malang melintang di berbagai ajang balap garuk tanah di Indonesia.

Baca Juga
5 Pebalap dengan Aksi 'Nakalnya' Hingga Diskualifikasi

2. Grasstrack
Sementara grasstrack merupakan jenis olahraga balap motor di lintasan offroad. Motor balap yang digunakan adalah yang dijual bebas di pasaran. Untuk bisa digunakan di ajang balap grasstrack, maka motor tersebut harus dilakukan modifikasi ulang di berbagai bagian, sehingga layak dan aman untuk balap.

"Modifikasi untuk motor yang digunakan di ajang grasstrack biasanya dilakukan pada seputar suspensi dan tentunya mesin. Untuk jenis motor tertentu juga dilakukan modifikasi pada rangka. Ban dan velg sudah pasti juga harus diganti," sambung Ari yang sering kali mendesain sirkuit balap motocross.

Dari segi perlombaan, motocross dan grasstrack ternyata juga memiliki perbedaan. Balapan motocross dijalankan berdasarkan hitungan menit bukan jumlah lap. Sedangkan grasstrack menggunakan jumlah lap sebagai acuan untuk pengibaran bendera finish. Jumlah lap bervariasi, tergantung kelas perlombaan dan panjang sirkuit yang digunakan.

Nama kelas yang digunakan antara motocross dan grasstrack juga berbeda. Motocross penamaan kelas berdasarkan kapasitas mesin atau cc. Lain halnya dengan grasstrack yang berdasarkan jenis motor, misalnya bebek standar, bebek modif, sport, FFA dan lain sebagainya.

"Biasanya ajang balap motocross untuk Kelas MX2 berlangsung selama 30menit plus 2 lap. Lalu untuk kelas di bawahnya waktunya semakin pendek sesuai kelas dan kapasitas mesin. Di beberapa negara di Asia dan Inggris grasstrack juga ada," pungkas Ari. Di Indonesia sendiri, kedua jenis balapan ini masuk dalam agenda Kejuaraan Nasional (Kejurnas).

Baca Juga
Footstep Billet AHRS Cocok Untuk Motor Balap
Travic, Satukan Bikers Penggeber Motor Trail Viar

  • facebook share

RELATED NEWS

Pebalap Enggan Gunakan Ban Tubeless

Pebalap Enggan Gunakan Ban Tubeless

DID U KNOW
Kenali Karakter Fork MTB

Kenali Karakter Fork MTB

DID U KNOW
Tip XC Untuk Rider 50+

Tip XC Untuk Rider 50+

DID U KNOW
Tips XC di Track Basah

Tips XC di Track Basah

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company