Ali Adrian Bikin Pemerintah 'Melek' Balap

Text : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 2 October 2017

Adrian Bikin Pemerintah 'Melek' Balap

SPORTKU.COM

Ali Adrian, hampir merampungkan perjalanan panjangnya di ajang World Supersport (WSSP) 300 musim 2017.

Perjalanan panjang pebalap asal DKI Jakarta tersebut patut diapresiasi. Membalap di salah satu Kejuaraan Dunia memang bukan hal mudah. Terlebih dengan kurangnya dukungan pemerintah yang selama ini menjadi dambaan untuk semua pebalap. Termasuk pula bagi Ali Adrian yang membalap di salah satu kelas dalam seri World Superbike (WSBK).

Ali Adrian, meski membawa nama Indonesia di kancah balap internasional, namun merasa masih kurang mendapat perhatian dari pemerintah maupun pihak terkait seperti halnya Kemenpora (Kementrian Pemuda dan Olahraga). Meski begitu, pebalap kelahiran 29 September 1993 silam itu tak parah semangat.

Ali Adrian yang mampu memberikan warna tersendiri dalam dunia balap Tanah Air, ternyata juga membuat pemerintah semakin 'melek' terhadap ajang balap. Sebab, banyak putra bangsa yang mampu mengukir prestasi sehingga bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Maka dari itu, dukungan pemerintah tetap selalu diharapkan dan harus ada.

"Sebetulnya banyak Ali Adrian yang lain. Olahraga balap motor ini sudah lama kita ketahui dan anak-anak muda kita (Indonesia) sangat menggemari. Kita bisa lihat ketika MotoGP main, itu berapa juta orang bisa menonton mungkin bisa melebihi konser musik. Bahkan orang Indonesia ada yang datang saat MotoGP main di Malaysia," buka Eko Sulistyo selaku Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi.

Dari uraiannya tersebut, Eko tak menampik jika arena balap motor sudah menjadi bagian dari olahraga yang digemari masyarakat. Akan tetapi, pemerintah sendiri mengaku sulit untuk bisa mengakomodir semua penghobi balap motor. Apalagi kembali mendatangkan tontonan MotoGP ke Indonesia seperti tahun 1996/1997 silam.

Baca Juga
Kenali Bagian-Bagian Terpenting Wearpack

Kendala yang hingga kini masih belum terpecahkan untuk bisa mendatangkan event sekelas MotoGP memang masalah sirkuit. Indonesia tak memiliki sirkuit yang layak untuk balapa MotoGP. Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat yang sejak awal sangat getol untuk kembali menjadi tuan rumah MotoGP pun harus gigit jari.

"Tapi ketika kita melihat sarana yang ada, setahu saya baru ada satu (sirkuit bertaraf internasional) di Sentul. Itu juga dimiliki pihak swasta. Tapi jika kita bicara masalah itu (sirkuit), kita masih menghadapi kondisi ekonomi yang prioritasnya belum ke arah sana. Tapi itu dipikirkan oleh pemerintah."

"Karena sarana ini tidak hanya untuk mendukung atau mensupport anak-anak muda seperti Ali Adrian agar bisa tampil maksimal, tapi kaitannya juga dengan turisme (pariwisata), ekonomi kreatif dan sebagainya," sambung Eko yang hadir langsung dalam acara nobar aksi Ali Adrian di WSSP Prancis, Minggu (1/10) di kawasan Bintaro.

“Perhatian Pak Jokowi terhadap dunia balap sangat tinggi. Buktinya, misalnya orang tua Ali Adrian (Erin Rusmiputro) pernah bertemu menyampaikan mengenai balapan sepeda motor. Bahkan itu sebelum menjadi presiden, saat masih menjadi Gubernur DKI Jakarta.”

“Presiden sangat konsen karena ingin tahu bagaimana management arena, terus kebutuhan lahan yang diperlukan untuk sebuah arena bertaraf internasional. Ketika menjadi presiden juga pernah mengikuti pembicaraan mengenai sirkuit. Tapi mungkin karena masih slowdown economic, sehingga prioritasnya belum ke arah situ,” tutup Eko.

Sementara itu, kedatangan Eko di ajang nobar kali ini juga menjadi salah satu bentuk dukungan pemerintah terhadap kiprah para pebalap nasional yang berlaga di ajang internasional seperti halnya Ali Adrian.

Baca Juga
Hasil Grand Final Kejurnas Motocross Jogja 2017
Lima Insiden Rebutan Penalti

  • facebook share

RELATED NEWS

Métailler Terancam Absen di Rampage

Métailler Terancam Absen di Rampage

HOT ISSUE
Aktivitas Marquez-Pedrosa di Tangerang

Aktivitas Marquez-Pedrosa di Tangerang

HOT ISSUE
Michelin Indonesia Gandeng Marquez-Pedrosa

Michelin Indonesia Gandeng Marquez-Pedrosa

HOT ISSUE
Marquez-Pedrosa Gaungkan Safety Riding

Marquez-Pedrosa Gaungkan Safety Riding

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company