Cross Triathlon: Olahraga untuk Menguji Ketahanan dan Petualangan

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: wikipedia,triathlon,trextriathlon | 4 October 2017

Mengenal Cross Triathlon

SPORTKU.COM

Cross Triathlon atau yang juga dikenal dengan X-Tri adalah cabang lain dalam olahraga atau perlombaan triathlon.

X-Tri muncul pertama kali pada tahun 1996 pada sebuah perlombaan di Maui, Hawaii, yang kemudian berkembang menjadi seri XTERRA yang terkenal di dunia.

Persatuan Triathlon Internasional (International Triathlon Union/ITU) mengadakan perlombaan tahunan Cross Triathlon Championship setiap tahunnya. Selain itu, XTERRA Triathlon adalah seri off-road perorangan setiap tahun di Maui.

Baca juga:
Cavendish Beraksi di Jerman

Setelah empat tahun menggelar kejuaraan kontinental, persatuan triathlon internasional (/ITU) mengadakan Kejuaraan Dunia Cross Triathlon pertama pada bulan April 2011 di Extremadura, Spanyol. Kejuaraan ini berlangsung di komplek "The Ring", sebuah fasilitas olahraga luar ruangan yang sangat inovatif.

Di Indonesia sendiri, X-Tri memang belum terlalu populer. Namun demikian, olahraga ini mulai bergeliat. Hal itu ditandai dengan digelarnya kejuaraan Rhino X-Tri di Tanjung Lesung, Banten, akhir September lalu.

X-Tri vs Triathlon

Sebagaimana triathlon, X-Tri melombakan tiga format olahraga, yakni renang, bersepeda dan lari. Perbedaan yang paling nyata terletak lintasan bersepeda dan lari. Pada X-Tri, lintasan yang digunakan adalah jalan setapak atau alam dan menggunakan sepeda gunung (MTB). Demikian juga lintasan yang digunakan pada nomor lari, yang menggunakan jalan setapak dengan medan yang juga bervariasi.

Dengan adanya perbedaan pada karakter lintasan yang dilalui peserta, terutama pada nomor bersepeda dan lari, para peserta membutuhkan teknik tersendiri, yang berbeda dari balapan triathlon konvensional.

Jarak pada nomor renang X-Tri adalah 1km, bersepeda gunung 20 sampai 30km dan lari antara 6 sampai 10km.

Untuk nomor renang biasanya dilakukan di laut, sungai atau danau. Pada lintasan sepeda off-road mungkin memiliki beberapa tanjakan dan keturunan yang berat dan bahkan memiliki tingkat teknis yang tinggi.

X-Tri membutuhkan tingkat keterampilan bersepeda yang lebih tinggi, berlawanan dengan tuntutan kecepatan dan daya tahan yang tinggi. Hal itu sangat berbeda dengan bersepeda di jalan raya, seperti pada triathlon konvensional.

Sedangkan pada lintasan untuk lari (trail run) biasanya menggunakan jalur yang sama dengan sepeda off-road. Lintasan yang digunakan berupa jalan setapak, yang mendaki dan menurun di kawasan perbukitan atau sisi gunung, melalui hutan, sungai dan rintangan alami dan sesekali juga terdapat rintangan buatan manusia.

Renang pada X-Tri dilakukan di laut, sungai atau danau

rhino-x-tri-tanjung-lesung-25953dcadde2f8b.jpg

 

Baca juga:
MENPORA INGINKAN LIGA SEPAKBOLA WANITA

  • facebook share

RELATED NEWS

Arung Jeram Indonesia Berjaya

Arung Jeram Indonesia Berjaya

EXTREME SPORT
Mengenal Bagian Inti Skateboard

Mengenal Bagian Inti Skateboard

EXTREME SPORT
Indonesia Raih Podium Pertama

Indonesia Raih Podium Pertama

EXTREME SPORT
Tim Indonesia Berlatih Lebih Awal

Tim Indonesia Berlatih Lebih Awal

EXTREME SPORT

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company