Mantan Pebalap Pro Norman Alvis Cetak Rekor Jam

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Dok. Norman Alvis | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Cyclingnews | 4 October 2017

Mantan Pebalap Pro Cetak Rekor Jam

SPORTKU.COM

Mantan pebalap yang pernah berlaga di ajang tour dunia, Norman Alvis  berhasil mencetak rekor jam dunia.

Norman (54 tahun) mencetak rekor dunia Master dengan menempuh jarak sepanjang 49,392km di velodrome indoor, di Colorado Springs, Colorado, AS, (29/9).

Uniknya, mantan pebalap profesional Tour de France itu menggunakan smartphone-nya untuk memfilmkan dirinya dengan naik roller di garasinya.

Ini adalah usaha kedua Norman tahun ini. Semasa menjadi pebalap professional, Alvis, yang berlomba di Olimpiade di nomor Team Time Trial (TTT), memegang rekor waktu di AS dalam 51,505km dari tahun 1997, sampai dengan Tom Zirbel mengalahkannya dengan 53,037km pada tahun 2016.

Upaya pemecahan rekor jam makin marak dilakukan dalam beberapa tahun terakhir setelah pebalap pro Jens Voigt membuat rekor baru (51.110km) pada tahun 2014, diikuti oleh Matthias Brändle, Rohan Dennis, Alex Dowsett dan, akhirnya, Bradley Wiggins, yang memegang rekor dunia saat ini, dengan 54.526km, di London pada tahun 2015.

Baca juga:
HIGHLIGHTS KEJUARAAN MTB XCM TANJUNG LESUNG

Dalam balapan amatir AS, 'Master' menunjukkan kompetisi kelompok usia, dan waktu Alvis cukup baik karena tidak hanya pada kelompok umurnya saja yang mencapai 50+, tapi juga untuk kelas 40+ dan 30+.

"Saya berani bertaruh, Wiggins memaksa dirinya sendiri karena naik dalam kategori pro, bukan 30-34 saat dia memiliki kesempatan," canda Alvis setelah memecahkan rekor.

Norman Alvis sendiri berlomba secara profesional dari tahun 1989 sampai 1998 untuk tim 7-Eleven, Motorola dan Saturnus. Dia berkompetisi di Tour de France 1990, dan Giro d'Italia 1990, 1992 dan 1993. Dia juga memenangkan balapan nasioanal jalan raya AS pada tahun 1995.

Sementara itu, rekor dunia wanita saat ini dipegang oleh Evelyn Stevens dengan 47,980km yang diciptakannya di Colorado Springs tahun 2016 lalu.

Norman Alvis usai memecahkan rekor jam jam Master dunia 

mantan-pebalap-pro-cetak-990230078b8f69b.jpg

Baca juga:
MOBIL BALAP RETRO MASIH BERJAYA

 

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Roche-Hermans Pimpin  BMC di Tiongkok

Roche-Hermans Pimpin BMC di Tiongkok

ROAD BIKE
 Ulissi Juara Tour Turki

Ulissi Juara Tour Turki

ROAD BIKE
Target Bahrain-Merida di Tiongkok

Target Bahrain-Merida di Tiongkok

ROAD BIKE
Lotto-Soudal Rekrut Pebalap Muda

Lotto-Soudal Rekrut Pebalap Muda

ROAD BIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company