Karel Abraham, Pebalap MotoGP 'Karbitan'

Text : Suhartono | Photo / Video : Dok.Karel Abraham | Editor: Andi Wahyudi | 4 October 2017

SPORTKU.COM

Karel Abraham, pebalap MotoGP yang satu ini memang tak setenar Valentino Rossi. Namun dia pernah menjadi perbincangan panas publik.

Karel Abraham merupakan pebalap motor berkebangsaan Ceko. Lahir pada tanggal 2 Januari 1990, Abraham memiliki karir yang moncer di kejuaraan dunia. Aktivitasnya di kejuaraan dunia dimulai sejak musim 2005 di Kelas 125cc. Saat itu Abraham membalap untuk tim Semprucci Cardion Blauer dan mengakhiri balapan tanpa satupun poin.

Tahun 2006 Abraham memutuskan untuk tetap berkompetisi di Kelas 125cc. Meski tetap mengandalkan motor balap Aprilia, namun Abraham hijrah ke Cardion AB Motoracing Racing Team. Tak banyak prestasi yang ditorehkan oleh pebalap bernomor 44 tersebut. Dia hanya mengoleksi 8 poin dan menduduki peringkat 24 klasemen akhir.

Dengan prestasi yang kurang menonjol di Kelas 125cc, Abraham naik ke Kelas 250cc pada tahun 2007. Tetap bersama Cardion AB Motoracing Racing Team dengan motor Aprilia sebagai andalannya. Pada musim pembukanya di Kelas 250cc, Abraham hanya bisa menduduki posisi 16 berbekal 31 poin. Tahun 2007 juga menandai pergantian nomer balap Abaraham menjadi 17.

Baca juga
KGB Gelar Sepeda Marathon Jakarta-Bandung

Tahun 2010, Abraham masih tetap balapan di kelas ini, bedanya Kelas 250cc diganti namanya menjadi Moto2. Abaraham pun tetap setia dengan duetnya Cardion AB Motoracing Racing Team dan Aprilia. Tahun 2010 menjadi musim terbaik Abaraham di kelas ini sekaligus menjadi yang terakhir kalinya. Di mana dia menempati posisi 10 klasemen akhir, lagi-lagi ini juga raihan terbaiknya dengan koleksi 96 poin.

Meski tak ada prestasi apik untuk karir Abraham di Moto2, dia mendapatkan tiket untuk masuk ke kelas utama MotoGP. Cardion AB Motoracing Racing Team masih menjadi tim yang setia dengan Abraham. Hanya saja, saat tim tersebut berganti motor dengan Ducati. Naiknya Abraham ke MotoGP juga sempat menjadi kontroversi.

Sebab dengan hanya bermodalkan dua podium di Moto2 2010 (saat itu Abraham berhasil finish ke-3 di Jepang dan ke-1 di Valencia), namun dia sudah lolos ke kelas premier. Kepindahannya memang sempat mendapat kritikan dari beberapa orang dan pebalap. Pebalap yang paling menentang dengan keputusan tersebut adalah Casey Stoner.

Wajar saja kalau Abraham dengan cepat bisa berpindah ke MotoGP. Sebab dia memiliki orang berpengaruh di belakangnya. Di mana dia sendiri merupakan anak dari Abraham Sr, pemilik Sirkuit Brno. Dan ternyata, Cardion AB juga dimiliki olah ayahnya sendiri. Dengan bergelimangnya harta, maka tak sulit bagi Abraham untuk dengan cepat membalap di MotoGP.

Baca Juga
Raport Merah Kejurnas Motocross 2017 Hingga Tewasnya Crosser

Musim perdananya di MotoGP berjalan cukup baik bagi Abaraham. Dirinya berhasil menduduki posisi ke-14 klasemen akhir dengan 64 poin. Begitu juga di musim 2012, Abraham tetap memertahankan posisinya di peringkat 14 meski hanya dengan 59 poin. Hingga musim 2013, Abaraham kembali lagi ke pangkuan Aprilia Racing Team.

Kembalinya Abraham di Aprilia justru tak membuahkan hasil yang lebih baik. Dia hanya kemas 5 poin dan harus puas bertengger di rangking 24. Masalahnya adalah Abraham sering kali mengalami kecelakaan hingga dia cedera. Abraham akhirnya digantikan oleh Luca Scassa di paruh musim kedua.

Musim 2015 Abraham mempunyai rumah baru di Honda. Mengendarai Honda RCV1000R, Abraham sukses meraih beberapa poin dari GP Qatar hingga GP San Marino. Namun sayang, di empat seri terakhir MotoGP 2014 dia justru gagal finish. Beruntung, saat menutup musim ini di Valencia dia bisa menyentuh garis finish ke-17. Abraham pun mengakhiri musim dengan 33 poin dan mendongkraknya ke peringkat 17.

Baca juga
Rio Haryanto Uji Mobil Formula E

Musim 2015, sama sekali tidak berjalan dengan baik dan bagaikan mimpi buruk bagi Abraham. Dia gagal meraih poin di musim itu, dia juga sempat bermasalah pada motor Honda RC213V-RS dan kondisi fisiknya. Hasil terbaiknya hanya finish ke-17 di GP Italia. Tempatnya pun sempat digantikan oleh 3 pebalap pengganti sekaligus yakni Toni Elias, Kousuke Akiyoshi, dan Anthony West dan tiganya pun gagal mendapatkan poin.

Pusing dengan torehan buruknya sepanjang balapan di MotoGP, tahun 2016 Abraham memutuskan untuk hijrah ke World Superbike (WSBK). Keputusan itu dia umumkan ke publik pada tanggal 21 November 2015. Milwaukee BMW Racing Team menjadi pilihannya. Di sana Abraham bermitra dengan pemenang British Superbike Championship 2015 Josh Brookes.

Sebelum akhirnya pada musim ini Abraham kembali lagi membalap di MotoGP bersama Pull&Bear Aspar Team, tim satelit milik Ducati. Abraham memang salah satu pebalap yang penuh kontroversi. Akan tetapi di balik prestasinya yang tak mentereng hingga menyandang pebalap MotoGP karbitan, Abraham juga memiliki keunikan tersendiri di banding pebalap lainnya.

Salah satu yang selalu menjadi berita menarik adalah bahwa Abraham adalah satu-satunya pebalap muslim di MotoGP. Sekilas, melihat nomor balap Abraham merupakan angka yang biasa saja yaitu 17. Namun, jika ditelaah lebih dalam, 17 memiliki banyak makna bagi orang muslim. Jumlah rakaat shalat fardu sehari semalam mencapai 17 rakaat, Al-Quran diturunkan pertama kali pada tanggal 17 Ramadhan.

Baca Juga
Mastom Custom: Modifikator Makassar Masih Lemah Konsep
Kenali Bagian-Bagian Terpenting Wearpack

  • facebook share

RELATED NEWS

Dari Sepakbola ke Tarik Suara

Dari Sepakbola ke Tarik Suara

PROFILE
Workshop Spesialis Mobil Peugeot

Workshop Spesialis Mobil Peugeot

PROFILE
Lapak Blackbar Motor Cycel Custom

Lapak Blackbar Motor Cycel Custom

PROFILE
Travic, Satukan Bikers Viar

Travic, Satukan Bikers Viar

PROFILE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company