Pengukuhan Resmi HOG Anak Elang Jakarta

Text : Suhartono | Photo / Video : HOG Anak Elang Jakarta,HOG Anak Elang Jakarta | Editor: Andi Wahyudi | 5 October 2017

Pengukuhan HOG Anak Elang Jakarta

SPORTKU.COM

Komunitas maupun sepeda motor di Jakarta sudah tak terhitung lagi jumlahnya. Baik itu kategori motor gede (moge) atau motor kecil.

Indonesia menjadi salah satu negara yang berkembang pesat sektor otomotif roda duanya. Sejalan dengan hal itu, komunitas atau klub bikers di Tanah Air juga tumbuh subur. Di Jakarta sendiri, setidaknya sudah ada lebih dari 100 komunitas atau klub yang anggotanya adalah para penggeber moge.

Salah satu komunitas moge yang eksis di Jakarta adalah Harley Owners Group (HOG) Jakarta Chapter. Klub moge tersebut sudah berdiri sejak tahun 1998. Saat itu masih dengan 10 member sebagai pendirinya. HOG Jakarta resmi dipimpin oleh Direktur pertamanya, Tito Sulistio pada saat tahun pertama deklarasi.

HOG Jakarta pun berkembang semakin besar. Awalnya dimulai dari 10 orang pendiri, kini anggota telah mencapai lebih dari 4.000 bikers. HOG Jakarta juga memiliki agenda rutin yang memberikan manfaat untuk para member dan masyarakat sekitar dengan tiga kegiatan utama berupa gathering, touring dan charity atau bakti sosial (baksos).

“Yang dinamakan Harley Owners Group adalah klub yang hanya bisa berdiri di bawah dealer resmi Harley-Davidson. Hanya melalui dealerlah, HOG dari setiap negara berkomunikasi dengan HDMC (Harley-Davidson Motor Company) serta anggotanya otomatis tercatat sebagai member HOG internasional,” jelas Suherli, Director HOG Jakarta.

HOG Jakarta awalnya berdiri di bawah dealer Harley-Davidson sebelumnya, yaitu Mabua Harley-Davidson. Namun ketika Mabua Harley-Davidson tutup pada sekitar tahun 2015, otomatis HOG tidak lagi memiliki naungan. Sejak tutupnya Mabua Harley-Davidson, HOG Jakarta juga tak lagi bisa berhubungan dengan HDMC. Pasalnya, komunikasi hanya dapat dilakukan via dealer resmi.

“Saat itu, mengikuti peraturan yang berlaku dari Harley-Davidson Motor Company, HOG Jakarta harus segera memutuskan untuk mencari dealer partner yang baru. Apalagi HDMC memutuskan untuk tidak memperpanjang registrasi HOG Jakarta di HDMC,” tutur Sahat Manalu, Director HOG Jakarta selama dua periode yaitu sejak tahun 2013 hingga 2017.

Ketika itulah, Sahat Manalu dan Suherli yang saat itu masih menjabat sebagai Director dan Assistant Director HOG Jakarta berupaya keras agar komunitas berlambang burung Elang ini dengan ribuan anggotanya tetap terdaftar di HOG internasional dan tetap eksis di Indonesia.

“Saat itu HOG Jakarta sudah berdiri selama lebih dari 15 tahun, dan anggotanya sudah biasa bernaung melakukan hobi motor bersama di bawah HOG Jakarta. Ribuan orang anggota telah berkegiatan bersama di dalamnya. Sudah tak terbilang jumlah kota, bahkan negara, yang kami jelajahi bersama. Kami sudah tumbuh bersama dalam klub ini, satu sama lain sudah bagaikan saudara. Kami tidak bisa melihat HOG Jakarta hilang. Satu-satunya cara adalah harus ada dealer resmi Harley-Davidson lagi di Tanah Air," tegas Suherli.

Baca Juga
Aksi Drifting Ken Block Menantang Maut (Video)

Untuk itu, setelah melalui berbagai pertimbangan termasuk restu dari keluarga besar HOG Jakarta, kedua biker senior inipun mengajukan permintaan untuk menjadi dealer resmi Harley-Davidson. Pada akhir 2016, berdirilah Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta sebagai dealer resmi moge asal Amerika dan berlokasi di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh HDMC, HOG Jakarta dapat terus mengacu pada HOG Internasional. Namun dikarenakan terdapat empat dealer resmi Harley-Davidson di Indonesia, dengan dua di antaranya berada di Jakarta, maka nama HOG Jakarta Chapter tak dapat lagi digunakan.

Setelah sempat digaungkan pada bulan Juni 2017 lalu, secara resmi pada hari Minggu, 24 September lalu, bertempat di Jenja, Cilandak Town Square (Citos), Jakarta Selatan, dilakukan peluncuran atau transformasi nama Harley Owners Group (HOG) Jakarta Chapter menjadi Harley Owners Group (HOG) Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia.

“Kami semua sangat mencintai grup yang telah menemani kami bermotor, khususnya motor Harley-Davidson. Sudah ribuan biker merasakan kehadiran HOG Jakarta Chapter Indonesia. Kami menyambut baik hal ini," cetus Herry Bachtiar, Assistant Director HOG Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia.

Grand launching HOG Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia juga dihadiri para founder dan bikers senior seperti Cornelio Vega, Eddy Kuntadi, Yukio Sujatim Martokoesumo, Herman Herry, serta Prima Baskoro.

Sementara, lebih dari 520 motor besar tampak memadati lokasi acara. Para biker ini berasal dari berbagai klub motor seperti dari Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI), Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI), Motor Besar Club (MBC), Bikers Brotherhood MC (BBMC), Harley-Davidson Pantai Mutiara (HDPM), Meddocs, Police Owners Group (POG), Sportster Indonesia, Pangpolers, Bikers Muslim, dan lain-lain.

Baca Juga
New Yamaha Fino Tampil Makin Keren dengan Ban Gambot
Tim UI Juara Kompetisi Perahu di Perancis

Para Direktur dan Wakil Direktur HOG Jakarta Chapter Indonesia
Tahun 2001 - 2003
Direktur: Tito Sulistio
Wakil Direktur: Cornelio Vega

Tahun 2003 - 2005
Direktur: Eddy Kuntadi
Wakil Direktur: Bobby Imam Satrio

Tahun 2005 - 2007
Direktur: Yukio Sujatim Martokoesumo
Wakil Direktur: Kasih Hanggoro

Tahun 2007 - 2009
Direktur: Herman Herry
Wakil Direktur: Huda N. Subarkah

Tahun 2009 - 2011
Direktur: Prima Baskoro
Wakil Direktur: Fahmi Matori

Tahun 2011 - 2013
Direktur: Huda N. Subarkah
Wakil Direktur: Budi Nugraha

Tahun 2013 - 2015
Direktur: Sahat Manalu
Wakil Direktur: Suherli

Tahun 2015 - 2017
Direktur: Sahat Manalu
Wakil Direktur: Suherli

Tahun 2017 – 2019
Direktur: Suherli
Wakil Direktur: Herry H. Bachtiar

  • facebook share

RELATED NEWS

Innova Community Tangerang Belajar Usaha

Innova Community Tangerang Belajar Usaha

ACTUAL
Accent-Er Resmikan Chapter Baru

Accent-Er Resmikan Chapter Baru

ACTUAL
Satria Depok Gelar Seminar

Satria Depok Gelar Seminar

ACTUAL
BCK Supermoto Genap 5 Tahun

BCK Supermoto Genap 5 Tahun

ACTUAL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company