Tips Ringan Merawat Motor Balap

Text : Suhartono | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 5 October 2017

SPORTKU.COM

Sama halnya dengan motor harian, motor balap juga perlu dirawat dengan sepenuh hati. Nih, tips patennya.

Menyinggung soal motor balap, tak ubahnya seperti motor harian. Di mana meski berstatus sebagai motor balap, namun keberadaannya juga tetap harus mendapat perhatian lebih. Gampang-gampang susah untuk bisa membuat motor balap agar tetap memiliki performa mumpuni dalam setiap laganya.

Ternyata, motor balap juga butuh perawatan rutin. Ada beberapa tips jitu untuk merawat motor balap. Bukan hanya agar motor tetap kinclong meski sedang terparkir di dalam garasi tatkala musim libur balap tiba. Usai motor digunakan untuk balap, namun kondisinya tetap harus dalam performanya terbaiknya.

"Tips perawatan motor balap, paling yang harus sering dicek adalah oli. Selain itu juga harus rajin-rajin cek kebocoran klep, kampas kopling. Jang lupa per klep juga harus sering dicek, sudah lemah apa belum dan cek angka buka tutup klep ada perubahan atau tidak, kalau ada perubahan harus dicek klepnya kemakan atau gak," buka Fabrianus Balank, pebalap yang turun di ajang Kejuaraan Nasional Indospeed Race Series (IRS).

Baca Juga
Kenali Bagian-bagian Terpenting Wearpack

Motor balap yang lama gak dipakai alias hanya nongkrong lama di garasi juga harus diberi perawatan. Menurut Balank, jika motor balap lama tak digunakan untuk turun ke sirkuit, maka kondisi magnet per klep diputar dalam kondisi TOP atau 0. "Kalau motor habis nyala dan tidak dipakai, jangan lupa di-TOP-in dan keadaan bebas (klepnya tertutup). Dalam arti bebas, per klep tidak dalam keadaan menekan," imbuh Balank.

Jika motor harian agar kinerja mesin bisa maksimal maka perlu dilakukan pemanasan terlebih dahulu, tapi tidak untuk motor balap. Jika per klep sudah dalam keadaan TOP, maka motor balap, menurut Balank tidak lagi perlu dipanasin seperti halnya motor harian.

Namun hal itu juga tergantung dari ECU yang digunakan pada motor balap tersebut. "Pengalaman saya yang pernah pakai ECU Aracer dan AP Tech, kalau mesin tidak dipanasin ECU bisa error. Dan sebaiknya untuk mengakalinya, aki +/-nya dicabut dan dijauhkan dari binatang pengerat seperti tikus," lanjutnya. 

Lebih lanjut, pemilik speedshoop FBalank128workshop itu mengatakan, yang paling rentan dan bisa gampang rusak dari motor balap adalah per klep dan ring seher. Satu lagi yang juga harus diperhatikan para pemilik motor balap, di mana lubang karbu atau throttle body harus dalam keadaan tertutup.

Baca Juga
Beda Balap Motocross dan Grasstrack
Raport Merah Kejurnas Motocross 2017 Hingga Tewasnya Crosser

  • facebook share

RELATED NEWS

5 Cara Perlindungan dari Matahari

5 Cara Perlindungan dari Matahari

DID U KNOW
Mengapa Mesin 2JZ Jadi Primadona?

Mengapa Mesin 2JZ Jadi Primadona?

DID U KNOW
Tips Memperkuat Cengkeraman

Tips Memperkuat Cengkeraman

DID U KNOW
Apa itu Crank Narrow-Wide?

Apa itu Crank Narrow-Wide?

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company