Tekanan Angin Punya Peran Penting dalam Balapan

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 6 October 2017

SPORTKU.COM

Tekanan angin pada ban kendaraan sering kali terabaikan, namun di ajang balap, siapa sangka bahwa ini memiliki peran penting, lho!

Untuk kendaraan pribadi yang digunakan sehari-hari, tekanan angin ban yang dianjurkan adalah berkisar dalam angka 34-35 psi. Meski telah menjadi patokan umum, namun kadang hal ini sering luput dalam ingatan pemilik kendaraan untuk selalu mengecek hal ini. Namun tidak begitu dalam hal balapan, rupanya tekanan angin yang dimasukan ke dalam ban, memiliki peranan yang sangat vital.

Bukan hanya perkara untuk mobil bisa berlari, melainkan tekanan angin ini juga memiliki tugas utama yakni memberikan grip secara penuh saat berakselerasi tinggi. Dalam beberapa kali berbincang dengan tuner (mekanik balap), saya sering kali mendapat input atau pengetahuan baru mengenai peranan tekanan angin. Tekanan tersebut pun berbeda-beda, mulai dari jenis balapnya, medannya (aspal, tanah, konblok, atau aspal berdebu), serta cuaca, semua memiliki tekanan angin yang berbeda.

Baca juga:
18 TIM PRO SIAP BERSAING DI MUSIM 2018

Pada dasarnya, tekanan angin juga harus diimbangi dengan settingan suspensi agar mobil menjadi lebih rigid. Untuk balap touring, tekanan angin harus disesuaikan dengan suhu lintasan. Bahkan, untuk tim papan atas, mereka pun harus kembali mengukur permukaan ban mulai dari sisi dalam, tengah dan luar. Ini tentunya untuk menyesuaikan seperti apa ketika tekanan angin telah bekerja di ruang ban.

Sementara itu, untuk di ajang slalom, tekanan angin juga berperan memberikan performa yang prima. Ambil contoh, ketika suspensi telah disetting sesuai dengan karakter lintasan dan pebalapnya, namun jika tekanan angin belum sesuai, maka bisa jadi mobil susah bermanuver atau sedikit lambat saat diajak menari di antara kun. Biasanya, settingan angin yang diberikan dalam ajang slalom, memiliki perbedaan antara pagi hari, siang dan sore hari, serta malam hari.

Mengapa demikian? Karena saat pagi hari udara cenderung masih sejuk, sementara siang, cuaca semakin panas, dan biasanya cuaca panas akan membuat tekanan angin lebih cepat memuai. Sementara di malam hari, udara kembali sejuk, tentunya harus berkali-kali untuk disetting berapa tekanan angin yang ideal. Beberapa tuner yang ditemui enggan membeberkan racikan tersebut dengan dalih khawatir dicontek lawan. Hahaha...

Baca juga:
TREK KEJURNAS DRIFT 2017 BERKARAKTER MEDIUM HIGH SPEED

Sementara untuk reli, yang balapan dalam dua medan, tarmac dan gravel, tuner biasanya memiliki settingan tekanan angin yang berkisar di 28-29 psi, atau mungkin bisa jadi kurang dari itu. Lalu pengaruhkah dengan kontur tanah atau aspal? Jelas, hal ini juga mempengaruhi medan yang akan dilibas oleh pebalap. Pasalnya, settingan ini akan mempengaruhi kinerja mobil terutama pada sektor kaki-kaki.

Lain halnya lagi dengan kondisi lintasan yang basah. Karena memang suhu lintasan basah itu lebih lama panasnya, maka tekanan angin pun turut diatur, agar ketika suhu ban telah panas, nantinya akan sesuai jika telah memuai di dalam ban. Bila lintasan kering, mereka biasanya mengurangi dua atau satu psi dari tekanan maksimumnya.

Meskipun demikian, seperti yang telah saya sampaikan bahwa tekanan angin harus sesuai dengan settingan suspensi yang pas, umumnya komposisi settingan suspensi empuk atau keras akan kembali mengatur berapa tekanan angin yang pas untuk dimasukan ke dalam ban.

  • facebook share

RELATED NEWS

Mengapa Mesin 2JZ Jadi Primadona?

Mengapa Mesin 2JZ Jadi Primadona?

DID U KNOW
Tips Memperkuat Cengkeraman

Tips Memperkuat Cengkeraman

DID U KNOW
Apa itu Crank Narrow-Wide?

Apa itu Crank Narrow-Wide?

DID U KNOW
Mahalnya Biaya Balap MotoGP

Mahalnya Biaya Balap MotoGP

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company