Perjalanan Genre MTB Enduro

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Dok. Sportku | Editor: Andi Wahyudi | 6 October 2017

Perjalanan MTB Enduro

SPORTKU.COM

Enduro kini menjadi salah satu genre yang populer. Juga diikuti dengan makin maraknya ajang balap MTB enduro di dunia.

Disiplin enduro memang makin berkembang dan banyak digemari. Sebab selain dianggap lebih menantang, sepeda yang digunakan dinilai lebih nyaman dari Cross Country, tapi lebih praktis dibanding sepeda downhill.

Dari beberapa literatur, race enduro dilaporkan pernah diselenggarakan di Italia, Selandia Baru, dan Inggris pada tahun 1980 dan 90-an. Namun, lomba enduro pertama yang dianggap menggunakan format modern dilaporkan digelar pada Agustus 2003 di Val D'Allos, Prancis.

Beberapa race MTB enduro yang terkenal adalah Trans Provence (Prancis), Andes Pacifico (Chile) atau Pisgah Stage Race (Amerika Serikat). Tapi, ajang balap MTB enduro terbesar saat ini adalah Enduro World Series yang digelar pertama kalinya pada 2013 silam oleh The Enduro Mountain Biking Association (EMBA). Kini EWS juga juga banyak menjadi acuan utama untuk ajang balapan sejenis.

Federasi olahraga balap sepeda dunia (UCI) telah memasukkan genre enduro dalam disiplin MTB sejak tahun 2014. Namun, hingga saat ini UCI belum menggelar kejuaraan dunia atau piala dunia enduro, sebagaimanan pada genre XC, DH atau lainnya.

Baca juga:
18 TIM PRO SIAP BERSAING DI MUSIM 2018

Format Balapan
Format balapan MTB Enduro awalnya mirip dengan ajang balap enduro di sepeda motor atau trail dan biasanya berlangsung lebih dari satu atau dua hari. Race ini terdiri dari beberapa etape (stage) dan pemenangnya adalah pebalap yang berhasil mengumpulkan waktu gabungan terendah (paling sedikit) dari pebalap lainnya.

Berbeda dengan balap cross country (XC), yang biasanya lebih menekankan pada kebugaran fisik dan kurang menekankan pada kemampuan teknis, atau downhill, yang tidak banyak menekankan sisi fisik, enduro dirancang dengan menggabungkan dari kedua unsur tersebut. Artinya, selain dibutuhkan performa fisik yang tinggi, rider juga dituntut untuk memiliki skill teknik yang mumpuni, terutama saat melewati medan menurun, seperti dalam DH.

Baca juga:
OGIER GALAU SOAL NASIBNYA DI 2018

Perkembangan Enduro di Indonesia
Dalam beberapa tahun terakhir, genre maupun ajang balap enduro juga mulai berkembang di Indonesia. Perkembangan itu ditandai seiring dengan makin tumbuhnya para pelaku MTB enduro atau yang juga dikenal dengan istilah All Mountain (AM).

Beberapa race enduro yang pernah digelar di Indonesia dan dibanjiri peserta diantaranya, Gravity Enduro Series (2014) di Puncak, Jawa Barat, Castle Enduro (2014) di Cikole, Jawa Barat, Pre-event Kejuaraan Enduro Asia di puncak (2016) dan seri kejuaraan Indonesia Enduro (Induro) yang dimulai awal 2017 dan digelar di sejumlah lokasi di Jawa dan Bali. 

Ilustrasi: Pebalap enduro yang berlomba di Pangalengan, Jawa Barat

enduro-pengalengan-62948e76931a812.JPG

Baca juga:
TIM MASTER PUTRI ARUNG JERAM INDONESIA BERLATIH LEBIH AWAL DI SUNGAI YOSHINO

  • facebook share

RELATED NEWS

Piala Dunia DH 2018 Lebih Berat

Piala Dunia DH 2018 Lebih

DOWNHILL
Highlights PD XCE Belgia

Highlights PD XCE Belgia

CROSS COUNTRY
Intip “Rumah” Joe Barnes

Intip “Rumah” Joe Barnes

MTB
Jelajah Negeri Banteng

Jelajah Negeri Banteng

FREERIDE & SLOPESTYLE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company