Kangen Ngegas Mobil Rally, Arya-Firly Sabet Podium

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | 8 October 2017

Rasa Kangen Arya Yunial Terobati

SPORTKU.COM

Sepuluh bulan absen dari hiruk pikuknya balap rally, Arya Yunial, pereli Bintang Automotive, berhasil mencetak kemenangan pertamanya setelah come back!

Bicara terakhir mengikuti ajang reli, Arya Yunial, pereli Bintang Automotive yang turun di kelas F3 bersama navigatornya Firly Nurmansyah, melakoninya saat agenda balap yang bertajuk King of Kings Retro Rally dan dilangsungkan akhir tahun lalu di sirkuit Cikamurang, Jawa Barat. Setelah rehat cukup lama, namun kepiawaian pereli yang berprofesi sebagai dokter di Kepolisian Daerah tersebut tetap tajam.

Buah kerjasama antara dirinya dengan navigatornya, Firly Firmansyah, sukses menyabet podium ketiga dalam Kejurnas Sprint Rally putaran kelima yang digelar Sabtu (7/10) lalu. Meski persiapan sangat mepet, tidak menjadi dalih bagi Arya untuk menyerah di pertengahan balapan. Dalam obrolannya bersama SPORTKU, Arya, yang menggeber Lancer GTI ini membagi sedikit kisahnya selama balapan.

Baca juga:
HASIL LENGKAP KEJURNAS SPRINT RALLY PUTARAN KELIMA 2017

"Persiapan memang mepet banget. Mobil ini baru saya kirim ke bengkel itu Rabu (4/10) dini hari. Jadi karena memang ada dinas ke Jakarta, akhirnya saya putuskan untuk kembali ngegas di sini. Selama balapan mobil sempat mengalami kendala. Menurut tim mekanik, air flow mobil rusak. Sehingga setiap habis SS (special stage), langsung ganti busi, total ada 12 busi sepanjang balapan yang saya ganti," kenang Arya usai menerima podium kebanggaannya.

Berkat kerjasama yang baik antara dirinya, navigator serta tim mekanik, meskipun mobil tidak prima, namun Arya tetap ngotot untuk tampil sempurna. Tidak sia-sia perjuangannya kali ini, sebagai hasilnya, piala podium ketiga berhak ia bawa pulang. Arya mencetak waktu tercepatnya yakni 12 menit 44,2 detik. Sementara lawan terberatnya, Setiawan Santoso dan Unggul Prakoso bertengger perkasa di posisi satu dan dua.

"Saya enggak menyangka bisa podium ketiga, karena memang persiapan mepet dan saya enggak sempat survey. Jadi saya bawa mobil pada saat shakedown aja. SS1 dan SS2 mobil brebet, agak masalah. Akhirnya saya nekat juga, karena mungkin saya punya basic slalom, sehingga lebih mudah untuk menghafal lintasan," tambah pemilik nama lengkap M Aryaditha Yunial.

Baca juga:
PERTAMA KALINYA DRIFT CAMP SAMBANGI KOTA SOLO

Sementara bicara jalannya balapan, Arya, mengatakan ada beberapa kendala saat melibas tikungan lebar lintasan Paramount ini. Untuk mensiasatinya, ia harus menahan rpm mobil dalam posisi yang pas. "Pas tikungan yang lebar, saya harus nahan rpm, mobil saya memang belum pakai final gear, jadi siasatnya adalah menjadi putaran mesin agar tetap konstan. Karena kalau saya turunkan ke persneling yang rendah, mobil agak susah naiknya lagi," beber Arya. Namun demikian, usaha keras Arya pun terbayar tuntas. Podium ketiga telah jatuh ke pangkuannya. Selamat Bro!

  • facebook share

RELATED NEWS

Aksi Jumping Sprint Rally

Aksi Jumping Sprint Rally

SPRINT RALLY
Aksi Pereli di Malam Hari

Aksi Pereli di Malam Hari

SPRINT RALLY
Torehan Positif Bintang Automotive

Torehan Positif Bintang Automotive

SPRINT RALLY
Usaha Erwin Mancha Tembus Podium

Usaha Erwin Mancha Tembus Podium

SPRINT RALLY

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company